Zaman sekarang hampir semua hal dikaitkan dengan dunia digital, khususnya pebisnis yang ingin melebarkan sayapnya. Bahkan tidak jarang para pelaku UMKM yang sukses karena sudah berhasil. Itu disebabkan karena peran penting dalam memanfaatkan digital marketing atau digital branding.
Digital branding merupakan upaya membangun identitas produk dari usaha atau UMKM yang sedang dijalani. Namun, kamu akan menghadapi masa sulit jika sampai tidak memahami digital branding.
Jika kamu belum tahu, digital marketing merupakan upaya yang dilakukan untuk melakukan promosi atau pemasaran dengan memanfaatkan media elektronik atau digital dan terhubung dengan jaringan internet, tujuannya supaya bisa terhubung dan mudah menjangkau pelanggan. Bisa dikatakan bahwa, cara digital marketing atau digital banding dinilai jauh lebih efektif, khususnya pada masa sekarang.
Apalagi, sekarang hampir semua orang sudah akrab dengan internet, mulai dari situs website hingga memiliki akun media sosial. Jika bisnis UMKM kamu ingin mudah dikenal banyak orang maka harus lakukan digital branding dan digital marketing.
Cara Meningkatkan Digital Branding dengan Mudah Untuk UMKM
Berikut ini adalah langkah yang mudah untuk meningkatkan digital branding bagi para pelaku UMKM. Ada apa saja, intip yuk!
Menciptakan Logo Bisnis UMKM Sendiri
Dalam suatu usaha tentu saja kamu harus memiliki nama brand dan nama produk apa yang kamu tawarkan. Hal itu supaya mudah dikenal oleh orang lain.
Perlu kamu ketahui, logo adalah kunci sukses dalam suatu bisnis. Dengan logo, pelanggan akan tahu identitas dari bisnis kamu jalani secara visual. Selain itu, pelanggan akan tahu bagaimana gambaran produk yang kamu jual mengarah ke mana dan seperti apa.
Pastikan logo yang kamu ciptakan sendiri tidak pernah dimiliki oleh orang lain atau bukan plagiat. Sebab akan jadi masalah kalau sampai kebetulan memiliki ciri khas yang sama.
Logo yang sudah kamu buat sendiri, bisa kamu pakai sebagai identitas utama dalam berbagai platform untuk promosi produk yang kamu tawarkan.
Membuat Website UMKM Sendiri
Jika sudah selesai membuat logo untuk usaha sendiri, kamu juga harus meluaskan pemasaran dengan memanfaatkan media digital yang ada. Dengan cara membuat situs website untuk brand milik kamu sendiri.
Dengan membuat situs website UMKM sendiri, kamu sedang berupaya untuk memperluas bisnis kamu. Calon pelanggan juga akan lebih mudah menjangkau brand dan produk kamu.
Bisa diciptakan dengan membuat desain halaman yang menarik, unik dan yang menggambarkan bagaimana brand dan produk yang kamu punya. Jika masih bingung, kamu bisa mengamati dari website kompetitor sebagai inspirasi, tentu saja yang masih satu bidang dengan bisnis yang kamu punya.
Coba Membuat Press Release
Langkah selanjutnya, kamu bisa coba untuk membuat press release. Hal itu dinilai lebih memiliki manfaat dan bagus untuk meningkatkan digital branding kamu. Coba buatlah press release yang lebih unik dan menarik, dan bisa sekalian kamu input beberapa produk/jasa yang kamu tawarkan.
Tujuannya, supaya calon pelanggan akan lebih mengenal semua produk yang kamu tawarkan. Kamu juga dapat dengan mudah memanfaatkan portal berita digital atau online demi meningkatkan citra brand yang kamu punya.
Memanfaatkan Akun Media Sosial
Selain membuat situs website, media sosial adalah salah satu digital branding yang cukup menjanjikan, kamu bisa memperluas jaringan supaya produk dan brand yang kamu punya bisa dijangkau oleh calon pelanggan.
Zaman yang serba digital seperti saat ini, pastinya hampir semua orang memiliki akun media sosial. Kamu bisa memanfaatkan itu dengan meningkatkan citra produk dan brand yang kamu bangun. Bisa melakukan pemasaran dengan menarik dan unik maka, akan banyak calon pelanggan yang berminat dengan produk yang kamu tawarkan.
Memanfaatkan media sosial bisa sekaligus dalam ajang promosi atau digital marketing sebaik mungkin untuk menarik minat para calon pelanggan. Jika kamu belum memahami caranya, kamu bisa menggunakan media sosial yang sedang ramai digunakan kebanyakan orang.
Sebagai contohnya, jika target pasar kamu adalah orang Indonesia maka kamu harus mengetahui media sosial apa saja yang ramai digunakan oleh orang Indonesia pada umumnya.
Menciptakan Suatu Konten Pemasaran yang Menarik
Jika sudah terjun dalam digital branding, maka jangan tanggung saja. Kamu harus mampu menciptakan konten pemasaran yang unik dan menarik. Kemudian, kamu tinggal mengunggahnya ke beberapa akun media sosial khusus brand yang kamu punya.
Meskipun jika bagi seorang pemula masih mengalami kesulitan, kamu bisa juga melakukan berbagai riset mengenai bagaimana cara membuat konten pemasaran yang menarik dan unik. Kumpulkan riset sebanyak mungkin, salah satunya bisa dengan cara mengamati konten pemasaran dari kompetitor yang bisa jadi inspirasi konten yang akan kamu buat sendiri.