Home Bisnis dan Usaha Langkah Memulai Usaha Event Organizer

Langkah Memulai Usaha Event Organizer

by Lara Nifa

Usaha event organizer atau kerap disebut EO, belakangan ini semakin menjanjikan karena semakin banyak orang dan juga organisasi yang memilih untuk menyewa jasa EO untuk berbagai keperluan event. Lebih mudah serta praktis karena menggunakan jasa EO memudahkan bagi para pemilik acara untuk lebih fokus kepada hal lain.

Karena praktisnya inilah yang menjadikan EO selalu dicari oleh orang-orang yang akan menggelar acara, baik itu acara ulang tahun, pernikahan atau perusahaan besar yang memang persiapannya harus sempurna. Bisnis ini mempunyai peluang keberhasilan yang menjanjikan.

Langkah Sukses Bisnis Event Organizer

Tentunya semakin banyak yang menyewa jasa dari EO, keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar. Tidak hanya itu, peluang untuk menjadi berkembang dan dikenal oleh banyak orang pastinya sudah didepan mata. Jika kamu memang memiliki minat pada bisnis EO ini, berikut adalah tipsnya :

  • Mempunyai pengalaman

Umumnya ketika kamu memilih untuk membuka sebuah bisnis yang berkaitan dengan jasa, apapun itu hal utama yang perlu dimiliki adalah pengalaman. Termasuk saat akan membuka EO, setidaknya kamu sudah pernah terjun secara langsung pada bidang event organizer. 

Misalnya, bahwa sebelum memutuskan memiliki EO, kamu merupakan pegawai di salah satu EO besar. Sehingga ketika akan mendirikan usaha sendiri, kamu sudah mengetahui bagaimana cara kerjanya, apa yang harus dilakukan, apa kebutuhan dan perlengkapan yang perlu dimiliki dan lain sebagainya.

Selain kamu mempunyai pengalaman pada bidang EO, akan jauh lebih baik lagi bila kamu juga mempersenjatai diri dengan pengetahuan berbisnis.Karena jika tidak dan bahkan minim pengalaman, bisnis EO kamu akan mengalami banyak masalah.

  • Pilihlah orang-orang yang bisa bekerja dalam tim dan solid

Selanjutnya adalah kamu harus mempunyai orang-orang atau tim yang memang bisa bekerja sama denganmu, karena bagaimanapun saat memutuskan memiliki sebuah EO mau tidak mau kamu akan bertemu dengan banyak orang yang mempunyai karakter berbeda.

Karenanya keberadaan tim yang solid dan mempunyai keahlian terbaik akan sangat membantu. Sebab, bisnis EO memang sebuah aktivitas yang membutuhkan kerjasama tim dan tidak dapat dikerjakan seorang diri.

Mungkin kamu bisa mencari tim yang dimulai dari orang terdekat, namun pastikan bila mereka juga sudah mengerti cara kerja sebuah EO. Ini bertujuan agar saat kamu menangani satu acara, orang-orang ada dalam tim sudah mengetahui apa yang harus mereka kerjakan tanpa perlu dikomando berlebihan.

  • Perbanyak jaringan atau relasi agar mudah mendapatkan pelanggan

Dalam berbisnis, apapun itu. Mempunyai jaringan atau relasi sangatlah penting, tanpa adanya hubungan baik tentu usaha yang kamu miliki tidak akan dapat berjalan dengan baik. Karenanya, kamu harus bisa membangun relasi dengan baik.

Selain itu, selalu berusaha menjaga hubungan tersebut dengan baik tentunya bisa mendatangkan pelanggan. Sebab, para relasimu inilah yang akan merekomendasikan EO milik kamu. Selalu berikan mereka pelayanan terbaik agar tidak kecewa dan memutuskan beralih ke yang lain.

  • Persiapkan modal

Modal adalah hal utama selain pengalaman yang perlu dipersiapkan ketika kamu akan memulai bisnis, begitu pula saat mendirikan event organizer. Sejujurnya untuk modal sebuah EO memang cukup besar, apalagi mereka yang menyewa jasa EO biasanya akan membayar secara bertahap atau 50 : 50 dimana separuhnya akan dilunasi setelah acara selesai.

Karena itulah kamu harus mempunyai modal yang cukup guna menutupi kebutuhan pada acara yang ditangani. Kamu bisa melakukan pengajuan pinjaman kepada lembaga keuangan legal apabila memang tidak mempunyai kecukupan modal atau mencari investor yang mau memodali acara tersebut.

  • Selalu kreatif dan inovatif

Selalu mempunyai ide kreatif serta inovatif jugalah syarat mutlak apabila kamu memutuskan mendirikan bisnis EO. Selalu perhatikan trend yang sedang berkembang, ini bertujuan supaya kamu memiliki banyak bahan atau konsep agar konsumen tidak bosan.

Karenanya, kamu atau tim yang ada haruslah orang-orang dengan daya imajinasi tinggi. Apalagi bila event yang ditangani adalah pesta ulang tahun atau pernikahan. Dimana trend dekorasi selalu berubah mengikuti zaman.

  • Harus cepat tanggap dan mau belajar

Saat kamu menjalankan sebuah usaha, kendala atau masalah yang tiba-tiba muncul akan menjadi makanan sehari-hari. Karena itu dibutuhkan kesabaran dan daya tanggap yang cepat agar masalah yang sedang terjadi dapat segera diatasi.

Apalagi dalam sebuah event organizer, kamu akan bekerja sama dengan banyak orang. Tentunya akan ada banyak pemikiran yang tertuang dan terkadang tidak sesuai keinginan. Disinilah mentalmu di uji, bisakah kamu melewatinya atau malah memilih menyerah.

Nah, demikianlah langkah sukses bagi kamu yang ingin memulai melakukan bisnis EO atau event organizer. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan, karena bisnis ini merupakan usaha dengan banyak orang terlibat. Pastikan kamu sudah siap dengan segala resiko yang bisa terjadi.

Related Posts