Home Administrasi Melihat Alur Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri (SM) Universitas Sebelas Maret

Melihat Alur Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri (SM) Universitas Sebelas Maret

by Lara Nifa
Melihat Alur Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri (SM) Universitas Sebelas Maret

Untuk Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan Diploma atau Sarjana, Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka beberapa jalur pendaftaran yang bisa Anda pilih. Mulai dari seleksi bersama dan jalur mandiri untuk lulusan SMA/MA/SMK. Semuanya dilakukan untuk memberikan ruang dan tempat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tersebut. 

Memasuki proses seleksi tersebut memang tersedia beberapa jalur, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Apabila Anda memilih untuk menggunakan jalur seleksi mandiri (SM), pihak UNS membuat dua jalur, antara lain jalur tertulis dan jalur UTBK. Nah, apa saja sih beberapa syarat yang harus dipenuhi? Simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Syarat Masuk Seleksi Mandiri UNS

Jalur Tertulis 

Sebelumnya memang dijelaskan ada beberapa jalur yang diberikan oleh pihak UNS untuk seleksi mandiri tersebut, melalui jalur tertulis dan UTBK. untuk kebutuhannya sendiri berbeda-beda antara satu sama lainnya, sehingga harus disesuaikan dengan ketentuan yang ada dan kebutuhan yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. 

Mengenai syarat yang dibutuhkan adalah statusnya sebagai warga negara Indonesia (WNI), sudah lulus dari SMA/MA/SMK paling lama 3 tahun terakhir, kondisi sehat, dan telah terdaftar sebagai peserta SM UNS, mempunyai potensi non akademik, tinggi badan 160 cm untuk putra dan 155 cm untuk putri, lalu mengikuti dan mempunyai nilai ujian tulis UNS. 

Apabila Anda mengambil jurusan S1 Penjaskes dan kepelatihan olahraga harus mencantumkan dan mengunggah portofolio. Lalu, jika Anda mengambil jurusan Kriya Seni, Seni Rupa Murni, Desain Interior, DKV, dan Pendidikan Seni Rupa harus mencantumkan portofolio juga. Lalu, tidak lupa untuk mencantumkan surat keterangan tidak buta warna. 

Jalur UTBK 

Tidak ada perbedaan jauh mengenai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan ditentukan dalam proses masuk atau seleksi jalur UTBK tersebut. Apabila Anda yang mengambil jalur seleksi mandiri pada proses ini, maka akan ditentukan mengenai beberapa ketentuan yang diberikan terkait jurusan yang ada, mulai dari Saintek dan Soshum. 

Selanjutnya pihak siswa yang melakukan pendaftaran langsung memilih dua program yang harus diperhatikan dan bisa Anda tunjukkan semuanya. Pastikan Anda memahaminya dan memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Terpenting jika Anda memilih pada proses jalur UTBK ini telah memenuhi penilaian yang baik dan mampu bersaing. 

Proses Melakukan Pendaftaran 

Untuk Anda yang ingin langsung melakukan proses pendaftaran, ada beberapa bagian yang harus Anda pahami dan lakukan semuanya. Melakukan pendaftaran jalur seleksi Mandiri UNS tersebut bisa langsung mengunjungi situs https://spmb.uns.ac.id. Semuanya sudah melalui proses online dan tidak perlu ribet dalam melakukan pendaftaran. 

Berikutnya apabila Anda ingin melakukan pendaftaran tersebut bisa langsung melakukan pembayaran ke BNI, BTN, Bank Mandiri, Bank Jateng. Apabila sudah melakukan proses pembayaran, maka Anda akan memperoleh PIN atau kode aksesnya. Sehingga apabila sudah langsung melakukan pelunasan akan mendapatkan kartu tanda peserta. 

Bentuk Kelompok Ujian 

Ada 3 kelompok ujian yang bisa Anda lihat dan tentukan semuanya secara menyeluruh, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Kelompok Ujian Saintek 

Mengenai materi ujian yang Anda berikan tersebut terdapat ujian TPS dan TKA Saintek, beberapa materi yang akan diujikan mulai dari Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi yang harus Anda pahami semuanya dengan sangat jelas. Dengan demikian, pastikan Anda mempelajari beberapa pelajaran yang tepat. 

2. Kelompok Soshum 

Bentuk ujian TPS dan TKA yang akan diberikan untuk Anda yang mengambil jurusan tersebut ada beberapa mata pelajaran yang akan diujikan. Mulai dari mata pelajaran Geografi, Ekonomi, Sosiologi, dan Sejarah. 

3. Kelompok Campuran 

Ada dua jenis jurusan yang Anda ambil mulai dari Saintek dan Soshum, bentuk materi TPS dan TKA tersebut disesuaikan dari keduanya yaitu TKA Saintek dan TKA Soshum. 

Berapa Biaya Pendaftaran?

Jika Anda tertarik untuk mengikuti seleksi mandiri (SM) tersebut harus mengeluarkan beberapa biaya pendaftaran, mulai dari kelompok ujian Saintek dan Soshum. Biaya yang harus Anda keluarkan mulai dari 350 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah. Dengan demikian, pastikan Anda memahaminya dan ketentuan biaya yang harus dikeluarkan. 

Biaya Kuliah Universitas Sebelas Maret (UNS)

Apabila Anda ingin mengetahui rincian biaya pendidikan di UNS tersebut ada beberapa ketentuan pembayaran yang berbeda-beda. Karena disesuaikan dengan kelompok dan jurusan yang diambil tersebut. Jika Anda ingin melakukan pendaftaran dan kuliah di UNS, pastikan Anda telah memahami dan mengetahui beberapa biaya yang harus dihabiskan. 

Untuk kisaran biaya yang harus dikeluarkan sendiri mulai dari 475 ribu rupiah untuk UKT kelompok 1 atau dikenal sebagai kelompok paling rendah. Lalu, untuk yang paling tinggi sendiri di UNS adalah kelompok VIII jurusan kedokteran dengan biaya 21,8 juta rupiah. Semuanya berbeda-beda tergantung dengan jurusan yang diambil. 

Untuk Anda yang tertarik mendaftar di UNS, pastikan Anda memahami beberapa penjelasan diatas. 

Related Posts