Home Bisnis dan Usaha Masih belum punya kerja? Yuk, buka usaha sendiri di rumah!

Masih belum punya kerja? Yuk, buka usaha sendiri di rumah!

by Greg Pascal
cara membuka usaha sendiri di rumah

Apakah Anda masih belum mempunyai pekerjaan? Bingung sudah melamar berkali-kali tapi masih belum dapat panggilan? Atau Anda adalah salah satu orang yang di-PHK karena Corona? Tidak perlu risau, Anda juga bisa menghasilkan uang dari rumah dengan membuka usaha rumahan. Bahkan, Anda mungkin bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain yang senasib dengan Anda sekarang. Berikut adalah cara membuka usaha sendiri di rumah dan hal yang harus Anda perhatikan.

Cara Membuka Usaha di Rumah

1. Menentukan Jenis Usaha Anda

Sebelum memulai bisnis, tentu Anda harus menentukan jenis bisnis yang akan Anda buka nanti. Ada banyak bisnis yang bisa Anda lakukan dari rumah, seperti katering, laundry, bisnis kue, kerajinan tangan, dan masih banyak yang lain. Hal yang paling penting adalah memilih jenis bisnis yang bisa Anda lakukan sesuai dengan kemampuan Anda. Anda tidak perlu merasa pusing dengan modal, lakukan saja bisnis kecil-kecilan dengan modal murah.

Apabila Anda memilih jenis usaha yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda, itu akan membuat Anda kesusahan. Karena nanti Anda masih harus belajar lagi dari awal. Tentu, tidak masalah kalau memang Anda ingin belajar melakukan hal yang baru. Tetapi untuk memulai sebuah bisnis, lebih baik memanfaatkan hal yang sudah Anda kuasai.

2. Sesuaikan dengan Hobby Anda

Sesuatu yang dilakukan dengan senang cenderung membuahkan hasil yang bagus. Selain memilih jenis usaha sesuai dengan kemampuan Anda, akan lebih baik jika Anda memilih usaha yang sesuai dengan hobby sehingga Anda juga akan menikmati usaha tersebut.

Misalkan jika Anda gemar memasak, Anda bisa mencoba berbisnis Katering. Atau jika Anda gemar melakukan olahraga dan bergabung dalam sebuah komunitas olahraga, Anda bisa menjual peralatan olahraga serta menjadikan anggota komunitas Anda sebagai sasaran bisnis. Jadi selain Anda untung, Anda juga bisa menikmati hobi yang Anda miliki.

3. Amati Trend yang Sedang Berkembang

Anda harus senantiasa memperhatikan trend yang sedang terjadi di lingkungan sekitar. Memang trend produk selalu berganti-ganti, namun ini bisa menjadi celah untuk Anda agar bisa membuka usaha sesuai dengan trend yang ada. Misalnya, saat ini sosis merk Kanzler sedang banyak diminati oleh masyarakat. Maka Anda bisa mencoba menjual sosis ini, baik sebagai reseller atau dropshipper.

Selain itu, perkembangan teknologi saat ini sangat mendukung kita untuk mempromosikan bisnis kita kepada masyarakat. Banyak bisnis-bisnis yang memanfaatkan teknologi dan menjadikan produk mereka ‘trend’ kembali.

cara membuka usaha sendiri di rumah

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Menyusun Rencana Secara Matang

Jika Anda sudah menentukan jenis usaha apa yang akan Anda buat, entah itu sesuai dengan kemampuan, hobby, atau mengikuti trend yang ada. Maka langkah selanjutnya adalah menyusun rencana secara matang. Sebuah rencana bisnis adalah hal yang penting, karena tanpa rencana bisnis tidak akan berjalan dengan lancar. Namun, Anda tidak perlu terlalu pusing. Anda bisa membuat rencana yang matang secara sederhana saja.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat rencana bisnis diantaranya:

  • Darimana modal bisnis yang akan Anda lakukan
  • Bahan atau alat apa saja yang akan Anda butuhkan
  • Siapa supplier produk yang atau bahannya
  • Siapa target pasar dari produk Anda
  • Berapa harga jual dari produk Anda
  • Bagaimana Anda akan memasarkan produk tersebut

5. Lakukan Tindakan

Setelah menyusun rencana, hal yang harus Anda lakukan adalah menjalankan rencana bisnis yang sudah Anda susun. Jangan terlalu lama menunda memulai suatu bisnis. Apalagi jika Anda melakukan bisnis sesuai dengan trend yang ada, karena suatu trend akan cepat digantikan dengan trend yang baru. Jangan takut untuk mencoba atau gagal, karena Anda sudah mempunyai rencana bisnis.

Jika Anda gagal, Anda bisa mencari dimana letak kesalahan Anda dan memperbaiki kesalahan tersebut lalu memulai kembali. Anda bisa belajar dari seorang pemain game, di saat mereka kalah dalam sebuah permainan, mereka akan mencoba lagi hingga mereka memenangkan permainan tersebut. Jangan menyerah dengan hanya satu kegagalan, karena banyak orang sukses yang gagal berkali-kali sebelum berhasil dalam bisnis mereka. Gantilah kata-kata ‘gagal’ di kamus Anda dengan kata-kata ‘belum berhasil’, sehingga Anda tidak akan mudah merasa putus asa.

6. Kelola Keuangan

Hal yang tak kalah penting dalam membuka sebuah bisnis adalah mengelola keuangan. Setelah Anda mendapatkan modal dan untung, Anda harus pandai mengelola keuangan sehingga Anda tidak akan rugi dan bisa melanjutkan bisnis Anda. Pahamilah arus pengeluaran dan pemasukan setiap hari. Untuk melakukan hal ini, Anda harus memiliki pencatatan administrasi yang baik.

Meski terdengar sepele, administrasi yang baik bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan. Anda bisa memulai dengan memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi milik Anda agar keuangan lebih jelas dan teratur. Hitunglah modal, keperluan produk dan keuntungan yang didapat. Anda bisa melakukan administrasi dengan memanfaatkan program Microsoft Excell atau program yang lain.

Demikianlah cara membuka usaha sendiri di rumah dan hal yang harus Anda perhatikan dalam membuka bisnis. Anda tidak perlu takut akan gagal, yang paling penting adalah terus mencoba. Anda juga bisa memanfaatkan Google atau Youtube untuk belajar tips-tips melakukan usaha.

Related Posts