Home Bisnis dan Usaha Langkah Memulai Usaha Kecil dengan Merk Baru

Langkah Memulai Usaha Kecil dengan Merk Baru

by Lara Nifa

Bidang Usaha atau bisnis saat ini terbuka hampir bagi seluruh kalangan tanpa terkecuali. Keleluasaan dan banyaknya peluang sangat terbuka untuk semua orang melakukan aktivitas usaha. Hial dari usaha dapat menjadi sumber penghasilan utama atau juga bisa digunakan sebagai sumber penghasilan tambahan. Kunci dalam memulai sebuah usaha adalah mau dan berani memulai.

Langkah Memulai Usaha Dengan Brand Baru

Penentuan Brand atau merk untuk suatu usaha adalah elemen yang penting dan perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan dapat mempermudah proses pemasaran atau promosi bagi perusahaan. Bagi kamu yang mau memulai usaha dengan brand atau merek sendiri, berikut hal yang perlu diperhatikan

  • Buat nama usaha yang mudah diingat

Melalui nama yang mudah diingat, secara otomatis membantu masyarakat akan mudah sehingga, dalam praktiknya penentuan sebuah nama usaha perlu diperhatikan baik-baik.

Bukan hanya sekedar nama kosong, melainkan nama tersebut perlu mengandung makna atau arti yang sesuai dengan jenis usaha, latar belakang, dan/atau tujuan dari perusahaan yang kamu idang.  Tuangkan ide kreatifmu dalam menentukan nama usaha yang unik, mudah dihafal, dan menarik.

  • Desain logo yang menarik

Suatu usaha akan mudah dikenal oleh masyarakat bukan hanya karena nama, peran logo yang dimiliki pun turut menjadi elemen penentu nama dan produk usaha kamu dikenal oleh masyarakat loh! Karena, logo ini berfungsi sebagai gambar yang mewakili produk usaha yang akan kamu jual. Dengan adanya logo ini, seseorang akan mengenal nama atau merk apa yang sedang mereka gunakan.

Untuk itu, desainlah logo usaha milik pribadimu dengan menarik, elegan, dan unik. Perhatikan detail-detailnya gunakan simbol dan tulisan yang mewakili jenis usahamu.

  • Tentukan target pasar

Dalam memulai usaha kamu perlu detail dalam mengklasifikasi target pasar yang menjadi sasaran kamu. Karena, posisi target pasar dalam sebuah usaha adalah aspek vital, yang artinya menjadi objek sasaran produk usaha mu akan dijual. Saat target pasar telah kamu tentukan, kamu dapat dengan mudah mengelola dan mengatur strategi dalam pemasaran. Setelah menentukan target pasar dan strategi pemasaran yang tepat akan memudahkan mu melihat geliat antusias pasar dalam menerima kehadiran dari produk usaha kamu. 

  • Tentukan keunikan dan karakter usaha

Sebuah usaha akan mudah dikenali oleh pasar karena memiliki karakter, keunikan, dan diferensiasi (pembeda) dengan kompetitor bisnis atau usaha lainnya. Selidiki dan tentukan hal apa yang dapat menjadi pembeda antara usaha kamu dengan komentar mu agar usaha kamu lebih berkembang dan dikenal oleh masyarakat secara lebih luas. Keunikan dan karakter ini dapat kamu tuangkan dalam berbagai elemen dalam bidang usaha yang kamu geluti. Contohnya, kamu tuangkan dalam logo, resep, tagline, warna, mascot yang digunakan, konsentrasi usaha, proses pembuatan, teknologi yang dipakai, dan lain sebagainya.

  • Buat label produk

Label merupakan salah satu bagian penting dari sebuah produk usaha. Biasanya kabel ini terdiri dari keterangan yang menggambarkan segala bentuk informasi mengenai produk usaha kamu. Kehadiran label dalam produk usaha yang baru kamu rintis memudahkan masyarakat lebih mengenal merk usaha kamu. Label ini sekaligus berfungsi sebagai media promosi, identitas produk sekaligus juga perusahaan yang kamu miliki.

  • Promosi media sosial

Zaman semakin canggih, bentangan dunia nyata terangkum singkat seakan tak berbatas dengan hadirnya dunia maya. Sosial media menjadi jembatan penghubung jutaan manusia dengan manusia lainnya serta konten atau muatan yang dibawakannya, oleh karena itu di era serba digital ini, media sosial yang dijadikan sebagai alat penunjang aktivitas promosi produk usaha kamu membantu mempermudah usaha dan merk usaha kamu dikenal oleh masyarakat luas. Dengan syarat, muatan konten yang dibawakan, konsistensi dalam pengelolaan media sosial ini perlu diperhatikan. Hal tersebut berkaitan dengan upaya membangun brand image yang baik.

  • Pasang iklan dan Rajin Ikut Pameran

Iklan yang disebarkan melalui berbagai media cetak maupun elektronik perlu dipikirkan oleh kamu dalam memulai usaha kecil dengan merk baru. Iklan menjadi media yang cukup efektif dalam kegiatan promosi untuk dapat menarik perhatian dan daya beli pasar dengan cakupan yang cukup luas. Kamu tinggal memilih media apa yang cocok dan sesuai untuk pemasangan iklan produk usaha kamu nantinya.

Selain iklan ini, Event atau acara pun membuka peluang bagi kamu untuk dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan merek atau produk usaha milikmu.

Kesempatan emas bagi kamu yang mau memulai usaha kecil dengan merk baru ini, saat ini event seperti pameran yang marak diselenggarakan oleh pemerintah atau pihak swasta lainnya loh! Pandailah memfilter dan memanfaatkan penyelenggara event-event tersebut sebagai promosi usahamu!

Nah, itulah beberapa Langkah dalam memulai usaha kecil dengan merk baru ini lebih cepat dikenal.  

Related Posts