Home Investasi Mau Investasi Saham? Kamu Perlu Tahu Soal Analisa Fundamental dan Teknikal

Mau Investasi Saham? Kamu Perlu Tahu Soal Analisa Fundamental dan Teknikal

by Lara Nifa
Mau Investasi Saham? Kamu Perlu Tahu Soal Analisa Fundamental dan Teknikal

Saat ini, investasi saham semakin marak di kalangan masyarakat. Namun, masih sedikit masyarakat yang memahami analisa saham. Tentunya, pemahaman soal analisa saham ini cukup penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli saham tertentu.

Artinya, sebelum melakukan transaksi jual beli saham, Anda harus memahami dulu analisa saham. Perlu diketahui, ada 2 jenis analisa saham, yaitu analisa fundamental dan teknikal. Kedua jenis analisa tersebut sangat bermanfaat dalam transaksi jual beli saham.

Nah, apa yang dimaksud dengan analisa fundamental dan teknikal itu? Berikut akan disajikan informasi soal analisa fundamental dan teknikal. Langsung saja, simak informasi berikut. Namun, sebelum memahami tentang kedua jenis analisa saham tersebut, pahami dulu definisi analisa saham.

Definisi Analisa Saham yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi Saham

Mungkin Anda sering mendengar kata analisa, secara harfiah analisa memiliki arti suatu cara yang bertujuan untuk mencari hubungan antar bagian dalam usaha mendapatkan konsep secara keseluruhan. Bisa dikatakan, analisa sebagai penyelidikan atau penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kenyataan yang sebenarnya.

Sementara yang dimaksud dengan analisa saham adalah penelitian atau usaha menelaah dan menilai kinerja suatu saham yang bertujuan mendapatkan keuntungan yang besar. Bisa dikatakan analisa saham merupakan penelitian yang dilakukan oleh seseorang untuk mengurangi risiko kerugian dari investasi saham.

Perlu diketahui, dalam dunia investasi keuangan ada 2 pendekatan analisa yang dilakukan oleh para investor, yaitu pendekatan fundamental dan teknikal. Oleh karena itu, analisa saham yang dikenal oleh masyarakat adalah analisa fundamental dan analisa teknikal.

Lebih Dekat dengan Analisa Fundamental

Bagi Anda yang baru menggeluti dunia investasi saham, Anda akan bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan analisa fundamental. Perlu diketahui, analisa fundamental merupakan analisis yang bersifat umum dalam menilai kinerja emiten saham atau perusahaan. 

Artinya, dalam analisa fundamental, Anda hanya akan menilai dan menelaah hal-hal yang bersifat mendasar saja dalam menilai kinerja emiten saham. Adapun hal-hal mendasar yang dimaksud, antara lain: tingkat persaingan usaha, kinerja keuangan, analisis pasar baik makro maupun mikro sampai dengan analisis industri.

Dengan kata lain, analisa fundamental ini cocok digunakan oleh investor untuk melakukan investasi dalam jangka panjang. Adapun pendekatan yang diterapkan dalam analisa fundamental oleh suatu perusahaan adalah sebagai berikut.

Pendekatan Top Down

Pendekatan top down ini dilakukan oleh investor saat melihat gambaran kinerja secara umum pada perusahaan. Artinya, investor akan menyimpulkan jika sebuah perusahaan memiliki kinerja yang baik, maka komponen perusahaan tersebut dinilai baik juga tanpa memperhatikan adanya salah satu komponen yang buruk.

Perlu Anda ketahui, ada 4 poin utama dalam melakukan pendekatan fundamental top down ini. Keempat poin tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kondisi makro ekonomi secara global.
  • Kondisi makro ekonomi  dalam negeri.
  • Pertumbuhan per sektor usaha.
  • Menilai fundamental perusahaan.

Jika keempat poin tersebut dinilai positif oleh investor, maka dapat disimpulkan perusahaan atau emiten saham akan memiliki kinerja yang baik di masa depan. 

Pendekatan Bottom Up

Sesuai dengan namanya pendekatan bottom up merupakan kebalikan dari pendekatan top down. Artinya, jika top down menilai kinerja perusahaan secara global, maka bottom up akan menilai kinerja perusahaan secara rinci. 

Dengan kata lain, pendekatan bottom up tidak sembarangan menilai perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik tanpa melihat laporan keuangan secara rinci. Pendekatan bottom up ini mengharuskan investor untuk melakukan kajian lebih dalam sebelum menyimpulkan dan menilai kinerja perusahaan.

Jadi, pendekatan bottom up membutuhkan penelitian dan pengkajian secara rinci sebelum menyimpulkan baik buruknya kinerja perusahaan atau emiten saham. Pastinya, pendekatan bottom up ini memberikan penilaian yang objektif terhadap emiten saham.

Mengenal Analisa Teknikal Lebih Mendalam

Berbeda dengan analisa fundamental yang hanya mengkaji emiten saham secara global, analisa teknikal akan melakukan analisis saham dengan memanfaatkan perangkat statistik atau secara matematis. Adapun perangkat statistik yang umum digunakan adalah rumus matematika dan grafik historis pergerakan harga saham.

Tujuan dari analisa teknikal ini adalah supaya investor dapat melihat kondisi pasar yang sesungguhnya berdasarkan grafik historis pergerakan harga sama. Artinya, pergerakan harga saham di masa lalu dapat dijadikan alat untuk melakukan analisis penilaian kinerja saham di masa depan.

Pada umumnya, analisa teknikal ini digunakan oleh para trader dan investor saham dalam jangka panjang. Memang, manfaat analisa teknikal bagi investor dan trader berbeda. Adapun manfaat analisa teknikal adalah sebagai berikut.

  1. Bagi investor saham, analisa teknikal dapat membantu investor dalam menentukan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi pembelian saham.
  2. Bagi trader, analisa teknikal menjadi pedoman dalam menentukan jenis-jenis saham yang potensial untuk dijadikan investasi dalam jangka pendek.

Berdasarkan manfaat tersebut, dapat disimpulkan analisa teknikal ini lebih cocok dan mudah digunakan oleh trader daripada digunakan oleh investor saham dalam jangka panjang. Artinya, bagi investor saham dalam jangka panjang lebih baik menggunakan analisa fundamental.

Itulah penjelasan soal analisa fundamental dan teknikal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan investasi saham. Pastikan, Anda memahami dengan baik perbedaan analisis fundamental dan teknikal supaya Anda tidak salah mengambil keputusan saat melakukan investasi saham. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda calon investor saham.

Related Posts