Home Tabungan Kode Bank Mandiri Syariah Untuk Keperluan Transfer

Kode Bank Mandiri Syariah Untuk Keperluan Transfer

by Lara Nifa
kode Bank Mandiri Syariah

Di Indonesia sudah banyak sekali bank syariah yang beropreasi, salah satunya adalah Bank Mandiri Syariah yang sekarang berubah nama menjadi Bank Syariah Indonesia. Bank yang satu ini mempunyai pilihan produk tabungan beragam dan juga menarik. Sehingga banyak sekali nasabah yang menggunakan bank ini untuk transaksi. Bagi Anda yang ingin mengirimkan uang atau transfer ke bank ini, maka harus mengetahui kode Bank Mandiri Syariah. Berapa kodenya? Ikuti terus ulasan artikel ini, ya.

Ulasan Singkat Bank Mandiri Syariah

Sebelum mengetahui kode bank dari BSM atau Bank Mandiri Syariah ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentangnya. Sebelum menggunakan nama Bank Mandiri Syariah, sekarang Bank Syariah Indonesia, bank ini sudah berganti nama sebanyak 5 kali. Bank ini berdiri pada tahun 1955 dan menjalankan prinsip syariah untuk sistemnya.

Bank Mandiri Syariah sudah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia dan memiliki jumlah nasabah yang terbilang besar. Pada tahun 2020 lalu, bank ini merger dengan bank lain, yaitu BNI Syariah dan BRI Syariah. Di mana namanya pun berganti menjadi Bank Syariah Indonesia. Bagi nasabah BNI Syariah dan BRI Syariah sudah mulai dilakukan pindah bank. Di mana ketika bank ini menggunakan database dari Bank Mandiri Syariah untuk menjalankan sistem yang ada sekarang.

Kode Bank Mandiri Syariah untuk Transfer

Kode bank ini tidak hanya dimiliki oleh Bank Mandiri Syariah saja, tapi seluruh bank pun mempunyai kode bank. Untuk Bank Mandiri Syariah kodenya adalah 451. Perlu Anda ingat, sekarang Bank Mandiri Syariah sudah berubah nama, berikut juga Bank BNI Syariah dan BRI Syariah.

Apabila Anda transfer ke BSM, BNI Syariah dan BRI Syariah, kodenya sekarang sama yaitu 451. Hal ini karena adanya merger dari ketiga bank tersebut dan dasar data base yang digunakan adalah milik Bank Mandiri Syariah.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahwa Bank Mandiri dan Bank Mandiri Syariah adalah dua bank yang berbeda. Walaupun sama-sama bernama Mandiri, tapi keduanya memiliki produk dan sistem yang tidak sama. Untuk Bank Mandiri kode banknya adalah 008, berbeda dari BSM yang menggunakan 451.

Kode bank ini hanya digunakan ketika Anda ingin mentransfer dana dari bank lain ke Bank Mandiri Syariah, apabila sama-sama menggunakan BSM maka tidak diperlukan lagi kode bank. Semisalnya adalah Anda ingin transfer dari Bank BNI ke Mandiri Syariah, maka kode 451 harus Anda gunakan.

Tujuan Dari Adanya Kode Bank

pinjaman Bank Mandiri

Adapun tujuan kenapa setiap bank mempunyai kode sendiri. Hal ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas, karena hal paing utama dari kode ini selalu digunakan untuk keperluan transfer dari bank lain. Lalu, apa saja tujuan dari adanya kode bank? Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Sebagai identitas

Tujuan pertama adanya kode bank adalah sebagai identitas dari bank tersebut. Anda pasti sudah mengenali bahwa setiap bank memiliki nama yang berbeda-beda, di mana nama ini adalah identitas mereka di dunia nyata. Tapi, pada sistem tidak mungkin mencantumkan nama-nama ban yang jumlahnya sangat banyak. Selain tidak ringkas, menggunakan nama sebagai identitas pada sistem terbilang menyulitkan. Maka dari pada itu, dibuatlah kode bank yang terdiri dari 3 angka.

  • Meminimalisir kesalahan

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa bank yang ada di Indonesia ini sangatlah banyak. Beberapa bank juga mempunyai nama yang mirip. Untuk meminimalisir kesalahan transfer inilah, maka diperlukan kode bank. Apabila Anda salah memasukan kode bank pun, secara otomatis mesin ATM akan menolak atau transaksi dinyatakan gagal.

Cara Transfer ke Bank Mandiri Syariah di ATM

Bagi Anda yang ingin transfer dana ke Bank Mandiri Syariah dan tidak tahu bagaimana caranya, berikut ini adalah tahapan untuk mengirimkan uang melalui ATM:

  1. Kunjungi ATM terdekat, pilihlah mesin ATM dari bank yang Anda gunakan atau ATM bersama.
  2. Bila sudah, masukan kartu ATM yang Anda miliki ke dalam mesin.
  3. Lalu akan muncul pilihan bahasa, pilihlah salah satu.
  4. Setelah itu, carilah menu transaksi lainnya dan pilih menu transfer ke beda bank atau transfer antar bank.
  5. Jika sudah, maka akan muncul masukan kode bank. Untuk Mandiri Syariah adalah 451 dan diikuti dengan nomor rekening tujuan.
  6. Kemudian, masukan nominal dana yang akan ditransfer dan tekan tombol Lanjutkan.
  7. Apabila sudah, maka Anda akan melihat data pada layar mesin ATM. Cek kembali data tersebut dari nama pemiliki rekening dan juga nominal yang ingin Anda kirimkan. Jika sudah benar, tekan tombol Ya.
  8. Tunggu sebentar hingga kertas bukti transfer sudah keluar. Uang sudah bisa langsung diterima oleh pemilik rekening.

Itulah penjelasan tentang kode Bank Mandiri Syariah. Perlu Anda ketahui, pada saat transfer beda bank akan ada biaya yang dikenakan dan setiap bank mempunyai kebijakan masing-masing dalam urusan biaya transaksi ini.

Related Posts