Home Featured Manfaat Hidup Hemat Untuk Keuangan Sehat

Manfaat Hidup Hemat Untuk Keuangan Sehat

by Lara Nifa

Manfaat Hidup Hemat Untuk Keuangan Sehat

Menerapkan gaya hidup hemat itu memang tidak mudah, apalagi bila Anda terlanjur memiliki pola hidup konsumtif. Dimana selalu membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, namun tetap dibeli karena merasa bila tidak memilikinya maka akan ketinggalan zaman atau semacamnya.

Padahal gaya hidup seperti itu pada akhirnya hanya akan menyusahkan Anda. Karena nantinya Anda akan melakukan apapun demi mendapatkan barang atau produk tersebut dengan berbagai cara, termasuk berhutang. Jika sudah terjerat hutang, tentunya akan lebih merepotkan lagi dalam mengatur keuangan.

Manfaat Hidup Hemat

Nah, karena hal itulah bagaimana bila Anda menyimak artikel ini hingga tuntas, sehingga Anda akan tahu apa saja yang bisa Anda dapatkan bila dapat menerapkan gaya hidup hemat bagi kehidupan di masa tua atau mendatang.

  • Sisa uang bisa untuk yang lain

Ketika kondisi keuangan menjadi lebih baik karena pengelolaan yang baik, maka dapat disimpulkan bila cara Anda mengatur keuangan sudah berhasil. Dimana saat itu Anda telah mengetahui apabila pengeluaran tidak boleh lebih besar dari penghasilan.

Ketika Anda telah memahaminya, ketika sudah dalam tahap yang benar. Biasanya akan ada uang yang tersisa. Lalu apa yang harus dilakukan pada uang tersebut? Anda boleh menyimpannya atau menggunakannya untuk kebutuhan lain.

Semisalnya, ingin memanjakan diri di Salon & Spa atau membeli makanan enak yang dapat dinikmati bersama orang tua, saudara atau pacar. Seperti self reward karena sudah berhasil menggunakan uang secara bijak.

  • Mendekati kebebasan finansial

Untuk Anda yang telah bekerja pastinya pernah mendengar istilah “berapapun gaji yang Anda dapatkan, bila terlalu mengikuti gaya hidup tidak pernah cukup” dan nyatanya memang benar.

Jika, Anda tidak menahan hawa nafsu dan selalu mengedepankan gengsi, ego atau hal lain yang menuntut Anda untuk selalu membuang uang secara sia-sia. Memang tidak akan pernah bisa memenuhi kebutuhan sekalipun penghasilan Anda berada di angka puluhan atau ratusan juta rupiah.

Jadi, kenapa Anda investasikan 20% dari gaji tersebut agar bisa mendapatkan keuntungan yang pastinya akan memberikan manfaat di masa mendatang. Anda bisa memilih ingin menginvestasikan uang tersebut kemana, misal reksadana, emas, deposito atau saham.

  • Tidak akan mudah stres

Kelebihan lain ketika Anda berhasil menerapkan gaya hidup hemat, yaitu terhindar dari rasa stres berlebihan. Mengapa? Karena biasanya bagi mereka yang hidupnya terlalu konsumtif, maka akan berusaha agar tetap bisa membeli apapun yang diinginkan sekalipun harus berhutang.

Apabila hal tersebut terus dilakukan, hutang pastinya akan terus bertambah. Saat itulah Anda akan dilanda rasa frustasi, sebab bingung bagaimana cara melunasi hutang-hutang itu. Padahal disisi lain selalu ada tuntutan untuk memiliki produk atau menjalani kehidupan Hedon yang sebenarnya tidak sesuai dengan penghasilan.

Pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada diri sendiri, bukan? Jadi, ada baiknya untuk kembali memikirkan mana yang memang dibutuhkan dan mana yang masih dapat ditahan untuk dibeli atau dilakukan lain waktu.

  • Hidup menjadi lebih bahagia

Selain menjadi tidak mudah stres karena tidak mempunyai masalah yang berhubungan dengan keuangan. Hidup pastinya akan lebih happy, mengapa? Sebab disaat berhemat, berarti kebebasan secara finansial ada didepan mata.

Ketika hal tersebut berhasil Anda raih, jangankan membeli keperluan bulanan. Anda bahkan bisa mendapatkan apapun yang diinginkan tanpa harus berhutang. Namun, Anda tetap harus memperhitungkannya terlebih dahulu dan tidak boleh ceroboh dalam mengambil keputusan.

  • Memiliki tabungan untuk masa tua

Dengan Anda berhemat, pandai menabung dan berinvestasi. Sudah pasti masa tua akan sangat terjamin. Karena bisa menikmati hari tua dengan bahagia dan tidak lagi harus bekerja adalah impian semua orang. Duduk manis di rumah, bersama pasangan dan bermain dengan cucu bahkan cicit tanpa harus berpikir bagaimana uang untuk esok hari.

  • Sisa dana dapat dijadikan investasi

Seperti poin sebelumnya, dengan Anda berhemat tentu akan ada uang yang tersisa. Dimana uang tersebut akan lebih baik apabila di investasikan supaya keuangan Anda semakin baik. Untuk pilihan investasinya sendiri, Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan resiko yang dapat Anda tanggung.

Anda bisa mencari tahu tentang instrumen investasi melalui media online atau buku-buku mengenai investasi yang dijual bebas di toko-toko buku.

Jadi, Mana yang Anda Pilih? Hidup Hemat atau Boros?

Hidup tidak hanya sekedar mengejar kesenangan semata, namun juga tentang bagaimana Anda merasakan kebahagiaan tersebut untuk jangka waktu yang panjang. Karenanya, sejak dulu orangtua kita selalu mengingatkan untuk menghemat. Jangan terlalu sering jajan dan lain sebagainya.

Karena memang kenyataannya ketika Anda lebih memilih untuk hidup boros, membeli segala hal yang bahkan tidak dibutuhkan, jajan tidak terkontrol, nongkrong di kafe setiap hari atau hal-hal sejenis lainnya. Bahkan demi semua itu sampai rela berhutang yang semakin lama akan semakin menumpuk hingga tidak tahu bagaimana cara untuk melunasinya.

Apabila dibandingkan dengan orang-orang yang berhasil hidup hemat, lebih bahagia, tidak stres karena memikirkan hutang, ketika tua tidak lagi perlu bekerja demi melunasi hutang dan lain-lainnya. Anda lebih memilih yang mana?

Related Posts