Home Featured Mana yang Lebih Penting, Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan 

Mana yang Lebih Penting, Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan 

by Lara Nifa

Asuransi merupakan suatu produk yang fungsinya untuk seseorang adalah sebuah keamanan dan kenyamanan dari aspek tertentu. Dalam hal ini yang dibahas adalah mengenai asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Kedua produk asuransi yang disebut ini meetup produk asuransi yang berbeda satu sama lain. Tetapi pengetahuan masyarakat yang minim masih banyak yang menganggap bahwa keduanya adalah produk asuransi yang sama. Padahal fungsi dan perlindungan yang di dapat dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sangat berbeda. 

Tetapi masalah selanjutnya setelah masyarakat mengetahui fungsi dan perbedaan antara asuransi jiwa dan kesehatan adalah kebingungan untuk memilih antara keduanya. Masyarakat menjadi lebih mempertimbangkan kembali sebenarnya mana yang lebih penting, asuransi jiwa atau asuransi kesehatan? Karena mungkin sekilas keduanya memiliki kepentingan yang membuat masyarakat menjadi bingung mana yang lebih penting. Apalagi jika harus memilih satu diantara keduanya karena keterbatasan finansial. Jadi seseorang harus memilih mana yang lebih penting. 

Nah maka dari itu untuk mengetahui mana yang lebih penting antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, kamu harus mengetahui perbedaan dari keduanya dan mengetahui faktor apa saja yang mengharuskan kamu mementingkan asuransi yang mana. 

Perbedaan Antara Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

1. Perbedaan Mengenai Pengertian

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang akan menanggung finansial keluarga pemegang polis yang sudah meninggal dunia. Jadi pemegang polis asuransi jiwa menyiapkan asuransi berupa uang agar keluarga yang ditinggalkan mendapatkan uang pertanggungan. 

Sedangkan jika asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang akan melindungi kamu dari kebutuhan pembayaran yang diakibatkan oleh kecelakaan, penyakit yang diderita dan lain sebagainya yang diperoleh para pemegang polis selama hidupnya. 

2. Perbedaan Mengenai Pengertian

Asuransi jiwa memiliki manfaat yaitu untuk menanggung segala resiko yang sudah ada dalam perjanjian sebelum. Jenis perjanjian tersebut bisa uang tanggungan setelah meninggal dunia, tabungan di masa tua ataupun uang tanggungan setelah pensiun. 

Sedangkan manfaat dari asuransi kesehatan yaitu perlindungan yang didapatkan dari pihak asuransi untuk biaya rawat inap, pengobatan, kontrol, biaya karena kecelakaan dan yang lainnya. 

Faktor Yang Mengharuskan Kamu Punya Asuransi Jiwa

1. Kamu Sebagai Pencari Nafkah

Jika kamu adalah satu-satunya dalam keluarga yang mencari nafkah, kamu harus memikirkan bagaimana jika suatu hari kamu meninggal dunia atau tiba-tiba harus pensiun. Sementara anggota keluarga lainnya belum bisa mencari nafkah. Maka kamu bisa menggunakan produk asuransi jiwa agar nantinya keluarga yang ditinggalkan mendapatkan tanggungan finansial. 

2. Memiliki Anggota Keluarga yang Banyak

Jika kamu berpikir bahwa memiliki produk asuransi jiwa adalah tidak perlu karena merasa mampu untuk menghidupi nya sampai tua, kamu harus melihat berapa banyak anggota keluarga yang harus kamu beri tanggungan sampai tua nanti. Karena jika memiliki anggota keluarga yang banyak akan memberatkan beban kamu dalam mencari nafkah apalagi jika kamu sudah tua dan sulit bekerja lagi. 

Faktor Yang Mengharuskan Kamu Punya Asuransi Kesehatan

1. Untuk Yang Memiliki Riwayat Penyakit

Jika kamu memiliki riwayat penyakit yang serius dan dalam penyembuhan nya membutuhkan biaya yang begitu besar. Maka kamu perlu memiliki asuransi kesehatan, karena bisa saja penyakit yang diderita bisa muncul kapan saja saat finansial kamu sedang tidak stabil. 

2. Memiliki Pekerjaan yang Resikonya Tinggi

Jika kamu adalah seorang pekerja yang memiliki resiko yang tinggi akibat kecelakaan, maka penting sekali untt memiliki asuransi kesehatan. Karena kecelakaan yang terjadi saat bekerja tidak akan bisa diprediksi kapan. Bisa saja kamu mendapat musibah saat kondisi finansial kamu sedang memburuk. Dengan memiliki asuransi kesehatan, pihak asuransi akan siap membiayai segala proses pengobatan hingga sembuh. 

Melihat Faktor Mana Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Setelah mengetahui apa saja faktor-faktor yang mengharuskan kamu untuk memiliki asuransi yang mana, kamu jadi bisa mengetahui mana yang lebih penting antara asuransi jiwa dan kesehatan. Jika ternyata hidup kamu memiliki banyak faktor seperti sebagai tulang punggung keluarga yang mencari nafkah maka kamu bisa mementingkan asuransi jiwa. Jika kamu memiliki riwayat penyakit dan resiko pekerjaan yang tinggi kamu bisa mementingkan asuransi kesehatan. 

Semuanya kembali pada kebutuhan apa yang harus segera di pentingkan dalam kehidupan kamu saat ini. Tetapi jika kamu memiliki uang lebih, akan lebih bagus lagi memiliki kedua asuransi tersebut. 

Setelah mengetahui pengertian dan  perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan juga mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kamu terdesak untuk menggunakan produk asuransi yang mana kamu akan lebih mudah menentukan mana yang lebih penting, asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Karena kebutuhan setiap orang berbeda, maka pentingnya suatu asuransi juga akan berbeda-beda tergantung seperti apa keadaan yang mendesak kamu untuk membeli produk asuransi tersebut. 

 

Related Posts