Home Tabungan Langkah Mudah Supaya Bisa Menabung

Langkah Mudah Supaya Bisa Menabung

by Lara Nifa
langkah mudah bisa menabung

Menabung merupakan hal baik yang perlu dilakukan oleh siapapun sebab mempunyai banyak manfaat dan dapat menyelamatkan Anda dalam berbagai masalah finansial di masa depan. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk bisa menabung, sekalipun mereka mempunyai penghasilan yang tinggi

Dibawah ini terdapat beberapa tips sederhana serta realistis untuk Anda supaya dapat menjalankan pola hidup hemat dan tetap bisa menabung, entah itu untuk keperluan jangka pendek hingga keperluan jangka panjang sekalipun. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak artikel ini sampai habis.

Cara Mudah Menabung

1.       Mencatat Pengeluaran

Cara pertama agar Anda dapat mulai menabung yakni mencari tahu soal berapa besar uang yang biasanya dibutuhkan setiap harinya. Maka dari itu, Anda harus mencatat seluruh pengeluaran, hingga untuk hal-hal yang dirasa kecil, seperti uang tip dengan jumlah kecil atau membeli segelas kopi murah tapi selalu dibeli hampir setiap hari.

Setelah mempunyai data, maka aturlah angka sesuai kategorinya, seperti bahan makanan, bensin, kemudian total setiap jumlahnya, dan jangan lupa menggunakan catatan transaksi lewat buku tabungan ataupun m-banking jika dibutuhkan. Supaya lebih mudah dan praktis, Anda dapat menggunakan fitur dari aplikasi khusus pencatatan keuangan yang tersedia gratis di playstore.

2.       Menyiapkan Anggaran untuk Ditabung

Apabila Anda sudah memegang gambaran dari pengeluaran setiap harinya, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yakni menentukan besaran anggaran yang akan ditabung. Dimana anggaran tersebut bisa diambil dari hasil uang lebih sesudah dikurangi seluruh pengeluaran. Hal ini bertujuan supaya dapat membatasi pengeluaran dan tidak berlebihan ketika menggunakannya.

Ketika akan menentukan anggaran, upayakan untuk membuat kategori tabungan serta usahakan menabung setidaknya 10% atau 15% dari total penghasilan.

3.       Menemukan Cara untuk Memotong Pengeluaran

Apabila pengeluaran yang Anda lakukan sangat besar sehingga membuat Anda kesulitan menabung sebesar dana yang diinginkan, itu berarti jalan yang perlu ditempuh yakni mencari cara agar dapat memotong pengeluaran. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi hal dan kebiasaan yang tidak begitu penting yang sekiranya dapat dikurangi atau bahkan disingkirkan sekaligus.

Kebiasaan-kebiasaan seperti ini umumnya lebih bersifat konsumtif atau bukan kebutuhan pokok di dalam hidup. Seperti contoh menonton bioskop, membeli makan di luar dan mahal, sering nongkrong bersama teman-teman atau hal-hal lain seperti menghemat penggunaan layanan internet, berlangganan TV kabel, apalagi jika hal tersebut sering tidak digunakan namun selalu membayar tagihan tiap bulannya.

4.       Menetapkan Tujuan Menabung

Merupakan salah satu sikap terbaik dalam urusan berhemat yakni dengan mengetahui dan menetapkan tujuan menabung. Anda harus memulai untuk memikirkan dana yang akan ditabung nantinya untuk apa. Seperti contoh, untuk keperluan dana menikah, berlibur ke suatu tempat bersama keluarga, menyiapkan dana pendidikan anak atau bahkan mempersiapkan dana pensiun untuk hari tua.

Kemudian, cari tahu jumlah dana yang dibutuhkan berapa banyak dan berapa lama membutuhkan waktu untuk dapat mencapai target yang diinginkan. Misalnya dana untuk jangka pendek mulai 1 sampai 3 tahun kedepan, dana darurat yang nominalnya sebesar 3 sampai 9 bulan dari biaya hidup, dan untuk jangka panjang bisa lebih dari 4 tahun.

5.       Pilihlah Jenis Tabungan Paling Tepat

Sesudah Anda menentukan tujuan dari upaya menabung serta jangka waktu yang dibutuhkan, berikutnya Anda harus memilih jenis tabungan paling tepat. Seperti, hanya perlu menyimpannya di rekening tabungan umum, ke dalam tabungan deposito, atau menyimpannya ke rekening pensiun serta diinvestasikan.

Akan tetapi, sebelum Anda memilih alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu seluruh opsi yang tersedia serta mempertimbangkan hal lain seperti saldo minimum, besaran bunga, biaya sehingga bisa memilih jenis tabungan yang mana sekiranya memungkinkan Anda bisa menabung dengan baik dan nyaman

6.       Menggunakan Tabungan Otomatis

Agar bisa menjaga komitmen dalam urusan menabung, alangkah baiknya memakai sistem menabung secara otomatis, yang mana uang di transfer ke rekening tabungan secara otomatis tanpa perlu Anda melakukannya secara manual. Sistem tersebut dapat membantu serta mempermudah Anda dalam upaya menabung sembari dapat menentukan berapa besar nominal tabungan dan kapan waktu yang paling tepat untuk anda bisa menabung dengan rutin setiap bulannya. 

7.       Memperhatikan Tabungan

Ketika menabung, Anda harus selalu menyempatkan untuk memantau anggaran serta memeriksa kembali kemajuan setiap bulan. Sikap ini bukan hanya dapat membantu untuk tetap berada pada jalur atau rencana menabung yang sudah Anda bangun, namun juga bisa mengidentifikasi serta memperbaiki berbagai masalah dengan lebih cepat.

Mengetahui dan memahami cara untuk berhemat dalam mengurus keuangan juga bisa menginspirasi Anda agar dapat menemukan berbagai macam cara yang lebih inovatif supaya bisa menabung serta mencapai tujuan di masa depan lebih cepat.

Related Posts