Home Administrasi Lewat Smartphone, Ini Cara Cek BPKB Online Jakarta, Jabar, Jateng, hingga Jatim

Lewat Smartphone, Ini Cara Cek BPKB Online Jakarta, Jabar, Jateng, hingga Jatim

by Lara Nifa
Lewat Smartphone, Ini Cara Cek BPKB Online Jakarta, Jabar, Jateng, hingga Jatim

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang adalah era digital. Kemudahan yang diberikan dari digital pun dirasakan dalam masalah administrasi. Salah satunya adalah mengecek BPKB. pengecekan BPKB ini sendiri sangatlah membantu ketika Anda ingin membeli mobil bekas. Karena selain melihat kondisi mobil, Anda harus juga mengetahui apakah dokumen mobil lengkap atau tidak. 

Dengan adanya pengecekan BPKB secara online ini, maka masyarakat diharapkan tidak tertipu dengan dokumen kendaraan palsu. Selain itu, pembayaran pajak Samsat pun bisa dilakukan dengan cara online juga. Hanya saja, layanan pengecekan BPKB online masih tersedia di beberapa wilayah saja. Masih banyak wilayah Indonesia lain yang belum menyediakan cek BPKB online ini. Meski begitu bagi yang sudah tersedia, Anda bisa memeriksa hanya dengan menggunakan smartphone. 

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara untuk cek BPKB secara online ini, berikut ini adalah penjelasannya lebih lengkap. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi DKI Jakarta 

Ada dua cara yang disediakan oleh pemerintah DKI Jakarta untuk membantu masyarakat dalam mengecek BPKB ini. Berikut ini adalah caranya: 

  • Melalui SMS dengan cara ketik METRO<spasi>Plat nomor kirim ke 1717. Contoh adalah METRO B2345HT. 
  • Dengan mengecek di situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Kemudian Anda bisa mengisi NIK atau Nomor Induk Kependudukan serta dengan plat nomor yang akan dicek BPKBnya. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi Jawa Barat 

Selanjutnya adalah untuk Provinsi Jawa Barat yang juga menyediakan dua cara untuk pengecekan BPKB ini yaitu: 

  • Melalui SMS dengan cara ketik poldajbr<spasi>plat nomor, lalu kirimkan ke 3977. Contoh adalah poldajbr D1234LP. 
  • Membuka situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/, kemudian Anda bisa memasukan plat nomor kendaraan disertai dengan warnanya. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi Banten 

Saat ini Provinsi Banten tidak menyediakan layanan baik itu SMS atau situs untuk pengecekan BPKB. Tapi, bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan bisa menggunakan aplikasi yang disiapkan, yaitu: 

  • Download aplikasi SAMBAT yang merupakan singkatan dari Samsat Banten Hebat. 
  • Kemudian Anda hanya tinggal memasukan plat nomor dan tekan tombol cari. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi Jawa Tengah 

 Untuk Jawa Tengah juga memiliki dua cara yang bisa digunakan, yaitu: 

  • Melalui SMS dengan mengetik Jateng<spasi>plat nomor yang akan dicek. Contohnya adalah Jateng G6778OP dan kirim ke 9600. 
  • Selanjutnya Anda juga bisa mengunjungi http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Kemudian masukan plat nomor yang akan dicek di kolom yang disediakan, lalu klik tombol cari. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi DI Yogyakarta 

Bagi Anda yang berada di wilayah DI Yogyakarta dapat mengecek melalui aplikasi, caranya adalah sebagai berikut: 

  • Download aplikasi infopkbdiy di Google PlayStore atau iOs. 
  • Kemudian Anda hanya perlu memasukan plat nomor dan tekan tombol cari. 

Pemerintah kota DI Yogyakarta juga telah menyediakan layanan SMS bagi masyarakat yang tidak menggunakan smartphone. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi Jawa Timur

Sama seperti wilayah lain, Jawa Timur juga menyediakan dua cara yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk mengecek BPKB, yaitu:

  • Melalui SMS dengan mengetik JATIM<spasi>plat nomor, contoh adalah JATIM L3454KM dan kirim ke nomor 7070. 
  • Anda juga bisa mengunjungi situs https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/. Lalu hanya tinggal pilih menu Samsat Asal Kendaraan, kemudian masukan plat nomor dan klik tombol cari. Maka akan muncul seluruh detail BPKB. 

Cara Cek BPKB Online Provinsi Riau

Untuk warga Provinsi Riau, pengecekan BPKB ini sangatlah mudah, yaitu bukalah situs https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Kemudian masukan nomor plat kendaraan serta 5 digit terakhir rangka kendaraan. Tunggulah beberapa saat, maka secara otomatis seluruh detail BPKB akan muncul. 

Aplikasi BPKB Online 

Selain menggunakan pengecekan dengan dari layanan yang disediakan oleh pemerintah daerah masing-masing, Anda juga bisa menggunakan aplikasi e-Samsat. Untuk caranya adalah sebagai berikut: 

  • Download aplikasi e-Samsat di Google Play Store. 
  • Kemudian isilah data diri Anda yang sesuai dengan KTP dan masukan juga data kendaraan. 
  • Nanti akan muncul seluruh data yang berhubungan dengan kendaraan, termasuk PKB serta SWDKLLJ. 

Aplikasi yang satu ini sendiri dikelola oleh Tim Pembina Samsat Indonesia, sehingga dapat dipastikan bahwa seluruh daerah dapat mengecek BPKB dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara untuk cek BPKB online. Sebagian wilayah di Indonesia memang masih belum menyediakan layanan online untuk mengecek BPKB. Tapi, Anda bisa mengeceknya dengan langsung datang ke kantor Samsat yang satu domisili dengan Anda. Dari seluruh uraian tersebut, maka dapat dipastikan bahwa pemerintah memaksimalkan digital sebagai salah satu sarana agar memudahkan masyarakat dalam mengecek regulasi.

Related Posts