Home Tabungan Masih Suka Sulit Menabung? Coba Simak Manfaatnya Berikut Ini

Masih Suka Sulit Menabung? Coba Simak Manfaatnya Berikut Ini

by Lara Nifa
Masih Suka Sulit Menabung? Coba Simak Manfaatnya Berikut Ini

Pada dasarnya, budaya menabung sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Budaya tersebut tidak hanya diajarkan di sekolah melainkan juga di lingkungan keluarga. Namun, masih saja ada beberapa orang yang mengesampingkan manfaat menabung.

Perlu diketahui, menabung tidak hanya memiliki fungsi sebagai pengelola keuangan saja. Melainkan juga sebagai dapat menjamin kestabilan keuangan kita baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak heran, jika banyak orang menilai kebiasaan menabung memiliki banyak manfaat.

Apa saja manfaat menabung dalam kehidupan kita? Berikut akan dijelaskan manfaat menabung baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Yuk, simak informasi berikut supaya Anda lebih mudah menerapkan kebiasaan menabung.

6 Manfaat Menabung dalam Jangka Pendek

Bisa dibilang, dalam jangka pendek kebiasaan menabung memiliki manfaat yang berarti bagi kehidupan manusia. Artinya kebiasaan menabung tersebut dapat mengubah gaya hidup seseorang. Adapun manfaat menabung dalam jangka pendek adalah sebagai berikut.

Kebiasaan Menabung dapat Membuat Anda Terampil dalam Mengatur Keuangan

Pastinya, jika sejak dini ditanamkan untuk menabung, maka Anda akan terampil dalam mengatur keuangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi mengatur penghasilan Anda berapapun penghasilan yang Anda miliki. 

Otomatis, jika Anda terbiasa menabung, berapapun penghasilan Anda, akan Anda sisihkan sebagai dana cadangan. Nah, apakah Anda masih sulit menabung dengan kebiasaan baik ini?

Menanamkan Sikap Disiplin

Kebiasaan menabung dinilai dapat memberikan dampak positif dalam membentuk kepribadian. Salah satunya adalah menanamkan sikap disiplin. Bukan rahasia lagi, orang yang rajin menabung dengan sendirinya akan memiliki sikap disiplin yang tinggi.

Sikap disiplin ini tertanam seiring dengan tumbuhnya komitmen untuk selalu menyisihkan uang secara rutin. Artinya, orang yang sudah berkomitmen untuk menabung, tidak akan mengambil uang tabungannya kembali untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengajarkan Anda untuk Lebih Berhemat

Seperti kata pepatah, yaitu hemat pangkal kaya. Kebiasaan menabung dapat mengajarkan kepada kita untuk selalu lebih berhemat. Artinya, Anda tidak akan menghambur-hamburkan uang begitu saja untuk kebutuhan yang kurang penting.

Pastinya, dengan kebiasaan menabung, Anda akan mengeluarkan uang untuk kebutuhan penting saja yang menjadi prioritas Anda. Kebiasaan tersebut dapat memberikan pembelajaran kepada diri Anda untuk selalu berhemat.

Kebiasaan Menabung Membantu Anda untuk Memiliki Dana Cadangan

Pastinya, dengan Anda rajin menabung, Anda akan memiliki dana cadangan. Nah, dana cadangan ini akan berguna ketika Anda memiliki kebutuhan mendesak yang tidak bisa ditunda. Perlu diketahui, dana cadangan ini penting sekali  sebagai motif berjaga-jaga.

Mencegah Anda untuk Melakukan Kebiasaan Buruk yaitu Berutang

Tentunya, Anda tidak ingin terjerat dengan hutang. Ternyata, salah satu manfaat menabung dalam jangka pendek adalah mencegah Anda dari berhutang. Dengan adanya tabungan dapat mencegah Anda dari berhutang saat ada kebutuhan mendesak yang tidak bisa ditunda.

Menjaga Aset yang Anda Miliki Saat Anda Membutuhkan Uang

Dalam jangka pendek, kebiasaan menabung memang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah menjaga aset yang Anda miliki. Artinya, saat Anda membutuhkan uang, Anda bisa memakai tabungan Anda tanpa menjual aset atau harta yang Anda miliki.

Jadi, aset atau harta yang Anda miliki akan aman. Itu karena Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan memanfaatkan dana cadangan atau tabungan yang ada. 

Tersebut adalah 6 manfaat menabung dalam jangka pendek. Tentunya, 6 manfaat tersebut akan memberikan dampak positif kepada kepribadian Anda jika Anda menerapkan kebiasaan menabung.

3 Manfaat Menabung dalam Jangka Panjang 

Selain memiliki manfaat jangka pendek, menabung juga memiliki manfaat jangka panjang. Artinya, manfaat menabung dalam jangka panjang ini berkaitan erat dengan investasi. Bisa dikatakan, kebiasaan menabung yang Anda terapkan dapat digunakan kembali untuk membeli produk investasi.

Produk investasi yang dimaksud dapat memberikan passive income dalam keuangan Anda. Pastinya, jika Anda memiliki passive income, Anda akan merdeka secara financial. Nah, apa saja manfaat menabung dalam jangka panjang? Simak informasi berikut ini.

Memungkinkan Anda untuk Memiliki Passive Income

Bukan rahasia lagi, kebiasaan menabung memungkinkan Anda untuk memiliki passive income, yaitu sumber pendapatan tanpa Anda harus bekerja. Sumber pendapatan ini akan Anda peroleh dari uang tabungan yang Anda alokasikan untuk investasi.

Artinya, dengan membeli produk investasi dari tabungan Anda, Anda akan memiliki sumber pendapatan tanpa bekerja. Pastinya, dalam jangka panjang keuangan Anda akan terjamin.

Anda Akan Terhindar dari Inflasi

Bisa dikatakan, inflasi tidak dapat dihindari dari waktu ke waktu. Namun, inflasi tidak berlaku bagi Anda yang memiliki kebiasaan menabung dan melakukan investasi. Itu karena produk investasi dapat memberikan timbal balik lebih tinggi dari tingkat inflasi yang terjadi di setiap tahunnya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat harga barang dan jasa mengalami kenaikan. Tabungan yang Anda alokasikan untuk investasi dapat membantu Anda dalam mengatasi inflasi.

Kebiasaan Menabung Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan yaitu Financial Freedom

Pastinya, setiap orang menginginkan merdeka secara keuangan (financial freedom). Merdeka secara keuangan yang dimaksud adalah dapat memenuhi segala bentuk kebutuhan hidup baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang tanpa harus bekerja lagi. Salah satu cara untuk mencapai tujuan financial freedom adalah menanamkan kebiasaan menabung sejak dini. 

Kemudian, alokasikan dana tabungan Anda untuk membeli produk investasi. Dengan membeli produk investasi, Anda akan memiliki sumber penghasilan yang bermanfaat dalam jangka panjang. Pilih produk investasi yang minim resiko supaya Anda mendapatkan timbal balik yang maksimal. 

Berdasarkan manfaat menabung dalam jangka pendek dan jangka panjang tersebut, apakah Anda masih sulit untuk menabung? Tentunya, saat ini Anda akan menanamkan kebiasaan menabung. Tanamkan kepada diri Anda, bahwa menabung tidak ada ruginya baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts