Home Perencanaan Langkah Mudah dapat Modal untuk Usaha

Langkah Mudah dapat Modal untuk Usaha

by Lara Nifa

Ketika seseorang ingin membuka sebuah usaha mandiri, tentunya modal menjadi hal utama yang harus dimiliki untuk melengkapi segala kebutuhan. Namun, kebanyakan orang pasti merasa kesulitan dalam mengumpulkan atau mendapatkan modal tersebut.

Sebelum kamu mencari modal, tentunya terlebih dahulu kamu harus menghitung seberapa besar dana yang kamu butuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Apakah ratusan ribu? Jutaan atau hingga puluhan juta. Buatlah perhitungan kasar, agar kamu tahu berapa banyak kebutuhanmu.

Cara Mudah Memperoleh Modal Usaha

Ketika kamu selesai melakukan perhitungan dan menemukan nominalnya, selanjutnya tentu saja memikirkan dari mana bisa memperoleh dana tersebut sehingga bisa segera menjalankan usaha. Berikut dibawah ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat kamu coba untuk mendapatkan modal, yaitu :

  • Tabungan Pribadi

Cara paling mudah dan tentunya aman adalah dengan menggunakan tabungan pribadi yang kamu miliki. Walau memang pastinya membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan dana hingga akhirnya dapat digunakan.

Namun, setidaknya kamu tidak perlu merasa khawatir mengenai tenggat waktu pengembalian dan lain sebagainya. Sebab, semua dana yang digunakan berasal dari diri sendiri. Lagipula ketika memakai uang pribadi, kamu bisa lebih leluasa dalam menentukan penggunaannya.

Lalu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan keseluruhan dana. Ini bertujuan supaya kamu bisa bertahan hidup setidaknya 1 tahun, karena bagaimanapun juga membangun sebuah usaha hingga bisa stabil bukanlah hal mudah.

  • Menjual atau Menggadaikan Aset

Apabila kamu tidak sabar untuk membangun sebuah usaha milik pribadi agar tidak keduluan oleh orang lain. Maka apabila kamu memiliki aset pribadi, misalnya perhiasan, kendaraan atau barang berharga lainnya, kamu dapat menjual atau menggadaikannya demi mendapatkan modal. Hasil penjualan atau menggadaikan aset tersebut bisa kamu gabungkan dengan uang tabungan.

  • Kredit Bank

Langkah selanjutnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah melakukan pinjaman ke lembaga perbankan. Kamu bisa melakukan survey terlebih dulu dengan mendatangi bank-bank pilihan dan menanyakan cara untuk mengajukan serta mencari tahu jenis pinjaman seperti apa yang cocok dengan kemampuan finansial.

Jika sudah menemukan pinjaman yang diinginkan, selanjutnya kamu harus menghitung-hitung lagi mengenai dana pembayaran untuk bulanannya. Perhitungkanlah secara matang, jangan sampai hasil dari keuntungan bisnis habis untuk membayar tagihan bank.

  • Berasal dari Konsumen

Untuk cara yang satu ini biasanya bisa didapatkan ketika kamu menjalankan bisnis di bidang jasa, karena memang konsumen akan memberikan separuh pembayaran terlebih dulu. Sehingga kamu dapat menjalankan pesanan dari pelanggan dan memperoleh bayaran sisanya setelah selesai. 

Tetapi, sebagai pemilik bisnis kamu berhak menentukan berapa persen yang harus dibayarkan oleh konsumen. Namun, jangan sampai memberatkan konsumen juga, usahakan untuk tetap fleksibel agar sama-sama nyaman.

  • Rekan Bisnis

Langkah berikutnya adalah dengan bekerja sama dengan orang lain. Carilah teman yang memang mempunyai visi serta misi yang sama denganmu, kemudian ajaklah untuk berpartner. Hal ini tentunya akan lebih meringankan dirimu dan calon partner, sebab yang tadinya harus mengeluarkan 100% kini ditanggung berdua.

Tetapi pastinya kamu harus membahas terlebih dahulu semua rencana bisnis tersebut secara terperinci, bagaimana strategi, target hingga pembagian keuntungan. Kelebihan memiliki partner bisnis seperti ini tentunya kamu bisa mempunyai teman berdiskusi ketika ada masalah/ kendala saat usaha tersebut berjalan.

  • Meminjam dari Sanak Saudara

Langkah yang ini juga bisa kamu pilih untuk mendapatkan modal usaha, yakni meminjam dari saudara atau orang terdekat. Tetapi kamu juga harus bisa menjelaskan secara detail kepada mereka agar tertarik dan akhirnya mau meminjamkan modal kepadamu. 

Bila perlu buatlah sebuah proposal, untuk gambaran seberapa lama hingga akhirnya kamu bisa mengembalikan keseluruhan modal. Tekanannya hanyalah kamu harus bisa tetap mempertahankan kepercayaan dari mereka.

Jangan sampai merusak hubungan baik dengan saudara atau sahabat yang sudah membantu. Karena biasanya orang akan menyepelekan pinjaman yang diperoleh dari sanak saudara ataupun kerabat dekat.

  • Mencari Investor

Langkah terakhir yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan mencari investor. Dengan cara ini tentunya akan membantu untuk mengambangkan bisnis kamu, sebab biasanya mereka mampu menyuntikkan modal yang besar. Selain itu, cari ini dapat menjadi sebuah opsi bagimu yang masih baru dalam dunia bisnis dan belum memiliki penghasilan untuk perputaran usaha.

Nah, itulah tadi beberapa cara mudah bagi kamu untuk bisa mendapatkan dana guna modal awal menjalankan usaha. Pilih salah satu yang menurutmu paling mudah untuk didapatkan dan tidak membebanimu dalam pengembaliannya. 

Jangan lupa juga untuk bijak dalam penggunaan dana, karena mau sesedikit atau sebanyak apapun modalnya, bila kamu tidak pintar dalam mengelola keuangan bisa-bisa malah gagal dan berakhir rugi, jika sudah begini bagaimana bisa mengembalikan dana awal? Apalagi jika itu modal pinjaman.

Related Posts