Home Karir Mahasiswa Semester Akhir? Yuk Coba Kerja Part Time!

Mahasiswa Semester Akhir? Yuk Coba Kerja Part Time!

by Greg Pascal
kerja part time

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, pasti banyak sekali waktu luang yang tersedia. Kita telah menyelesaikan sekian banyak mata kuliah. Sekarang hanya perlu fokus skripsi saja. Pasti membosankan karena kegiatan di rumah yang itu-itu saja. Kenapa tidak coba kerja part time saja? Selain kita mendapat pengalaman, kita juga bisa menambah pemasukan, lho. 

Banyak sekali mahasiswa semester akhir yang memanfaatkan waktu luangnya untuk kerja part time. Tapi tunggu dulu. Bagaimana sih cara kita mencari kerja sampingan? Jangan khawatir, ada banyak cara untuk mendapatkan kerja part time untuk mahasiswa semester akhir. Apalagi zaman ini kita dimudahkan dengan sumber informasi yang banyak dan luas. Pastinya akan sangat mudah bagi kita untuk mencari kerja sampingan yang cocok. 

Cara Mencari Lowongan Part Time

1. Instagram Lowongan Part Time

Bukan rahasia lagi bahwa instagram tak hanya menjadi platform untuk berbagi foto saja, melainkan juga informasi. Zaman dulu mungkin kita masih menggunakan metode dari mulut ke mulut. Tapi sekarang, kita menggunakan metode dari insta story ke insta story lain. Benar apa benar. Banyak sekali informasi yang bisa kita cari dari instagram. Malah informasi di instagram lebih cepat menyebar biasanya. Termasuk informasi lowongan kerja part time. Kita bisa mulai follow-follow akun lowongan di daerah sekitar kita untuk mencari informasi. 

2. Koneksi Teman dan Kampus

 Nah, ini adalah media informasi kedua. Makin banyak teman, semakin banyak informasi yang kita dapat. Kita bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dari teman-teman kita. Teman sekelas, beda fakultas, atau teman organisasi. Biasanya kampus juga memberikan informasi terkait magang dan kerja paruh waktu untuk mahasiswa. Kita bisa manfaatkan itu. Kita bisa mulai bertanya pada teman apakah mereka memiliki informasi kerja paruh waktu, atau mengecek langsung ke mading kampus atau web kampus. Cukup mudah bukan. 

3. Platform Lowongan Kerja Part Time

Selanjutnya kita bisa memanfaatkan platform loker paruh waktu yang tersedia di internet. Banyak sekali platform loker yang menyediakan informasi loker part time dan magang untuk mahasiswa. Kita bisa mencari loker yang sekiranya cocok dengan keadaan dan passion kita. Tapi sebelum melamar kerja, kita harus memastikan keaslian informasi yang kita dapat. Kita harus memeriksa perusahaan atau lembaga tempat kita bekerja nanti. Pastikan berhati-hati dalam mencari kerja paruh waktu. 

kerja part time

Baca Artikel Selanjutnya :

Kerja Part Time yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Penulis lepas

Menjadi penulis lepas bisa menjadi pilihan kerja part time yang pertama. Selain kerjanya yang fleksibel dan terikat kontrak, pekerjaannya juga mudah. Kita hanya memerlukan laptop atau pc untuk menulis dan internet untuk sumber informasi. Tak perlu modal yang besar. Jika kita tidak punya laptop, kita bisa pinjam. Entah pinjam pada teman, saudara, atau ke menulis di handphone pun tak masalah. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki skill menulis dan berwawasan luas. 

2. Jual makanan atau minuman

Jualan bisa menjadi pilihan kerja paruh waktu lainnya untuk mahasiswa. Disela-sela jam mata kuliah, kita bisa menyempatkan diri untuk berjualan. Kita bisa menjajakan jualan kita di dalam atau di luar kampus. Kita tak perlu membuat sendiri makanan atau minuman yang akan kita jual. Bisa juga kita menjualkan barang milik orang lain. Bisa juga kita berjualan setelah pulang kuliah sebelum pulang ke rumah atau kos. Pasti masih banyak mahasiswa di kampus. Mahasiswa yang hobinya nongkrong biasanya akan pulang sore atau bahkan malam. Tak jarang juga mahasiswa yang tetap di kampus untuk mengerjakan tugas kelompok. Nah, kesempatan kita untuk menjual makanan atau minuman sangat besar. 

3. Jasa ketik dan edit power point

Jika kita memiliki laptop, kreatif dalam mengedit power point, kita bisa memanfaatkan skill ini lho. Kita bisa menawarkan jasa ketik atau membuat power point presentasi yang menarik pada teman kita. Jika kita juga cukup mahir dalam bahasa Indonesia, tawarkan juga jasa edit naskah makalah atau tugas. Pasti ada teman kita yang bingung dalam membuat power point. Entah karena tidak punya ide atau tidak punya laptop. Kita bisa menawarkan jasa pembuatan powerpoint untuk tugas teman kita tersebut. Kerjanya sangat simpel dan fleksibel. Kita hanya perlu kreatif. 

4. Menjadi guru les

Kerja part time satu ini banyak dipilih oleh mahasiswa semester tua. Banyak lembaga belajar yang membuka lowongan tutor untuk mahasiswa semester akhir. Selain mendapatkan pemasukan, kita juga mendapat pengalaman dari menjadi guru les. Kita bisa mengingat ilmu yang telah kita pelajari dan mengajarkannya pada orang lain. Pastinya akan sangat bermanfaat. Ilmu yang kita miliki tidak akan mati dan akan terus berkembang.Pekerjaan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki skill komunikasi yang bagus. 

5. Penerjemah

Membuka jasa penerjemah bisa menjadi pilihan kerja paruh waktu lainnya. Jika kita memiliki skill berbahasa asing, kenapa tidak dimanfaatkan? Selain mendapat pemasukan, kita juga akan berkembang. Pekerjaan ini sangat simpel dan tidak terikat waktu. Jasa penerjemah banyak dicari di platform freelancer. Selain kita bisa menambah skill berbahasa asing, kita juga akan mendapat pengalaman yang nantinya bisa gunakan di kemudian hari. Pekerjaan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang menyukai bahasa asing. 

Nah, demikian daftar kerja part time yang cocok untuk mahasiswa tingkat akhir. Kerja part time tak hanya menambah pemasukan melainkan juga pengalaman. Sebelum kita menginjakkan kaki ke dunia kerja, ada baiknya kita mencari pengalaman agar mendapatkan gambaran seperti apa dunia kerja. Kerja paruh waktu bisa menjadi pilihannya.

Related Posts