Home Tabungan Langkah menabung di bank

Langkah menabung di bank

by Lara Nifa

Menabung dalah sebuah langkah baik yang perlu dipupuk sejak kecil. Kebiasaan untuk hidup hemat dan menyisihkan uang lalu disimpan untuk masa depan adalah salah satu bentuk perencanaan keuangan yang cukup baik. Dengan demikian kita bisa merencanakan keuangan di masa depan dengan lebih baik. 

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka menabung. Mulai dengan menabung secara konvensional dengan media celengan, hingga menabung di bank dan bahkan ada yang mengkolaborasikannya dengan investasi untuk bisa menambah jumlah keuntungan daripada hanya sekedar menjadi uang tabungan. 

Masih banyak orang yang merasa takut dan tidak bisa percaya untuk menabung di bank. Padahal banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat apabila kita menabung di bank dibandingkan dengan menabung secara konvensional menggunakan celengan. Selain lebih aman, kita juga akan mendapatkan bunga dari saldo tabungan yang kita miliki. Selain itu banyak sekali promo dan juga undian yang menjadi program dari bank yang bisa kita ikuti dan dapatkan. Banyak juga yang takut menabung di bank karena merasa kebingngan apa saja yang harus dilakukan untuk mulai menabung di bank. Nah untuk itu, mari kita simak langkah menabung di bank berikut ini.

Langkah menabung di bank

  • Menentukan bank yang diinginkan

Sebelum memulai menabung, kita harus menentukan dulu pada bank manakah kita akan mempercayakan uang simpanan yang akan kita tabungkan. Banyak sekali penawaran menarik yang dilakukan oleh pihak bank untuk menarik nasabah baru untuk menabung. Pelajari semua penawaran dan carilah bank yang paling sesuai dengan semua pertimbangan mulai dari kemudahan akses, besarnya administrasi hingga promo-promo lain yang mungkin bisa jadi pertimbangan.

  • Membuka rekening tabungan di bank

Untuk memulai menabung di bank, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan pembukaan rekening pada bank yang sudah kita pilih. Kita bisa mendatangi cabang dari bank tersebut ataupun melakukan pembukaan rekening secara online apabila bank tersebut menyediakan layanan pembukaan rekening secara online. Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan ketika kita akan melakukan pembukaan rekening. Hal-hal tersebut adalah persyaratan pembukaan rekening yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Identitas diri

Syarat pertama yang diminta oleh pihak bank sebagai syarat administrasi pembukaan rekening adalah identitas diri berupa copy dari e-ktp ataupun kartu keluarga untuk penduduk Indonesia dan paspor serta kitas untuk warga asing. Selain itu biasanya kita diminta untuk melampirkan NPWP apabila kita memilikinya. 

  • Uang setoran awal

Hal berikutnya yang harus kita persiapkan untuk membuka rekening tabungan adalah uang setoran awal. Uang setoran awal yang harus dipersiapkan besaran jumlahnya bisa berbeda pada setiap produk tabungan di setiap bank mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 1.000.000,-sesuai kebijakan masing-masing bank. 

  • Mengisi formulir pembukaan rekening yang disediakan

Untuk membuka rekening tabungan, kita akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening sebagai syarat administrasi. Isilah formulir tersebut dengan benar dan sesuai untuk mempermudah proses verifikasi.

Setelah menyelesaikan semua proses administrasi, kita akan memperoleh buku tabungan yang sudah terisi dengan dana dari uang setoran awal beserta kartu atm yang sudah aktif dan bisa kita pergunakan. Sebelum meninggalkan bank kita iusa meminta bantuan untuk emngaktifkan fungsi mobile banking dan internet banking apabila memang diperlukan. Dengan memiliki rekening tabungan, kita sudah bisa memulai menabung di bank.

  • Menabung melalui teller

Setelah mempunyai buku rekening, kita bisa mulai menabung di bank dengan cara pertama yaitu menabung melalui teller. Untuk menabung melalui teller kita bisa datang ke cabang dari bank tempat kita melakukan pembukaan rekening dengan membawa uang setoran tabungan. Di bank kita akan diarahkan untuk mengisi slip setoran lalu mengantri untuk melakukan penyetoran uang tabungan di teller bank. Untuk melakukan penyetoran tabungan di bank kita harus sedikit lebih bersabar karena biasanya kita harus mengantri dengan nasabah lain yang akan melakukan penyetoran ataupun pengambilan dana. 

  • Menabung melalui atm setor tunai

Cara berikutnya yang jauh lebih mudah adalah dengan melakukan penyetoran dana melalui atm setor tunai. Untuk pilihan penyetoran dana ini kita hanya perlu datang ke atm setor tunai yang disediakan oleh pihak bank dan menyetorkan uang tabungan yang sudah kita persiapkan. Antrian dari nasabah di atm setor tunai jauh lebih sedikit dibandingkan antrian dari teller bank. Untuk melakukan setor tunai, pastikan uang yang akan kita setorkan berupa pecahan Rp. 50.000 ataupun Rp. 100.000 dalam kedaan yang baik karena atm setor tunai hanya menerima dua pecahan tersebut dan harus dalam keadaan yang baik tanpa terlipat ataupun sobek. Atm setoran juga akan menolak uang yang sudah tidak terbaca keasliannya. Apabila uang yang kita masukkan tidak sesuai, maka system akan menolaknya dan uang akan dikeluarkan kembali sejumlah yang tidak diterima. 

Related Posts