Home Investasi Masih Ragu dengan Produk Asuransi? Yuk, Kenali Bisnis Asuransi yang Menjanjikan Ini

Masih Ragu dengan Produk Asuransi? Yuk, Kenali Bisnis Asuransi yang Menjanjikan Ini

by Lara Nifa
asuransi

Memang beberapa orang masih belum memahami pentingnya asuransi dalam hidupnya. Hal tersebut karena mereka belum memahami cara kerja asuransi dengan baik. Tentunya, jika sudah memahami asuransi dengan baik, banyak sekali orang yang berminat memiliki asuransi dalam kehidupannya.

Dengan begitu, asuransi dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Tentunya, peluang bisnis asuransi akan menjanjikan di masa depan. Nah, bagi Anda yang masih ragu dengan produk asuransi, mari kenali bisnis asuransi yang menjanjikan berikut ini.

Lebih Dekat dengan Bisnis Asuransi

Di era yang serba modern ini, banyak orang yang sudah menyadari pentingnya asuransi. Tentunya, asuransi selalu berkaitan dengan perlindungan diri sendiri dan seluruh keluarga di masa depan. Tidak heran jika semakin hari, kebutuhan akan asuransi semakin meningkat.

Adanya kebutuhan asuransi yang semakin meningkat dapat dijadikan sebagai peluang untuk bisnis. Nah, peluang tersebut dikenal dengan nama bisnis asuransi. 

Bisa dikatakan, bisnis asuransi merupakan usaha atau bisnis yang bergerak untuk mengambil alih risiko yang ditanggung nasabah asuransi. Meski terlihat rumit, bisnis asuransi ini cukup menguntungkan. Itu karena pihak perusahaan asuransi mengambil keuntungan dari akumulasi pembayaran premi nasabah. 

Beberapa Istilah Asuransi yang Perlu Anda Pahami Sebelum Berbisnis Asuransi

Tentunya, setelah memahami bisnis asuransi, Anda perlu mengenal istilah yang berkaitan dengan bisnis asuransi. Berikut adalah istilah asuransi yang perlu Anda ketahui.

  1. Polis asuransi merupakan legalitas atau dokumen resmi yang menjadi dasar hukum perjanjian antara pihak pengguna asuransi (nasabah) dengan pihak perusahaan (pebisnis asuransi). Polis ini memiliki fungsi sebagai dasar untuk membayar risiko.
  2. Premi asuransi adalah kewajiban yang harus dibayar oleh nasabah (pemilik polis asuransi) kepada pebisnis asuransi atau perusahaan yang mengeluarkan polis asuransi.
  3. Klaim asuransi merupakan permohonan secara resmi yang diajukan oleh pemegang polis (nasabah) kepada pebisnis asuransai atau perusahaan yang mengeluarkan polis asuransi.

Cara Kerja Bisnis Asuransi yang Menjanjikan

Seperti yang dijelaskan pada penjelasan sebelumnya, bisnis asuransi dinilai menguntungkan. Namun, sebelum mengetahui keuntungan yang didapat dari bisnis asuransi, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu cara kerja bisnis ini.

Adapun cara kerja bisnis asuransi terbagi menjadi 3 tahapan. Ketiga tahapan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menarik Minat Nasabah untuk Memiliki Produk Asuransi

Ternyata berbisnis asuransi tidaklah sulit. Hal utama yang harus dilakukan oleh pebisnis atau perusahaan asuransi adalah menarik minat nasabah untuk membeli produk asuransi. 

Tentunya, semakin banyak nasabah yang berminat untuk membeli produk asuransi yang Anda tawarkan, maka keuntungan pun banyak. Oleh karena itu, sebagai pebisnis asuransi, Anda harus bisa mempromosikan produk asuransi Anda dengan baik.

2. Mengumpulkan Premi dari Nasabah

Setelah polis asuransi dibeli oleh nasabah, selanjutnya pebisnis asuransi akan memberikan jadwal pembayaran premi. Berdasarkan hal tersebut, tugas perusahaan asuransi yang kedua adalah mengumpulkan premi dari nasabah pemegang polis asuransi.

Nah, dari pembayaran premi inilah, perusahaan asuransi melakukan perputaran uang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, cara kerja perusahaan atau pebisnis asuransi adalah melakukan perputaran uang dengan adil supaya dapat menutup risiko yang dialami oleh nasabah asuransi.

3. Membayarkan Klaim Asuransi kepada Nasabah

Pastinya, perusahaan asuransi memiliki kewajiban untuk membayar klaim yang diajukan oleh nasabah. Adapun besaran klaim tersebut sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati dan tertera pada polis asuransi.

Keuntungan yang Didapat dari Bisnis Asuransi

Bukan rahasia lagi, tidak ada bisnis yang tidak menguntungkan. Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis asuransi. Kabarnya, bisnis asuransi ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. Adapun keuntungan yang didapat dari bisnis asuransi adalah sebagai berikut.

1. Nilai Premi yang Dibayarkan oleh Nasabah

Perusahaan atau pebisnis asuransi mendapatkan keuntungan dari persentase premi yang dibayarkan oleh nasabah pemegang polis asuransi. Tentunya, nilai premi tersebut tidaklah sedikit. Itu karena perusahaan asuransi terus melakukan perputaran premi nasabahnya.

2. Akumulasi Premi Kelompok yang Ditawarkan

Kabarnya, menawarkan premi kelompok kepada perusahaan besar dinilai lebih menguntungkan bagi pebisnis asuransi. Hal tersebut karena akumulasi premi kelompok lebih besar dibandingkan dengan premi perorangan.

3. Insurance Float

Perlu diketahui, insurance float merupakan selisih antara nilai premi yang dikumpulkan dengan klaim yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Bisa dikatakan, perusahaan asuransi akan mendapatkan keuntungan berlimpah, jika perusahaan asuransi dapat menciptakan insurance float.

4. Perputaran Uang atau Investasi 

Keuntungan lainnya yang didapat oleh perusahaan asuransi adalah dengan melakukan perputaran uang atau melakukan investasi uang premi. Artinya, perusahaan asuransi menginvestasikan uang premi nasabah untuk dikelola dan lebih menghasilkan.

Jenis – Jenis Bisnis Asuransi yang Dapat Dikembangkan di Masa Depan

Banyak sekali jenis-jenis asuransi yang dapat dijadikan peluang bisnis. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis asuransi yang sesuai dengan kultur masyarakat. Tentunya, jenis asuransi tersebut akan diminati oleh masyarakat jika kita bisa mempromosikannya dengan baik.

Jenis-jenis asuransi yang layak dikembangkan di masa depan, antara lain: asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, kepemilikan rumah/properti, pendidikan, kelautan, kredit sampai dengan asuransi bisnis. Pastinya, beberapa jenis asuransi tersebut akan membawa banyak keuntungan bagi pebisnis asuransi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, apakah Anda masih ragu dengan produk asuransi? Harapannya, semoga informasi tentang bisnis asuransi ini, dapat menambah pengetahuan Anda. Perlu diingat, menjalankan bisnis asuransi tidak akan ada ruginya, jika Anda serius menekuninya.

Related Posts