Home Perencanaan Mau Kuliah di UMY? Segini Biaya yang Harus Kamu Siapkan

Mau Kuliah di UMY? Segini Biaya yang Harus Kamu Siapkan

by Lara Nifa
Mau Kuliah di UMY? Segini Biaya yang Harus Kamu Siapkan

Memang, biaya pendidikan di perguruan tinggi cukup mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena biaya pendidikan tersebut sepadan dengan kualitas pendidikannya. Salah satu universitas yang berkualitas di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Tentunya, Anda penasaran berapa nominal biaya kuliah di UMY? Kabarnya, biaya kuliah di UMY berbeda-beda tergantung dari jurusan yang akan Anda pilih. Namun, semua biaya kuliah yang Anda keluarkan selama kuliah di UMY akan terbayar dengan kualitas pendidikan yang Anda dapatkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya kuliah di UMY yang harus Anda siapkan, simak informasi biaya kuliah di UMY ini. Namun, sebelumnya kenali dulu beberapa informasi tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berikut ini.

Mengenal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Lebih Dekat

Seperti kata pepatah, ”tak kenal maka tak sayang”. Alangkah baiknya, sebelum Anda daftar sebagai mahasiswa UMY, Anda mengenal lebih dekat tentang UMY. Yuk, simak sejarah berdirinya UMY dan jurusan apa saja yang ada di universitas ini.

Sejarah Berdirinya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Sesuai dengan tujuannya, yaitu membentuk sarjana yang beriman, berakhlak mulia dan bertaqwa serta berguna bagi nusa dan bangsa, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta mendirikan UMY. Tepatnya, UMY didirikan pada tanggal 1 Maret 1981.

Di awal pendiriannya, UMY tidak langsung menjalankan kegiatan akademiknya. Namun, kegiatan akademik dimulai pada tanggal 1 November 1981. Kegiatan akademik tersebut pertama kali dilaksanakan di Gedung SPG Muhammadiyah (saat ini merupakan Kampus Pertama UMY).

Dari tahun ke tahun, UMY terus mengembangkan kegiatan akademiknya dengan membuka beberapa jurusan. Perkembangan kegiatan akademis yang cukup pesat tersebut, membuat UMY menjadi salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta unggulan di Indonesia. 

Tidak heran, jika banyak pencapaian yang diperoleh UMY. Adapun pencapaian tersebut, antara lain:

  1. Merupakan perguruan tinggi Islam yang memiliki akreditasi A sesuai dengan SK BAN PT No.061/SK/BAN – PT/Ak – IV/PT/II/2013.
  2. Menerima penghargaan QS Star di Tahun 2015.
  3. Sebagai  penerima bintang 5 untuk fasilitas, tanggung jawab sosial dan inklusivitas.
  4. Penerima bintang 4 untuk kategori bidang pengajaran.
  5. Penerima bintang 3 untuk kategori bidang daya serap.
  6. Sebagai PTS terbaik untuk Webometric Tahun 2011 – 2015 Wilayah DIY dan Jawa Tengah.
  7. Penerima penghargaan Green Campus Tahun 2012 – 2016, Indonesia Green Awards.

Fakultas yang Tersedia di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Sebagai salah satu PTS unggulan, UMY memiliki beberapa fakultas dalam menjalankan kegiatan akademiknya. Adapun fakultas yang tersedia di Universitas Muhammadiyah (UMY) adalah sebagai berikut.

  1. Fakultas Teknik, terdiri atas jurusan: teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin dan teknologi informasi.
  2. Fakultas Pertanian memiliki 2 jurusan, yaitu: agroteknologi dan agribisnis.
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki 3 jurusan, antara lain: manajemen, akuntansi dan ekonomi.
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik memiliki 3 jurusan, antara lain: hubungan internasional, ilmu pemerintahan dan ilmu komunikasi.
  5. Fakultas Hukum.
  6. Fakultas Agama Islam memiliki 3 jurusan, antara lain: komunikasi dan penyiaran Islam, pendidikan agama Islam serta ekonomi syariah.
  7. Fakultas pendidikan bahasa memiliki 3 jurusan, antara lain: pendidikan bahasa Inggris, pendidikan bahasa Arab dan pendidikan bahasa Jepang.
  8. Vokasi memiliki 3 jurusan, antara lain: teknologi elektromedis, teknologi mesin dan akuntansi.
  9. Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan memiliki 4 jurusan, antara lain: kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan dan farmasi.

Biaya yang Harus Disiapkan untuk Kuliah di UMY

Pastinya, biaya yang harus disiapkan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi cukup besar. Namun, biaya tersebut akan sepadan dengan pendidikan yang akan Anda dapatkan. 

Adapun beberapa biaya yang harus disiapkan untuk kuliah di UMY adalah sebagai berikut.

Biaya yang Harus Disiapkan Setelah Dinyatakan Sebagai Mahasiswa Baru UMY

Tentunya, cukup menggembirakan saat Anda dinyatakan lolos seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi. Namun, Anda harus membuat rencana anggaran untuk menghitung biaya yang harus dikeluarkan selama kuliah.

Adapun rencana biaya yang harus Anda siapkan untuk kuliah di UMY adalah sebagai berikut.

  • Biaya registrasi dan UKK.
  • Biaya MATAF, OSDI dan Jaket Almamater.
  • Biaya SPP tetap dan SPP variabel saat Semester 1 berlangsung.
  • Biaya tambahan lainnya, seperti: biaya praktikum, matrikulasi, praktik bahasa bagi mahasiswa jurusan bahasa).
  • Biaya untuk membayar Dana Pengembangan Pendidikan (DPP). Umumnya, DPP ini dapat diangsur sampai dengan mahasiswa duduk di Semester 8. Perlu diketahui, SPP kuliah harus dibayarkan setiap semester, yaitu setiap 6 bulan sekali.

Nominal Perkiraan Biaya Selama Kuliah Sampai Lulus (Estimasi Perhitungan 4 Tahun)

Perlu Anda tahu, nominal biaya kuliah di fakultas dan program studi UMY memiliki besaran yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari program studi yang diampu mahasiswa. Adapun nominal perkiraan biaya selama kuliah di UMY sekitar 30 juta rupiah hingga 100 juta rupiah. Untuk mengetahui perkiraan biaya yang tepat dapat mengecek langsung di situs milik UMY di https://www.umy.ac.id/.

Perlu diketahui, perkiraan biaya tersebut bersifat tentatif karena sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan UMY. Nah, bagaimana menurut Anda? Pastikan, Anda sudah mempersiapkan rencana anggaran untuk biaya kuliah di UMY secara matang supaya kuliah Anda berjalan lancar hingga lulus. 

Related Posts