Home Bisnis dan Usaha Manfaat QRIS dalam Menjalankan Usaha

Manfaat QRIS dalam Menjalankan Usaha

by Lara Nifa

Perkembangan teknologi pada saat ini memang telah memberikan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah QRIS yang belakangan ini menjadi salah satu alat pembayaran. Mungkin sebagian dari kamu sudah sering mendengar akan QRIS, tapi masih tidak ada yang tahu manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan cara pembayaran yang satu ini. 

Apalagi bagi pelaku usaha, QRIS ternyata juga bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk perkembangan usaha. Nah, di bawah ini akan dijelaskan apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh pengusaha ketika menggunakan QRIS. Yuk, simak apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan QRIS. 

Manfaat Menggunakan QRIS untuk Menjalankan Usaha 

QRIS sekarang ini memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah transaksi. Dimana cara kerja QRIS adalah dengan scan barcode milik merchant dan kemudian kamu akan membayar sejumlah harga yang perlu dibayarkan. Sehingga kamu sudah tidak perlu untuk menggunakan uang cash. Nah, adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan QRIS untuk keperluan usaha. Berikut ini adalah manfaatnya: 

Pembayaran Lebih Cepat 

Dengan menggunakan QRIS, maka pembayaran atau transaksi akan terjadi dengan lebih cepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana dengan memiliki QRIS ini pembayaran yang dilakukan konsumen sudah pasti akan lebih cepat. Mengingat bahwa hanya dengan scan barcode, maka pembayaran pun selesai. 

Tentu saja ini memberikan efektifitas yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan kartu atau tunai. Karena kamu hanya perlu menerima saja uang masuk ke dalam akun QRIS dan pembeli juga tidak akan menanti lama untuk menanti kembalian. Sehingga bisa terlihat bagaimana QRIS ini memberikan kemudahan dalam transaksi.

Mempermudah Transaksi Jual Beli 

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan QRIS adalah mampu mempermudah transaksi jual beli. Terkadang ketika kita ingin membeli sesuatu, uang cash yang kita miliki terkadang kurang. Dengan adanya QRIS ini, maka sudah tidak perlu lagi ke ATM untuk mendapatkan uang cash. 

Cukup dengan QRIS, maka transaksi jual beli tetap bisa berjalan dan juga tidak akan berlangsung terlalu lama. Maka daripada itu, dengan memanfaatkan QRIS untuk jadi alat pembayaran, maka usaha sudah pasti tidak akan mendapatkan kesulitan dalam menjalankan perusahaan. 

Bisa Mencegah Terjadinya Peredaran Uang Palsu 

Nah, dengan menggunakan QRIS bisa memberikan manfaat yang baik untuk pembeli dan penjual. Salah satunya adalah bisa mencegah peredaran uang palsu yang kerap kali memberikan keresahan sendiri di tengah masyarakat. Karena pembayaran yang dilakukan tanpa adanya uang cash, maka dengan cara ini uang palsu akan sulit beredar.

Hemat Dalam Biaya Operasional

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan QRIS dalam usaha adalah bisa menghemat biaya operasional. Ketika menggunakan QRIS ada biaya yang disebut dengan MDR atau Merchant Discount Rate. Untuk MDR ini pun akan dibayar oleh pelaku usaha. Tapi, jumlahnya sangatlah kecil dan berbeda jauh ketika menggunakan GPN yang pembayaran bisa mencapai 1%. Maka daripada itu, biaya MDR ini sudah pasti tidak akan memberatkan pelaku usaha. 

Tingkat Keamanan Tinggi 

Manfaat selanjutnya yang bisa pengusaha ketika menggunakan QRIS adalah dari tingkat keamanan yang tinggi. Dengan membayar menggunakan QRIS ada keamanan yang jelas berbeda dari sistem pembayaran lain. Karena ketika menggunakan QRIS, kamu harus masuk ke dalam aplikasi yang menggunakan sidik jari atau face id untuk bisa bertransaksi. 

Sehingga bisa dipastikan keamanan akan lebih terjamin karena hanya pengguna QRIS yang bisa membayarkan pembelian barang yang kamu butuhkan. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan QRIS pun tidak akan ada tindak kriminal yang bisa menyebabkan rasa khawatir. 

Pencatatan akan Transaksi Lebih Mudah 

Manfaat terakhir ketika kamu menggunakan QRIS untuk alat pembayaran adalah pencatatan transaksi yang sudah pasti lebih mudah. Karena semua transaksi sudah otomatis akan dicatat di dalam sistem yang digunakan. Semua transaksi sudah pasti tidak akan tercatat, sehingga total dari penjualan dalam sehari bisa diketahui dengan mudah. 

Tentu saja, ini akan memberikan kemudahan lain untuk usaha yang kamu jalankan. Karena dengan pencatatan yang jelas, usaha bisa berjalan dengan lebih mudah. Apalagi pencatatan keuangan yang baik akan berpengaruh juga terhadap aktivitas bisnis. Sehingga kamu bisa mengelola usaha secara efektif. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa pengusaha dapatkan dengan menggunakan QRIS. Dimana bisa dilihat bahwa pembayaran dengan QRIS bisa membantu tidak hanya kepada pengusaha, tapi juga untuk masyarakat secara luas. Karena memang pembayaran QRIS ini memberikan kemudahan. 

Jadi, jika kamu sekarang adalah seorang pengusaha, lebih baik segera mendaftar QRIS. Sehingga usaha akan jauh lebih maju dan berkembang dari sekarang. Apalagi sudah banyak orang yang menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran. 

Related Posts