Home Bisnis dan Usaha Langkah Aman Buka Usaha Bersama Pasangan

Langkah Aman Buka Usaha Bersama Pasangan

by Lara Nifa

Mempunyai usaha yang dilakukan bersama dengan pasangan sudah impian banyak orang. Dimana hal pastinya akan romantis. Namun, kamu juga harus bisa menjalankannya secara profesional, bukan lantas seenaknya saja. Karena bagaimanapun ketika memiliki bisnis, profesionalitas merupakan hal yang utama, kemudian saling percaya juga penting.

Kamu tidak perlu khawatir jika usaha yang dijalankan bersama pasangan nantinya tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan apabila memang ingin mempunyai bisnis berdua dengan kekasih atau suami.

Langkah aman membuka usaha bersama dengan pasangan

Ketika sebuah hubungan merenggang tentunya salah satu diantara kalian harus mulai introspeksi diri. Karena renggangnya hubungan tidak akan terjadi bila tidak ada masalah yang menjadi pemicunya, tentunya saat kamu dan pasangan mempunyai usaha bersama. Kamu tidak mau hal-hal kecil mengganggu jalannya bisnis serta kedekatan kalian.

Berikut dibawah ini adalah tips agar kamu dan pasangan bisa sukses baik dalam hubungan asmara serta usaha, yaitu :

  • Pastikan bila mempunyai visi dan misi yang sama

Tips pertama adalah kamu dan pasangan harus menyamakan visi dan misi kalian berdua, karena ini akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Lalu, apa saja yang disamakan? 

  1. Motivasi kalian berdua dalam merintis usaha itu apa? Bicarakanlah berdua dan ambil jalan tengah apabila ada perbedaan.
  2. Kalian berdua harus menentukan target. Misalnya dalam 3 atau 5 tahun lagi, apa yang harus dilakukan selanjutnya?
  3. Adakah kemungkinan mencari investor atau menjadikan bisnis tersebut sebagai waralaba/ cukup hanya kalian saja yang punya.

Jika sudah, tentu saja selanjutnya adalah berkomitmen tinggi agar usaha tersebut bisa tetap berdiri dan memberikan keuntungan bagimu dan pasangan. Jangan pernah lupa akan visi dan misi yang sudah kalian terapkan.

  • Membuat surat perjanjian

Setelah mengetahui apa visi dan misi, serta berkomitmen. Selanjutnya tidak masalah apabila kamu dan pasangan membuat surat perjanjian, karena dengan adanya perjanjian maka dapat membimbing kalian atau sebagai penyelesaian saat ada selisih pendapat. Buatlah beberapa kesepakatan, seperti pembagian hasil.

  • Saling memahami satu sama lain

Terbuka dan memahami pasangan, merupakan hal utama yang harus ada ketika kamu memutuskan untuk membangun sebuah hubungan dengan lawan jenis. Terlebih saat kamu dan pasanganmu, telah mempunyai rencana untuk membuat bisnis bersama, tentunya ada banyak hal yang perlu dibicarakan supaya saat bisnis sudah berjalan tidak ada kesalahpahaman.

Bahkan jika perlu kalian berdua bisa melakukan evaluasi setiap hari dengan tujuan agar bisa lebih mengenal karakter satu sama lain dan apa yang ingin dicapai. Karena, ketika kalian hanya sepasang kekasih tentu akan menutupi keburukan masing-masing, namun tentunya berbeda ketika berada pada satu tempat kerja yang sama.

Karena alasan inilah mengapa kamu dan pasangan harus bisa saling terbuka, supaya dapat saling mengenal dan melengkapi kekurangan masing-masing sehingga muncul harmonisasi diantara kamu dan juga pasangan, sebab keselarasan dalam bekerja sama juga sangatlah penting.

  • Tentukan jobs desk dan komunikasi

Selayaknya bekerja di kantoran atau kerja lainnya, job desk merupakan hal penting yang harus kalian buat. Kalian perlu menentukan apa yang menjadi tanggung jawab siapa, supaya nantinya bisnis tetap bisa berjalan sebagaimana seharusnya.

Baru ketika kamu atau pasangan merasa tidak mampu, maka bisa meminta tolong. Tapi bukan berarti lepas tanggung jawab. Misalnya kamu memiliki keunggulan dalam hal marketing dan pasangan pada urusan keuangan.

  • Masalah keuangan harus transparan

Uang selalu menjadi hal sensitif bagi siapapun, termasuk di dunia bisnis. Karena itu kalian berdua haruslah membicarakannya secara transparan dan terperinci. Sebab bagaimanapun, usaha tersebut adalah milik kalian berdua, jadi jangan pernah menyepelekan masalah keuangan atau menghindarinya.

Apabila kamu atau pasangan tidak mengerti cara pengaturan keuangan untuk bisnis, ada baiknya meminta bantuan ke orang yang lebih ahli dan pastikan bila semua ditulis secara terperinci, modal, pemasukan, pengeluaran dan lain sebagainya. Selain itu, jangan pernah mencampur uangmu atau pasangan dengan uang usaha.

Setidaknya kalian berdua harus mempunyai rekening masing-masing dan membuka satu rekening khusus atas nama usaha. Karena rekening bisnis inilah yang nantinya kamu gunakan untuk bertransaksi dengan para konsumen atau klien.

  • Jangan libatkan masalah pribadi dengan pekerjaan

Ketika kalian berdua sedang memiliki masalah pribadi atau berselisih paham, namun bukan berhubungan dengan bisnis. Sebaiknya tidak dibawa kedalam area usaha, karena ini bisa mempengaruhi atmosfer orang yang bekerja dengan kalian.

Kemudian, ingatlah kembali bila karena bisnis ini merupakan komitmen kalian untuk dapat mempunyai masa depan lebih baik, jadi ketika pertengkaran membuat kamu atau pasangan memutuskan untuk berpisah. Pikirkan kembali, usaha yang sudah dirintis bersama dari nol tersebut.

Terakhir adalah tetaplah bersikap profesional, walaupun kamu menjalankan usaha tersebut bersama dengan pasangan. Bukan berarti kamu bisa seenaknya saja, sebagaimana yang sudah disebutkan. Komitmen dan visi-misi haruslah selalu menjadi pengingat bila sedang berada di area bisnis.

Related Posts