Home Tabungan Kode Bank Mandiri Untuk Keperluan Transfer

Kode Bank Mandiri Untuk Keperluan Transfer

by Lara Nifa
kode bank mandiri

Kode Bank Mandiri akan sangat Anda butuhkan ketika ingin melakukan transfer dana dari rekening bank lain ke rekening Bank Mandiri. Walaupun Anda bisa menemukan daftar ini dengan sangat mudah, tapi terkadang mencari kode bank memakan waktu. Maka dari pada itu, penting sekali untuk Anda mengetahui kode bank sebelum melakukan transfer. Lalu berapa kode transfer Bank Mandiri ini? Ikuti ulasannya dalam artikel ini.

Berapa Kode Bank Mandiri Untuk Keperluan Transfer

Kode untuk Bank Mandiri adalah 008, di mana kode ini akan Anda perlukan untuk transfer dana baik dari ATM dan SMS Banking. Kode ini merupakan kode resmi dari Bank Mandiri, sehingga ketika ingin transfer dari bank lain ke rekening Bank Mandiri harus menggunakan kode tersebut.

Pengiriman dari dalam negeri dan luar negeri untuk ke Bank Mandiri sama-sama menggunaan kode ini. apabila Anda salah memasukan kode, maka sudah pasti pengiriman dana akan gagal. Karena kode yang Anda gunakan tidak dikenali, sehingga mesin ATM tidak akan melanjutkan pengiriman dana.

Fungsi dari Kode Bank Untuk Transfer

Kode dari masing-masing bank, tidak hanya Mandiri, mempunyai fungsi yang sangat penting sekali dalam dunia perbankan. Perlu sekali bagi Anda untuk mengetahui apa saja fungsi dari kode ini. Berikut ini adalah fungsi dari kode bank:

  • Identitas resmi dari bank

Fungsi dari kode bank ini adalah untuk menjadi identitas resmi akan bank yang ada di Indonesia. Dalam bidang finansial, kode bank adalah identitas dari bank-bank yang ada. Sehingga pada saat transaksi akan menjadi lebih mudah. Karena adanya kode inilah maka transfer dana antar bank tidak akan gagal.

  • Identifikasi antar bank

Ketika Anda melakukan transfer dana antar bank, maka kode ini sangatlah dibutuhkan. Hal ini tentu saja mempunyai alasan, di mana dengan kode ini akan menjadi identifikasi antar bank. Sistem akan secara otomats akan mengenal kode ini, sehingga transfer pun bisa terkirim dengan benar. Sehingga tidak akan ada kesalahan transfer baik itu saat menggunakan ATM ataupun SMS banking.

  • Dasar membedakan bank

Bank yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan memiliki nama yang berbeda-beda. Nama bank bertujuan untuk menjadi pembeda dalam dunia nyata. Sedangkan pada sistem, kode bank yang digunakan sebagai pembeda. Sehingga sudah pasti kode satu bank dengan yang lainnya tidaklah mungkin sama.

  • Digunakan untuk transfer dana

Fungsi lainnya dari kode bank ini adalah untuk digunakan pada transfer dana. Ketika Anda ingin transfer uang ke Bank Mandiri, tapi bank yang Anda gunakan adalah bukan bank tersebut, maka kode bank inilah yang akan Anda gunakan. Apabila Anda tidak menggunakannya, sudah pasti transfer akan gagal.

Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut, maka sudah jelas bahwa adanya kode bank sangatlah penting. Selain untuk mempermudah dalam transaksi transfer dana dari bank satu ke yang bank lainnya, kode bank juga akan sangat membantu agar tidak terjadi kesalahan pengiriman dana. Tidak hanya itu saja, kode bank sendiri juga bermanfaat agar bisa saling mengenali bank dengan lebih cepat.

Cara Transfer Uang ke Bank Mandiri di ATM

Bagi Anda yang belum begitu paham bagaimana cara transfer ke Bank Mandiri dari ATM bank lain, maka berikut ini adalah urutan acaranya:

  1. Kunjungi ATM terdekat dan pilihlah ATM dari bank yang Anda gunaka atau ATM bersama.
  2. Masukan kartu ATM ke dalam mesin.
  3. Pilih bahasa yang ada pada ATM, bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  4. Kemudian Anda perlu memasukan pin ATM. Anda jangan sampai lupa nomor pin ini, karena jika salah memasukan nomor pin, secara otomatis kartu ATM akan terblokir.
  5. Lalu, pilihlah transaksi lainnya yang ada pada menu di layar ATM.
  6. Jika sudah, pillihlah menu transfer antar bank.
  7. Apabila sudah, maka Anda akan diminta untuk mengisi kode bank. Untuk Bank Mandiri kodenya adalah 008.
  8. Setelah itu, maka masukan nomor rekening Bank Mandiri yang menjadi tujuan transfer.
  9. Kemudian, masukan jumlah nominal transfer yang akan Anda kirimkan.
  10. Jika sudah benar, maka Anda hanya perlu menekan tombol Lanjutkan.
  11. Cek kembali data yang ada dalam layar, seperti nama pemiliki rekening Bank Mandiri serta nominalnya. Jika sudah benar, tekan tombol Ya.
  12. Tunggulah beberapa saat, hingga muncul keterangan transfer telah berhasil.
  13. Ambil kertas yang menjadi bukti transfer dan uang pun sudah berhasil dikirimkan.

Itulah kode Bank Mandiri beserta tentang penjelasan cara transfer dan juga fungsi dari kode bank. Anda yang ingi lebih mudah untuk transfer dana, bisa menggunakan mobile banking atau internet banking. Tapi, kode bank perlu Anda ketahui apabila memang hanya bisa menggunakan ATM.

Related Posts