Home Kredit Langkah Mudah mendapatkan Program KPR BTN

Langkah Mudah mendapatkan Program KPR BTN

by Greg Pascal
KPR BTN

KPR BTN merupakan program pemerintahan yang sangat baik dan harus didukung oleh seluruh masyarakat agar program ini mampu menghasilkan output yang baik. Sesuai dengan namanya, KPR merupakan program kredit untuk kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Program kepemilikan rumah dari kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat republik Indonesia ini ditujukan hanya untuk masyarakat berpenghasilan kebawah karena mereka dianggap perlu untuk mendapatkan fasilitas layak ini dengan bantuan pemerintahan.

Pada program ini tidak ada pihak yang akan memanfaatkan untuk memperoleh keuntungan baik dari pemerintahan ataupun sebuah instansi lain. Dalam kpr btn ini masyarakat diberikan rumah dengan suku bunga dan cicilan yang cukup ringan dibandingkan dengan pembelian rumah lainnya.

Untuk memperoleh rumah dari program kpr ini masyarakat Indonesia harus memenuhi beberapa kriteria yang harus disiapkan dan dokumen yang harus disiapkan agar dapat rumah dari pemerintah dengan biaya yang cukup murah. Mengenai apa saja persyaratannya simak penjelasan dibawah ini.

Syarat dan ketentuan dalam program KPR BTN

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar mendapatkan sebuah rumah dari kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat republic Indonesia serta ketentuan yang wajib dipenuhi, yaitu:

  1. Orang yang mengajukan program ini harus warga negara Indonesia berusia minimal 21 tahun atau telah menikah. Hal ini karena jika warga negara belum berusia 21 tahun memiliki mental yang masih labil untuk menyelesaikan kredit rumah.
  2. Selain harus memenuhi batas minimum usia, pemohon harus memiliki usia dibawah 65 tahun pada saat melakukan permohonan kredit jatuh tempo ini. Karena pada usia yang sudah renta pemikiran sudah berbeda dengan pemikiran yang masih muda dan seharusnya sudah tidak memikirkan beban kredit.

Khusus bagi peserta ASABRI dengan rekomendasi dari YKPP bisa mengajukan dalam program ini maksimal pada usia 80 tahun ketika kredit tersebut jatuh tempo.

  1. Hal penting selanjutnya adalah pemohon yang merupakan suami istri ini keduanya belum memiliki rumah atau belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah dari pemerintahan. Namun hal ini dikecualikan untuk tni, polri serta PNS yang pindah tugas ke daerah lain.
  2. Syarat selanjutnya yaitu pemohon memiliki penghasilan pokok tidak lebih dari empat juta rupiah bagi pemohon rumah sejahtera tapak dan tidak lebih dari tujuh juta rupiah bagi pemohon rumah sejahtera susun.
  3. Syarat paling utama yang harus dimiliki oleh pemohon kpr ini adalah harus memiliki KTP elektronik dan harus terdaftar pada Dukcapil. Hal ini harus dimiliki oleh pemohon sebagai identitasnya sebagai warga negara.
  4. Bagi pemohon kredit kepemilikan rumah ini juga wajib memiliki NPWP serta SPT tahunan PPh orang pribadi sesuai dengan pertauran perundang – undangan yang berlaku saat ini.
  5. Untuk spesifikasi rumah dalam program kredit pemilikan rumah ini sesuai dengan peraturan pemerintah tidak dibebaskan kepada pemilik atau pemohon program ini.

KPR BTN

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Mendaftar Untuk Program KPR BTN

Seperti halnya program – program lainnya harus ada juga sebuah pendaftaran agar pemohon diseleksi terlebih dahulu berkas – berkas yang diperlukan apakah sesuai dengan syarat ketentuan atau tidak. Lantas bagaimana cara mendaftarnya? Ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh pemohon adalah mencari lokasi rumah yang akan dibangun sesuai dengan keinginan pemohon. Atau jika tidak menginginkan datang langsung juga dapat memperoleh informasi pada halaman khusus dan resmi milik btn.

Untuk mengunjungi laman resmi btn dapat mencari informasi pada link www.btnproperti.co.id. Selain pada link tersebut juga dapat datang ke outlet BTN maupun pameran properti lainnya. 

Dengan mengunjungi link resmi tersebut, anda sebagai pemohon juga dapat melakukan simulasi kpr btn mulai dari seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan sampai Bungan yang akan dibayar nantinya.

  1. Apabila sudah memperoleh lokasi sesuai dengan keinginan anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan syarat ketentuan sebelumnya.
  2. Apabila sudah menyiapkan dokumen yang disiapkan tadi, berkas tersebut akan diproses oleh pihak yang berkewajiban baik secara langsung maupun menggunakan sistem dan verifikasi data serta dengan analisis terhadap dokumen yang diberikan.
  3. Apabila dokumen yang diserahkan pemohon disetujui maka pemohon harus menyiapkan dana untuk kredit pemilikan rumah ini serta harus membayar bunga yang harus dipenuhi oleh pemohon.

Adapun bunga kpr btn  yang perlu pemohon ketahui adalah sebesar 5% dan uang muka yang harus diberikan di awal adalah 1%.

  1. Apabila semua kelengkapan sudah diketahui dan disepakati oleh kedua belah pihak maka langsung dapat melakukan akad kredit sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan.
  2. Setelah melakukan akad kredit, pemohon bisa menunggu proses pencairan dana untuk program kepemilikan rumah ini.

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan program KPR BTN ini sangatlah mudah, jadi bagi anda yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan tersebut langsung saja menyiapkan dokumen – dokumen penting agar mendapatkan program kredit pemilikan rumah dengan biaya yang murah.

Related Posts