Home Administrasi Mau Liburan ke Jepang? Ketahui Cara dan Persyaratan Pembuatan Visanya

Mau Liburan ke Jepang? Ketahui Cara dan Persyaratan Pembuatan Visanya

by Greg Pascal
visa jepang

Negara berjuluk negeri sakura, Jepang menjadi salah satu negara yang menarik sebagai tempat berlibur. Ada Disneyland, beragam pantai indah dan destinasi lainnya. Jika tertarik berlibur ke Jepang, selain menyiapkan dana liburan kamu harus memiliki Visa Jepang agar dapat masuk ke negaranya para samurai tersebut.

Visa berfungsi  sebagai dokumen rekomendasi bagi warga negara asing yang digunakan untuk bepergian ke suatu negara. Tanpa visa warna negara asing tidak bebas mengunjungi suatu negara. Maka penting bagi kamu yang berencana ke luar negeri untuk tahu cara dan persyaratan pembuatan visa Jepang. 

Syarat Pembuatan Visa Jepang

Sebelum menerbitkan Visa, kebanyakan negara memberikan persyaratan berupa dokumen pribadi milik pemohon visa. Hal tersebut untuk mengetahui tujuan warga negara asing datang berkunjung ke negaranya serta jaminan datang sebagai tenaga kerja ilegal. Selengkapnya berikut syarat visa Jepang yang harus dilengkapi.

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa
  • Pasfoto 4,5×4,5 cm background putih. Foto harus terbaru minimal 6 bulan terakhir.
  • Fotokopi identitas diri berupa KTP & kartu mahasiswa/kartu pelajar
  • Bukti pemesanan tiket pesawat PP
  • Jadwal perjalanan selama berada di Jepang
  • Bukti asuransi dan asuransi perjalanan
  • Bukti keuangan berupa rekening koran 3 bulan terakhir atau jaminan keuangan pihak ketiga jika tujuannya sebagai undangan

Beberapa persyaratan tambahan mungkin diperlukan maka update terus persyaratan pembuatan visa ini, dengan selalu memantau informasi terbaru dari pihak terkait mengenai persyaratan tambahan terbaru, agar anda dapat menyiapkan dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 Cara Mengurus Pembuatan Visa Jepang di Indonesia

Di Indonesia pembuatan visa Jepang dapat dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) berlokasi di Kuningan City Mall, 2nd floor No. L2-09A, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 18, Jakarta Selatan. Di sini beragam keperluan visa untuk negara tujuan Jepang akan dilayani termasuk permohonan bebas visa, e-paspor, transfer visa, visa darurat untuk tujuan kemanusiaan dan lain sebagainya dilayani di sini.

Kamu bisa datang langsung ke kantor JVAC atau sebaiknya membuat janji terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat visa Jepang hingga besaran biaya yang dibutuhkan:.

1. Siapkan dengan Persyaratan Visa Jepang

Persyaratan pembuatan visa Jepang seperti disebutkan sebelumnya. Seluruh persyaratan tersebut perlu disiapkan agar proses pembuatan visa dapat dilakukan lebih cepat. Untuk informasi persyaratan terbaru bisa didapat di situs resmi VFS Global bagian Negara Indonesia. Bisa juga menghubungi nomor layanan di nomor 021 3041 8715 atau email di alamat info.japanid@vfshelpline.com.

visa jepang

Baca Artikel Selanjutnya :

Persyaratan yang penting untuk diperhatikan adalah spesifikasi foto. Pemohon disyaratkan menyerahkan foto untuk digunakan untuk memperoleh visa Jepang. Spesifikasi foto harus berupa foto terbaru kurang dari 6 bulan terakhir. Foto berukuran 4,5×4,5 cm dengan background polos. Pastika foto menghadap ke depan dengan wajah tampak jelas. Jika foto dianggap belum memenuhi spesifikaai kamu harus foto ulang dengan biaya tambahan.

2. Isi Form Visa Jepang

Selanjutnya isi form permohonan visa Jepang namun sebelumnya unduh formulir di aplikasi ketika melakukan janji temu. Pemesanan janji sendiri dapat diperoleh dapat memperoleh surat . Janji temu dapat disimpan dan dicetak di ponsel.  Janji akan dibuat tidak lama sari pengajuan  layanan secara online.

Isi form dengan jujur sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Lengkapi form dengan dokumen pendukung lainnya. Dokumen yang dibutuhkan tiap pemohon bisa berbeda, tergantung keperluan serta tujuan melakukan kunjungan. Jangan sampai ada yang terlewat karena mempengaruhi kecepatan pembuatan visa.

3. Proses pembuatan visa Jepang

Langkah selanjutnya tinggal datang ke kantor JVAC di Indonesia untuk menyelesaikan prosedur pembuatan paspor. Datang sesuai dengan janji temu yang sudah dijadwalkan dari permohonan yang dilakukan sebelumnya.  Jam buka kantor sesuai jam kerja pada pulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Sebenarnya bisa saja datang tanpa membuat janji. Namun kemungkinan besar pemohon tidak akan dilayani sebelum jadwal janji temu habis. Karena itu sebaiknya melakukan janji tamu terlebih  dahulu. Jika dokumen dan persyaratan sudah lengkap, permohonan akan segera diproses.

Yang perlu diketahui pula pemohon yang akan berangkat ke luar negeri yang harus mengurus sendiri, tidak dapat diwakilkan. Karena itu jangan berpikir untuk nitip apalagi menggunakan calo.

4. Harga visa negara Jepang

Dalam pembuatan visa, pemohon akan dibebankan biaya pembuatan visa dengan besaran berbeda berdasarkan jenisnya. Biaya untuk jenis single entry seharga Rp 380 ribu, sedangkan untuk multiple entry sekitar Rp 770 ribu. Termasuk besaran visa transit dikenai biaya Rp 90 ribu.

Begitulah cara permohonan Visa Jepang untuk orang Indonesia yang berniat berkunjung ke Jepang. Penting untuk kamu mematuhi aturan tiap negara agar tidak memperoleh pencekalan. Begitu pula ketika berada di negara orang agar menjaga kelakuan supaya tidak merugikan orang lain. Ada banyak kasus turis yang dideportasi karena melakukan pelanggaran di negara tujuan.

Related Posts