Langkah Lapor Pajak Secara Online Pakai E-Filling

Warga negara yang baik tentunya tidak lupa membuat laporan pajak dengan membuat laporan surat pemberitahuan pajak tahunan. Apakah kamu sudah membuat laporan pajak? Atau masih bingung bagaimana caranya? Tenang saja, kamu harus tahu bahwa lapor pajak sudah bisa dilakukan dengan cara online.

Dengan begitu kamu tidak akan kerepotan, karena lapor pajak dilakukan dengan cara online, tidak usah repot kemana-mana. Cara lapor pajak secara online adalah dengan menggunakan E-Filing, apakah kamu sudah tahu caranya? Jika belum dan kamu penasaran, maka sebaiknya kamu baca tulisan ini, karena akan membantumu memahami bagaimana cara lapor pajak pakai E-Filing.

Apa yang Dimaksud Lapor Pajak?

Sebelum membahas langkah-langkah atau cara lapor pajak pakai E-Filing, akan dijelaskan terlebih dahulu beberapa hal tentang lapor pajak itu sendiri, tujuannya adalah membantu kamu yang belum paham, karena mungkin sebagian pembaca ada yang baru saja hendak membayar pajak untuk pertama kalinya.

Dengan penjelasan ini, maka pembayar pajak pemula dapat memahami dengan benar apa yang dimaksud dengan lapor pajak, kenapa harus lapor pajak, dan lain sebagainya, tentunya agar dapat menjadi warga negara yang baik dan disiplin melakukan lapor pajak dan membayar pajak wajib.

  • Pengertian lapor pajak

Lapor pajak adalah tindakan melaporkan perhitungan dan pembayaran pajak perseorangan, tujuannya adalah agar kegiatan perpajakan dapat terdata dengan baik, selain itu juga agar kamu bisa menjadi warga negara yang baik. Kegiatan lapor pajak ini tentunya merupakan sikap yang bagus bagi warga negara yang baik.

Lapor pajak dilakukan dengan membuat surat pemberitahuan pajak tahunan atau SPT, yang dilaporkan olehmu setiap tahun sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Setelah kamu paham pengertian lapor pajak, bagi kamu yang sudah punya penghasilan dan NPWP sebaiknya segera buat SPT.

  • Siapa yang wajib lapor pajak?

Selanjutnya mungkin kamu bertanya siapa sebenarnya yang wajib bayar pajak dan lapor pajak? Orang yang wajib lapor pajak adalah orang yang sudah terkena wajib pajak atau WP, tentunya yang sudah memiliki penghasilan dan juga sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. Selain perorangan, badan usaha atau perusahaan dan lain sebagainya juga harus bayar pajak.

Setiap orang yang sudah wajib pajak, maka harus melakukan lapor pajak dengan SPT, laporan itu juga harus dilakukan tepat waktu sesuai aturan. Mengapa? Tentunya agar kamu tidak kena denda, karena yang telat lapor pajak akan terkena denda oleh pemerintah, lantaran sudah menjadi warga negara yang tidak baik.

Setelah memahami dua penjelasan diatas seputar lapor pajak, maka selanjutnya kita akan membahas langkah-langkah untuk lapor pajak dengan mudah melalui E-Filing. Apakah kamu ingin tahu? Tentunya warga negara yang baik harus tahu, maka dari itu simak penjelasan selanjutnya.

Cara Lapor Pajak Pakai E-Filing

Perkembangan teknologi digital telah memudahkan manusia dalam berbagai urusan, termasuk juga dalam persoalan lapor pajak. Kini lapor pajak dapat dilakukan secara online, yaitu pakai E-Filing, bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk lapor pajak pakai E-Filing.

  • Kunjungi situs DJP online untuk dapat layanan E-Filing

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi DJP online, situsnya ialah djp online.pajak.go.id, silahkan kunjungi situs tersebut. Setelah itu tinggal tuliskan NPWP dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya, kemudian isi kode captcha yang muncul di layar kamu.

Pastikan koneksi internet kamu kuat, dan jangan sampai salah dalam mengisi kode keamanan captcha, tentunya agar kamu tidak kesulitan masuk ke situs tersebut. Setelah berhasil masuk, maka langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Lapor”, kemudian silahkan klik layanan “E-Filing”.

  • Isi tahun pajak dan bagian pajak penghasilan

Langkah selanjutnya setelah masuk ke layanan E-Filing adalah megisi bagian tahun pajak, selain itu juga jangan lupa isi status surat lapor pajak atau SPT dan status pembenaran, isi di bagian A. Misalnya kamu adalah pegawai negeri, maka masukan data yang disediakan sesuai formulir yang diberikan oleh bendahara.

Selanjutnya setelah mengisi tahun pajak, maka kamu harus mengisi bagian pajak penghasilan, yaitu bagian B. tuliskan rincian pajak penghasilan pada bagian tersebut, setelah selesai mengisi maka kamu bisa lanjutkan mengisi daftar harta dan kewajiban yang kamu miliki.

  • Langkah terakhir

Selanjutnya adalah langkah terakhir, yaitu kamu harus klik opsi “setuju” hingga timbul gambar berhasil, dan akan muncul simbol centang. Dengan begitu ringkasan dan kode verifikasi SPT sudah dikirim. Selanjutnya kamu akan menerima email bukti penerimaan elektronik lapor pajak.

Itulah beberapa penjelasan seputar lapor pajak, terutama penjelasan tentang langkah-langkah lapor pajak secara online melalui E-Filing. Pastikan kamu membaca dengan baik agar kamu benar-benar memahami apa yang sudah dijelaskan diatas.


Posted

in

by