Langkah-Langkah Setor Tunai BNI di ATM dan Minimal Setorannya

Dalam dunia perbankan, setor tunai adalah salah satu layanan yang paling umum. Bila dulu nasabah harus ke bank untuk melakukan setor tunai, sekarang Anda bisa

Lara Nifa

[addtoany]

Langkah-Langkah Setor Tunai BNI di ATM dan Minimal Setorannya

Dalam dunia perbankan, setor tunai adalah salah satu layanan yang paling umum. Bila dulu nasabah harus ke bank untuk melakukan setor tunai, sekarang Anda bisa menggunakan ATM untuk setor tunai. Adanya kemajuan ini, maka nasabah sudah tidak perlu lagi untuk mengantri di bank. Hampir seluruh bank sudah menyediakan setor tunai ATM, termasuk BNI. 

Setor tunai melalui ATM ini sendiri sama seperti jenis mesin tarik tunai biasa. Tapi, ada bagian di mesin yang berbeda, yaitu ada tempat untuk menaruh uang. Kelebihan dari setor tunai BNI di ATM ini adalah nasabah tidak perlu lagi bingung mencari waktu, karena ATM akan dibuka selama 24 jam. 

Lalu bagaimana cara setor tunai BNI di ATM serta berapa minimal setoran yang ditetapkan? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Cara Setor Tunai BNI Melalui ATM 

Bagi Anda yang memang tidak ingin mengantri di bank, adanya layanan ini tentu saja sangat memudahkan. Berikut ini adalah tata cara setor tunai BNI melalui ATM: 

  • Pilih ATM yang sudah menyediakan layanan ini. 
  • Persiapkan uang yang ingin disetorkan, 
  • Perlu Anda perhatikan kondisi uang yang disetorkan. Jangan sampai ada yang terlipat dan masukan dengan posisi yang rapi dan gambar yang sama. 
  • Kemudian masukan kartu ke dalam mesin ATM lalu input pin ATM. 
  • Bila sudah pilihlah Setoran Tunai dan tekan Lanjutkan. 
  • Kemudian akan pilihlah Rekening Tabungan. 
  • Selanjutkan akan muncul nilai pecahan yang dimasukan yaitu 50 ribu dan 100 ribu, Anda bisa memilih salah satu misal 100 ribu. Kemudian tekan lanjutkan. 
  • Secara otomatis box yang ada di bagian depan tombol angka akan terbuka. Anda hanya tinggal masukan saja uang ke dalam box tersebut. 
  • Tunggulah beberapa saat, di mana mesin akan menghitung jumlah uang yang disetorkan. 
  • Bila sudah sesuai, tekan tombol Setor. 
  • Jika transaksi telah berhasil, tunggulah beberapa saat hingga kertas struk keluar.

Bila pada saat proses perhitungan jumlah berbeda dengan yang Anda masukan, secara otomatis box akan terbuka dan mengembalikan uang Anda. Biasanya hal ini terjadi karena uang terlipat atau rusak. 

Limit Setor Tunai BNI Melalui ATM 

Adapun limit yang ditetapkan oleh BNI bagi nasabah yang ingin melakukan setor tunai melalui ATM ini. Berikut ini adalah limitnya: 

  • Minimal uang disetorkan melalui ATM adalah 50 ribu rupiah. 
  • Maksimal uang yang disetorkan melalui ATM adalah 99 lembar dengan nominal total 50 juta rupiah. 

Tips Aman Setor Tunai di ATM 

Meski sangat praktis, tapi setor tunai di ATM pun cukup berbahaya jika Anda tidak berhati-hati. Apalagi Anda akan menyetorkan uang dalam jumlah besar, tentu saja harus tetap waspada. Tapi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin melakukan setor tunai BNI di ATM. Berikut ini adalah tipsnya: 

  • Pilih lokasi ATM yang ramai 

Baiknya, Anda memilih lokasi ATM setor tunai yang ramai. Hal ini sendiri akan memberikan pengamanan lebih jika Anda ingin melakukan setor tunai. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan pun Anda bisa langsung meminta tolong. Paling aman Anda melakukan setor tunai di ATM yang berada di bank. Karena di bank ada penjaga yang akan membantu mengamankan situasi. 

  • Jangan sampai PIN diketahui 

PIN kartu ATM adalah pengaman yang diterapkan oleh bank. Jadi, sudah jelas jangan sampai PIN ATM diketahui oleh siapapun, bahkan keluarga sendiri. Bila Anda ingin input PIN, maka baiknya ditutup dengan tangan. Hal ini untuk mencegah orang lain mengintip saat Anda memasukan nomor PIN. 

  • Pastikan mengambil kembali kartu ATM

Ketika Anda sudah selesai bertransaksi dengan kartu ATM, pastikan bahwa Anda sudah mencabut kartu ATM. Banyak sekali orang yang kehilangan uang dari rekening karena lupa mencabut ATM setelah bertransaksi. 

  • Ganti PIN berkala 

Tips selanjutnya agar Anda dapat dengan aman melakukan setor tunai dengan ATM, lebih baik mengganti nomor PIN secara berkala. Walau Anda sudah berusaha menutupi nomor PIN ketika menekan tombol, tapi bukan berarti sudah aman. Agar keamanan terus meningkat, maka mengganti PIN ATM secara berkala sangatlah disarankan. 

  • Ditemani saat setor tunai di ATM 

Tidak ada salahnya Anda mengajak teman atau saudara saat melakukan setor tunai di ATM BNI. Apalagi ketika Anda setor tunai dalam jumlah yang besar. Setidaknya ada yang menemani dan bisa mengawasi sekitar ketika sedang setor tunai. Tapi, pastikan bahwa Anda tidak membuat antrian di ATM terlalu panjang, ya. Jika memang uang yang ingin disetorkan sangat banyak, lebih baik ke teller bank agar proses lebih cepat. 

Demikianlah penjelasan tentang langkah-langkah setor tunai ATM BNI beserta dengan limitnya. Adanya pembaharuan pada mesin ATM ini memang telah memberikan manfaat bagi nasabah BNI. 

Related Post