Home Bisnis dan Usaha Masih Ingin Berbisnis di Masa Pensiun? Berikut 8 Ide Bisnis Menguntungkan di Usia Tua

Masih Ingin Berbisnis di Masa Pensiun? Berikut 8 Ide Bisnis Menguntungkan di Usia Tua

by Lara Nifa
bisnis setelah pensiun

Memang masa pensiun seharusnya istirahat menikmati hidup. Namun, bagi Anda yang ingin tetap produktif di masa pensiun, Anda dapat merintis bisnis yang mudah, namun tetap menguntungkan. Tentunya, bisnis yang Anda jalankan di usia tua tidak perlu bisnis yang menyita waktu dan pikiran.

Nah, apa saja jenis bisnis tersebut? Berikut adalah 8 ide bisnis yang dinilai menguntungkan dikerjakan di masa pensiun. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini. Namun, sebelumnya simak tips tetap produktif di masa pensiun.

Tips Tetap Produktif di Masa Pensiun Supaya Tidak Diam Saja

Bagi orang yang biasa memiliki banyak kegiatan, masa pensiun merupakan masa yang kurang menyenangkan. Hal tersebut karena di masa pensiun, Anda tidak bisa melakukan aktivitas kantor lagi. 

Namun, bagi Anda yang ingin tetap memiliki kegiatan dan produktif di masa pensiun, Anda dapat mengikuti tips berikut ini.

  1. Rutin melakukan olahraga supaya Anda terhindar dari stres.
  2. Pilih kegiatan yang Anda sukai, seperti: beternak, berkebun atau berbisnis di rumah.
  3. Asah otak supaya terhindar dari beberapa jenis penyakit.
  4. Tetap bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar Anda, supaya Anda memiliki teman bicara.
  5. Tetap menjaga pola hidup sehat meskipun di rumah saja. Anda juga harus tetap rutin memeriksa kondisi kesehatan Anda.

Rekomendasi 8 Ide Bisnis yang Dinilai Menguntungkan di Masa Pensiun

Bisa dibilang, di masa pensiun berarti usia Anda sudah tidak mudah lagi. Namun, Anda tidak perlu khawatir meski Anda sudah tua, masih bisa tetap produktif menjalankan kegiatan. Salah satunya adalah dengan berbisnis.

Adapun ide bisnis yang bisa Anda jalankan di usia pensiun ini adalah sebagai berikut.

1. Bisnis Kontrakan atau Rumah Kos

Bisnis yang satu ini memang dinilai menguntungkan, apalagi bagi Anda yang sudah pensiun, yaitu bisnis kontrakan atau rumah kos. Tentunya, sebelum memasuki masa pensiun, Anda dapat mengalokasikan sebagian penghasilan atau dana pensiun Anda untuk investasi di bisnis kontrakan atau rumah kos.

Pastinya, sebelum melakukan investasi tersebut, Anda harus melakukan survei lokasi supaya bisnis kontrakan Anda diminati. Disarankan untuk membuka bisnis kontrakan di dekat daerah kampus atau daerah yang dekat dengan perkantoran. Dengan begitu, kemungkinan besar banyak penyewa di kontrakan atau rumah kos Anda.

2. Bisnis Rental Mobil

Satu lagi bisnis yang dinilai menguntungkan dijalankan di masa pensiun, yaitu bisnis rental mobil. Nah, bisnis rental mobil ini banyak dicari di wilayah yang memiliki tempat wisata. Selain itu, Anda juga dapat membuka jasa rental mobil untuk kepentingan kantor atau study tour

Untuk membeli kendaraan, tentunya Anda dapat memanfaatkan pesangon atau dana pensiun Anda. Bisnis rental mobil ini dinilai menguntungkan dan mudah dijalankan di masa pensiun. Apalagi jika Anda memiliki 3 – 5 unit kendaraan, pastinya Anda bisa memiliki passive income layaknya bisnis kontrakan.

3. Menjalankan Agrobisnis

Bagi Anda yang memiliki hobi berternak, berkebun dan hobi yang berkaitan dengan usaha agrobisnis, bisnis yang satu ini cocok. Anda dapat menjalankan usaha agrobisnis di masa pensiun Anda. Apalagi pagi Anda yang bertempat tinggal di wilayah perdesaan. 

Adapun usaha agrobisnis yang direkomendasikan di masa pensiun adalah ternak ayam pedaging, ayam petelur, sapi, bebek, kambing, budidaya ikan dan budidaya tanaman.

4. Usaha Agen Travel

Satu lagi bisnis yang tidak membutuhkan keahlian khusus dalam menjalankannya, yaitu usaha agen travel. Tentu saja, bisnis yang satu ini cocok dijalankan di masa pensiun. Hal utama yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha agen travel adalah rajin melakukan promosi.

5. Usaha Toko Kelontong

Bagi Anda yang berdomisili di lingkungan pedesaan dan padat penduduk, Anda dapat membuka usaha toko kelontong di masa pensiun. Tentu saja, bisnis ini tidak terlalu berat dijalankan oleh seorang pensiunan. Anda dapat mempekerjakan 1 orang untuk membantu Anda di toko kelontong.

Anda dapat menjual beberapa jenis kebutuhan pokok di toko kelontong, seperti: gula, minyak, beras, camilan dan kebutuhan pokok lainnya yang biasa dicari sehari-hari. Pastikan, barang yang Anda jual adalah barang yang berkaitan dengan kebutuhan pokok, supaya Anda cepat balik modal.

6. Bisnis Fotokopi dan Alat Tulis

Bisnis yang tidak kalah menguntungkannya adalah bisnis fotokopu dan alat tulis. Tentunya, bisnis ini cocok dijalankan di lingkungan yang dekat dengan sekolah dan perkantoran. 

7. Bisnis Frenchise (Waralaba)

Satu lagi bisnis yang cocok di masa pensiun, yaitu bisnis frenchise (waralaba). Pastinya, untuk menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu kerja keras, yang Anda lakukan hanya membeli bisnis waralaba dan memantaunya. Pastikan, Anda memilih waralaba yang menguntungkan supaya balik modal.

8. Bisnis Tanah

Bagi Anda yang memiliki modal besar, bisnis tanah di masa pensiun juga cocok untuk dijalankan. Disarankan untuk membeli tanah di lokasi yang strategis supaya Anda memiliki passive income di masa depan.

Di antara 8 ide bisnis yang cocok di masa pensiun tersebut, mana yang pas untuk Anda? Pastikan, memilih bisnis yang Anda sukai supaya tidak memberatkan Anda di masa pensiun. Kuncinya adalah pilih bisnis yang ringan dan tetap menguntungkan.

 

Related Posts