Home Karir Masih dalam Percobaan?Jangan Khawatir, Inilah Tips Agar Lulus Masa Probation Sewaktu Bekerja Ini

Masih dalam Percobaan?Jangan Khawatir, Inilah Tips Agar Lulus Masa Probation Sewaktu Bekerja Ini

by Lara Nifa
Masih dalam Percobaan?Jangan Khawatir, Inilah Tips Agar Lulus Masa Probation Sewaktu Bekerja Ini

Bisa dibilang, masa percobaan kerja atau populer dengan nama probation membuat kita sering merasa khawatir. Hal tersebut karena kita harus melalui beberapa tahapan ketika menjadi karyawan percobaan pada suatu perusahaan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir soal masa probation, jika Anda dapat menjalankan kewajiban Anda sesuai dengan perjanjian kerja, posisi Anda akan Aman. Nah, apa saja yang dapat Anda lakukan semasa probation? Yuk, simak 6 tips supaya lulus masa probation berikut ini.

Mengenal Masa Probation

Masa probation atau masa percobaan merupakan periode waktu tertentu bagi perusahaan untuk menilai karyawan baru sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada surat perjanjian kerja. Bisa dikatakan, masa probation adalah penentu seorang karyawan baru layak diangkat menjadi karyawan tetap atau tidak.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan di masa probation ini adalah sebagai berikut.

  1. Etika dan perilaku karyawan, apakah karyawan tersebut mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja atau tidak.
  2. Kinerja atau performa karyawan dalam menjalankan tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh atasannya.
  3. Kedisiplinan karyawan dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya.

Tips Agar Lulus Masa Probation Sewaktu Bekerja yang Wajib Dipahami

Siapa sih yang tidak ingin lulus masa probation ini? Pastinya, semua orang menginginkan ia lulus masa probation supaya cepat diangkat menjadi karyawan tetap. Adapun tips agar lulus masa probation adalah sebagai berikut.

1. Cobalah Menyesuaikan Diri dengan Budaya Kerja di Lingkungan Kerja Anda

Memang, ketika kita masuk ke sebuah lingkungan baru, tidak mudah untuk beradaptasi. Namun, beradaptasi itu penting. Itu karena dengan beradaptasi, Anda bisa menyesuaikan diri dengan budaya kerja di lingkungan kerja Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan diri dengan kultur lingkungan kerja Anda, seperti: cara berbicara, waktu makan bersama atau bahkan kebiasaan lainnya yang harus dipelajari di tempat kerja Anda. 

Perlu diingat, meski Anda harus menyesuaikan diri dengan budaya baru di tempat kerja Anda, jati diri dan kepercayaan diri Anda jangan sampai hilang.

2. Jalin Hubungan Baik dengan Atasan dan Rekan Kerja

Selain harus beradaptasi di lingkungan kerja baru, Anda harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja Anda. Hal tersebut supaya kedepannya Anda dapat bekerja dengan nyaman. 

Perlu diingat, tempat kerja dan lingkungannya merupakan keluarga kedua. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang masih dalam masa probation dapat menjalin hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja.

Tentunya, jika Anda mampu menjalin hubungan baik di tempat kerja, menjadi poin positif Anda di mata atasan. Pastinya, ada nilai tambah bagi Anda soal penilaian etika dan perilaku.

3. Rajin Bertanya Mengenai Masalah Tugas dan Pekerjaan

Tentunya, di tempat kerja baru Anda belum mengenal banyak teman. Namun, Anda tidak perlu malu untuk bertanya soal tugas dan pekerjaan kepada atasan dan rekan kerja Anda. 

Perlu diketahui, masa percobaan merupakan masa di mana pimpinan Anda menguji kemampuan Anda dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Namun, jika Anda bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan kemampuan Anda sendiri, Anda tidak perlu bertanya lagi. 

Usahakan menyelesaikan sendiri terlebih dahulu pekerjaan Anda, sebelum bertanya kepada orang lain. Tentunya, hal tersebut juga akan menjadi poin penilaian [ada masa probation.

4. Berikan yang Terbaik kepada Perusahaan

Hal utama yang harus Anda perhatikan di masa probation adalah bekerja secara serius atau bersungguh-sungguh. Tentunya, pekerjaan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Artinya, Anda harus selalu memberikan yang terbaik kepada perusahaan. Adapun yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah sebagai berikut.

  • Kerjakan tugas dan pekerjaan Anda sesuai dengan tanggung jawab Anda.
  • Tunjukkan kemampuan terbaik Anda dalam menyelesaikan pekerjaan di masa probation.
  • Utamakan tepat waktu dalam menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan tugas Anda di kantor.

5. Perhatikan Kedisiplinan Anda

Bukan rahasia lagi, di masa probation, kedisiplinan Anda akan dinilai oleh atasan. Itu karena kedisiplinan menjadi prioritas penentu apakah seorang karyawan loyal kepada perusahaan. Adapun yang dapat Anda tunjukkan bahwa Anda disiplin atau tidak adalah sebagai berikut.

  • Masuk kerja tepat waktu, jika memungkinkan datang di tempat kerja 30 menit sebelum jam kerja dimulai.
  • Buat target harian supaya pekerjaan yang diberikan atasan kepada Anda tepat waktu. Artinya, pekerjaan dan tanggung jawab Anda harus selesai sesuai dengan deadline yang diberikan atasan.
  • Hindari pulang kerja terlalu cepat. Umumnya, ketepatan Anda ketika pulang kerja juga akan dinilai. Contohnya, jika jam pulang kerja Anda adalah pukul 17.00 WIB, usahakan Anda pulang 17.15 WIB.

Tentunya, dengan menunjukkan kedisiplinan Anda kepada atasan, penilaian Anda akan positif di masa probation. Jadi, pastikan di masa probation, Anda menunjukkan loyalitas Anda kepada perusahaan.

6. Pastikan, Anda Bisa Menyelesaikan Tanggung Jawab sesuai Deskripsi Kerja

Salah satu penilaian di masa probation adalah menyelesaikan tanggung jawab kerja sesuai dengan job deskripsi yang diberikan. Pastinya, jika Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik, Anda akan mendapatkan penilaian yang bagus.

Nah, itulah  tips agar lulus masa probation sewaktu bekerja. Pastikan di masa percobaan ini, Anda dapat mengembangkan kemampuan bekerja Anda dengan baik. Jangan lupa, tunjukkan bahwa Anda loyal kepada perusahaan.

 

Related Posts