Home Kredit Masih Bingung Perbedaan Kartu Kredit Dan Debit? Yuk Pahami Lebih Lanjut

Masih Bingung Perbedaan Kartu Kredit Dan Debit? Yuk Pahami Lebih Lanjut

by Greg Pascal
perbedaan kartu kredit dan debit

Sistem pembayaran berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Hal ini membuat penggunaan kartu kredit maupun debit terus mengalami peningkatan, karena dianggap lebih efektif dan efisien jika dibandingkan harus membawa uang tunai. Namun, banyak pula yang belum memahami secara benar perbedaan kartu kredit dan debit ini sendiri. 

Mengingat kedua jenis kartu tersebut sama-sama dikeluarkan oleh bank yang telah memperoleh izin resmi dari pemerintah. Dan setiap dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut merupakan perbedaan yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menggunakan kartu saat melakukan transaksi.

Mekanisme Dari Kartu Debit Dan Kredit

Kartu debit diberikan kepada para nasabah yang memiliki atau membuka tabungan di bank. Mekanisme tersebutlah yang membuat para pemegang kartu debit harus memiliki sejumlah saldo tabungan. Dan setiap kartu debit memiliki batas maksimal penggunaan dalam satu hari. Jadi sangat penting memperhatikan mekanisme tersebut dengan benar sebelum melakukan transaksi untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Hal ini jauh berbeda dengan konsep dari kartu kredit. Di mana nasabah tidak perlu memiliki rekening dan saldo tabungan yang ada di dalamnya. Kartu kredit juga memiliki batas maksimal transaksi bulanan maupun harian. Seluruh tagihan dari kartu kredit harus dibayar secara utuh maupun di cicil. Dengan kartu kredit anda juga dapat untuk mengambil uang tunai di ATM. Namun, konsekuensinya biaya yang dikenakan cukup tinggi jika dibandingkan dengan kartu debit. 

Dapat disimpulkan jika perbedaan kartu debit dan kredit sangat ketara. Kartu debit dianggap sebagai tabungan, sedangkan setiap transaksi dengan kartu kredit dianggap sebagai hutang. Selain itu, kartu debit membutuhkan pin untuk dapat menjalankan transaksi, sedangkan kartu kredit membutuhkan tanda tangan dan/atau 3 angka terakhir pada kartu untuk menjalankan transaksi.

Manfaat Dari Penggunaan Kartu Kredit Dan Debit

Tentu ada manfaat atau fasilitas lebih yang didapatkan dari masing-masing kartu tersebut. Dan inilah yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih dan memahami apa itu kartu kredit dan kartu debit. Berikut merupakan daftar kelebihan yang dimiliki setiap kartu.

Kelebihan dari kartu Kredit

1. Promo menarik 

Banyak diskon yang dapat anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran anda sendiri dengan menggunakan kartu ini. Selain diskon, terdapat juga cashback, poin, dan reward menarik yang ditawarkan dari pihak penerbit kartu kredit.

perbedaan kartu kredit dan debit

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Kemudahan Belanja

Dengan kartu kredit, berbelanja di e-commerce sangat mudah, asalkan sudah memasukan data dan nomor rekening di dalamnya, maka anda dapat langsung check out tanpa perlu repot transfer. Begitu juga saat belanja di minimarket atau swalayan dapat langsung bayar non tunai.

3. Mudah kontrol jumlah pengeluaran

Setiap melakukan transaksi maka pemegang kartu debit aka memperoleh pemberitahuan melalui email. Dengan begitu,akan menjadi mudah untuk melacak jumlah pengeluaran dan tujuan dari pengeluaran tersebut sendiri.

4. Lebih aman

Membawa uang dalam jumlah banyak, selain dirasa ribet juga riskan. Karena itulah, kartu kredit dianggap lebih efektif. Misalkan hilang sekalipun, pemegang kartu kredit dapat menghubungi bank untuk memblokir kartu tersebut dan diterbitkan kartu baru.

5. Bayar di belakang

Kartu kredit membebaskan anda bertransaksi tanpa memikirkan jumlah saldo yang ada di dalamnya. Asalkan dalam hari itu tidak mencapai limited maka semua akan aman. Dan tentunya tagihan tersebut harus dibayar di akhir secara langsung atau dicicil.

Kelebihan kartu debit

1. Praktis

Dengan kartu debit anda tidak perlu untuk melakukan antri di bank. Jika ingin mengambil uang maupun menabung dapat dilakukan via ATM. Untuk melihat daftar transaksi, anda juga dapat melihat melalui fasilitas mutasi rekening. Ketika berbelanja juga tinggal menggesek kartu tanpa harus repot membawa banyak uang asalkan ada saldonya. 

2. Tabungan bergerak

Dengan cukup membawa ATM, anda akan seperti membawa tabungan kemanapun anda pergi dengan aman. Jika ada keperluan mendadak maka dapat langsung diambilkan dari kartu debit.

3. Aman

Untuk melakukan transaksi maupun mengambil uang, anda harus memasukkan kartu pin anda. Semisal hilang anda dapat mengajukan laporan ke bank untuk menutup rekening tersebut. Jika salah memasukkan pin tiga kali, otomatis ATM akan terblokir dan harus melakukan konfirmasi ulang ke bank. 

4. Tidak ada bunga dan denda

Kartu debit hanya dikenakan potongan beban administrasi, tidak ada potongan lain seperti denda apalagi beban bunga, justru menabung di bank seringkali mendapat bagi hasil/ jasa dari bank.

5. Tidak ada tagihan di akhir

Karena pada dasarnya kartu debit itu sendiri tabungan, maka tidak akan pernah menimbulkan tagihan. Semisal isi saldo habis, maka kartu tersebut tidak dapat digunakan, kecuali diisi ulang.

Bagaimana, apakah anda sudah memahami perbedaan antara kartu kredit dan debit? Setiap dari mereka memiliki keuntungan yang berbeda. Kartu manapun yang anda pilih, usahakan untuk selalu bijak menggunakannya dan mengelola keuangan yang anda lakukan. Karena ini akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan anda kedepannya. Belilah karena butuh bukan hanya karena ingin. 

Related Posts