Home Bisnis dan Usaha Masih Menjanjikan, Cara Daftar Grabfood Untuk Usaha Kuliner

Masih Menjanjikan, Cara Daftar Grabfood Untuk Usaha Kuliner

by Lara Nifa

Usaha kuliner adalah salah satu jenis usaha yang banyak diminati orang lantaran menjanjikan hasil yang menggiurkan. Perkembangan teknologi digital menyentuh bidang usaha kuliner, kini konsumen bisa memesan makanan dan minuman cukup dengan menggunakan smartphone. Pembayarannya juga bisa dilakukan dengan online menggunakan uang digital.

Salah satu cara usaha kuliner dengan memanfaatkan teknologi digital adalah mendaftarkan usaha kita ke Grabfood, sampai saat ini pilihan itu masih sangat menjanjikan dan bisa dilakukan oleh pengusaha kuliner siapapun dan dimanapun. Tulisan ini akan membantu kamu mengetahui cara daftar Grabfood.

Penjelasan Seputar Grabfood

Sebenarnya Grabfood mungkin susah sering kamu dengar bahkan kamu akses, akan tetapi bagi kamu yang belum tahu, atau kamu yang ingin mengetahuinya lebih dalam maka tulisan ini akan menjelaskan penjelasan seputar Grabfood, sebelum membahas cara mendaftarkan usaha kuliner ke Grabfood.

  • Pengertian Grabfood

Grabfood adalah salah satu fitur layanan yang ada di aplikasi Grab. Mulanya Grab adalah aplikasi transportasi online, yang menyediakan layanan transportasi umum, yaitu mobil dan motor. Kemudian, pihak Grab mengembangkan layanannya dengan menyediakan layanan aplikasi pesan antar makanan.

Pada halaman Grabfood, konsumen bisa memilih berbagai menu yang disediakan oleh penjual yang mendaftarkan usaha mereka ke Grabfood. Ada banyak pilihan menu kuliner dari mulai yang dekat dengan lokasimu, sampai yang jauh jaraknya sekalipun.

  • Manfaat Grabfood

Setelah membahas pengertian Grabfood, maka selanjutnya kamu harus paham manfaat dari Grabfood. Manfaat dari Grabfood dapat dirasakan oleh konsumen, pengusaha kuliner dan driver yang terdaftar di aplikasi Grab. Konsumen akan mendapatkan manfaat berupa kemudahan membeli makanan dan minuman.

Konsumen tidak perlu pergi mengunjungi tempat penjual makanan ataupun minuman, bahkan memesan hanya menggunakan smartphone, kemudian driver Grab akan membelikan dan mengantarkan pesanan tersebut. Manfaat Grabfood juga dirasakan oleh pihak pengusaha kuliner, karena dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka.

Selain itu, pihak driver juga mendapatkan keuntungan, yaitu berupa penghasilan dari membantu membelikan makanan yang dipesan konsumen dan mengantarkannya ke alamat konsumen. Jadi, ada tiga pihak yang diuntungkan oleh Grabfood.

Cara Daftar Grabfood Bagi Usaha Kuliner

Setelah membahas pengertian dan manfaat dari Grabfood, maka selanjutnya kamu harus memahami bagaimana cara daftar Grabfood bagi pengusaha kuliner. Sebenarnya caranya mudah apabila kamu benar-benar memahaminya, tidak begitu sulit. Maka dari itu simak penjelasan tentang cara daftar Grabfood bagi pengusaha kuliner.

  • Menyiapkan dokumen persyaratan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk daftarkan usaha kuliner kamu ke Grabfood adalah menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan. Apa saja dokumen persyaratan yang harus kamu siapkan? Diantaranya adalah nama restoran, alamat dan koordinatnya di Google Maps, email resmi restoran, nomor telepon khusus restoran, foto restoran dari luar, foto restoran.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan logo usaha kulinermu. Selain data-data tentang restoran, selanjutnya kamu juga harus siapkan informasi pribadimu atau pemilik usaha kuliner. Diantaranya kamu harus siapkan foto NPWP, foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP.

Selain itu juga kamu harus siapkan informasi-informasi seputar bank yang kamu gunakan. Selanjutnya siapkan informasi lainnya seputar daftar menu makanan dan minuman, foto daftar menu yang sudah dicetak, foto setiap makanan untuk gambar produk kuliner kamu.

  • Langkah pendaftaran lewat situs resmi Grabfood

Setelah kamu selesai menyiapkan semua dokumen itu, maka kamu tinggal kunjungi situs resmi Grabfood, yaitu https://www.grab.com/id/merchant/food/, setelah masuk, maka kamu tinggal isi semua dokumen yang sudah disiapkan, tulis pada kolom-kolom yang sudah disediakan oleh pihak Grab.

Setelah semua dokumen diisi sesuai kolom yang diminta, maka selanjutnya kamu tinggal klik opsi “daftar”, lalu pihak Grab akan mengirimkan email verifikasi. Kemudian, kamu tinggal melakukan verifikasi email. Selanjutnya, pihak Grab akan memberikan penjelasan untuk langkah-langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan.

  • Tanda tangan kontrak dengan Grab

Langkah selanjutnya setelah mengikuti arahan pihak Grab, maka kamu harus melakukan tanda tangan kontrak dengan Grab. Akan tetapi kamu harus pastikan telah membaca dengan baik dan memahami semua isi dari perjanjian kontrak tersebut agar tidak ada salah paham antara dua pihak.

Setelah itu kamu harus melakukan verifikasi email outlet dengan jangka waktu atau batas waktu 72 jam, lalu kamu harus lakukan verifikasi OVO. Setelah itu tinggal menunggu mendapatkan validasi. Apabila semuanya sudah tervalidasi, maka pihak Grab akan mengirimkan bahan latihan agar kamu paham aplikasi Grabfood.

Itulah penjelasan seputar Grabfood yang masih menjanjikan untuk usaha kuliner dan cara mendaftarkan usaha kuliner ke Grabfood dengan baik dan benar. Pahami setiap penjelasan di atas agar kamu benar-benar memahami bagaimana cara mendaftarkan usaha kuliner kamu ke Grabfood, jangan sampai salah.

Related Posts