Home Regulations Mau Buat Paspor? Daftar di Antrian Paspor Online! Ini Caranya

Mau Buat Paspor? Daftar di Antrian Paspor Online! Ini Caranya

by Lara Nifa
Mau Buat Paspor? Daftar di Antrian Paspor Online! Ini Caranya

Bagi Anda yang suka bepergian ke luar negeri, tentunya Anda membutuhkan paspor. Betul sekali, paspor adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang di suatu negara untuk memberikan izin secara resmi kepada warga negaranya dalam melakukan perjalanan lintas negara.

Kabarnya, membuat paspor ini agak ribet. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini pemerintah telah menyediakan pembuatan paspor online. Tentunya, pembuatan paspor online ini memudahkan masyarakat. Itu karena masyarakat tidak lagi antri di kantor imigrasi untuk membuat paspor.

Bagaimana cara membuat paspor online? Dan apa saja syarat membuat paspor? Selengkapnya untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak informasi berikut ini.

Syarat Membuat Paspor yang Harus Dipenuhi

Sama halnya dengan dokumen resmi lainnya, dalam membuat paspor, Anda harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh kantor imigrasi. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk membuat paspor adalah sebagai berikut.

Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Pembuatan Paspor Baru

Bagi Anda yang ingin mengajukan pembuatan paspor baru. Artinya, sebelumnya Anda belum memiliki paspor. Ada beberapa dokumen pendukung yang harus Anda siapkan untuk memenuhi syarat pembuatan paspor baru. 

Adapun dokumen pendukung tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kartu identitas atau E-KTP
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah, Akta Kelahiran dan buku nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Bagi Anda seorang asing yang sudah mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, Anda diwajibkan menyertakan surat kewarganegaraan Indonesia.
  • Bagi Anda yang telah mengajukan pergantian nama, Anda diwajibkan untuk melampirkan surat penetapan ganti nama.

Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mengganti Paspor Lama atau Rusak

Untuk dokumen pendukung bagi Anda yang ingin memperpanjang paspor atau mengganti paspor yang rusak, dokumen yang harus dilampirkan adalah sebagai berikut.

  • Kartu identitas atau E-KTP
  • Paspor lama

Perlu diketahui, dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh kantor imigrasi. Jadi, supaya pengajuan paspor Anda disetujui, Anda harus melengkapi dokumen tersebut dengan baik.

Selain itu, bagi Anda yang akan mengganti paspor lama karena hilang, Anda harus menyiapkan biaya sebagai bentuk denda atas hilangnya paspor. Biaya denda yang dimaksud sebesar Rp1.000.000,00. Kabarnya, biaya tersebut tidak termasuk dalam biaya pembuatan paspor.

Sementara, bagi Anda yang akan mengganti paspor yang rusak, ada syarat lainnya yang harus Anda penuhi. Syarat tersebut adalah membayar denda kerusakan paspor, yaitu sebesar Rp500.000,00. Biaya tersebut tidak termasuk dalam biaya pembuatan paspor baru.

Cara Membuat Paspor Online Tanpa Antre

Setelah Anda menyiapkan dokumen dan memenuhi syarat untuk membuat paspor, langkah selanjutnya adalah mendaftar paspor secara online. Artinya, Anda dapat daftar antrian untuk pembuatan paspor di rumah saja. 

Adapun cara membuat paspor online tanpa antri adalah sebagai berikut.

  •  Masuk Portal Imigrasi dengan Memanfaatkan Jaringan Internet di Rumah Anda

Di era yang serba digital ini, Anda dapat melakukan segala hal secara online tanpa harus ke luar rumah. Salah satunya adalah membuat paspor online. Pembuatan paspor secara online ini dapat Anda lakukan di rumah dengan memanfaatkan jaringan internet, komputer atau smartphone Anda.

Adapun langkah-langkah untuk pembuatan paspor online adalah kunjungi website imigrasi di alamat https://antrian.imigrasi.go.id/. Alamat tersebut bisa Anda buka di halaman browser komputer maupun smartphone Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi paspor online di smartphone Anda. Caranya cari aplikasi paspor online di playstore, lalu unduh sampai dengan aplikasi tersebut terpasang dengan sempurna di smartphone Anda.

  • Lakukan Registrasi untuk Membuat Akun di Layanan Paspor Imigrasi

Setelah Anda mengunjungi portal imigrasi atau mengunduh aplikasi paspor online, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Langkah pertama untuk registrasi dengan cara membuat akun terlebih dulu. 

Saat membuat akun untuk paspor online, Anda akan diminta mengisi alamat email dan nomor telepon Anda yang aktif. Pastikan, Anda mengisi data dengan benar supaya registrasi pembuatan paspor online Anda terverifikasi oleh pihak imigrasi.

  • Pilih Kantor Imigrasi Terdekat di Kota Anda

Pastikan, Anda sudah memiliki akun di portal imigrasi untuk pembuatan paspor. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda secara lengkap. Jika data sudah terisi lengkap, anda akan diminta untuk memilih kantor imigrasi di wilayah Anda.

Pilihlah kantor imigrasi yang sesuai dengan domisili Anda. Perlu diketahui, jika alamat E – KTP Anda berbeda dengan domisili Anda, jangan khawatir Anda dapat memilih kantor imigrasi sesuai dengan domisili Anda. 

Setelah Anda memilih kantor imigrasi yang akan Anda datangi, Anda diminta untuk memilih tanggal dan waktu kedatangan Anda ke kantor imigrasi. Tujuannya adalah supaya pihak imigrasi dapat melakukan wawancara tepat waktu.

  • Jika Registrasi Pembuatan Paspor Sudah Berhasil, Cetak Barcode Antrian

Setelah Anda sukses melakukan registrasi pembuatan paspor, Anda akan mendapatkan barcode nomor antrian. Simpan barcode antrian tersebut dan cetak barcode tersebut. Hasil cetak barcode antrian paspor ini, nantinya harus Anda tunjukkan saat melakukan wawancara di kantor imigrasi.

  • Kunjungi Kantor Imigrasi yang Anda Pilih

Sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah Anda pilih saat melakukan registrasi pembuatan paspor online, kunjungilah kantor imigrasi yang sudah Anda pilih. Saat datang ke kantor imigrasi, Anda harus membawa dokumen syarat pembuatan paspor lengkap dan hasil cetak barcode antrian paspor.

Tunjukkan barcode antrian paspor tersebut kepada petugas imigrasi. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapat giliran wawancara pengajuan pembuatan paspor di kantor imigrasi. 

Tersebut adalah cara pengajuan paspor online yang perlu Anda ketahui untuk membuat paspor. Pastikan, Anda sudah melengkapi dokumen dan syarat-syarat pengajuan paspor supaya pengajuan paspor Anda disetujui oleh petugas imigrasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts