Home Administrasi Kini Bisa Lewat Aplikasi, Inilah Cara Mudah Perpanjang SIM dan Syarat yang Harus Disiapkan 

Kini Bisa Lewat Aplikasi, Inilah Cara Mudah Perpanjang SIM dan Syarat yang Harus Disiapkan 

by Greg Pascal
perpanjang sim

Kini, perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) makin mudah dilakukan secara online. Anda bisa melakukan perpanjang sim melalui aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) yang telah dirilis pada April 2021 serta bisa diunduh lewat Playstore atau Appstore.

Aplikasi Sinar hanya ditujukan bagi pemohon perpanjangan SIM dan bukan untuk pembuat SIM. Adanya aplikasi ini, pemohon tidak perlu lagi datang dan mengantri ke lokasi tempat Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).

Berbagai kemudahan akan anda temukan pada aplikasi Sinar tersebut, seperti SIM bisa diantar dengan jasa pengiriman, instruksi hingga pembayaran dan mekanisme perpanjangan sangatlah mudah. Lantas, simak syarat-syarat dan cara mudah daftarnya berikut ini.

Syarat-Syarat Perpanjangan SIM

Terdapat beberapa syarat perpanjang SIM yang harus diperhatikan oleh anda dan beberapa dokumen yang harus disiapkan, diantaranya:

  1. Pemohon perpanjangan SIM diwajibkan mengisi sejumlah data seperti nomer telepon dan alamat email pada aplikasi.
  2. Siapkan KTP
  3. Siapkan foto KTP, foto SIM, dan foto tanda tangan
  4. Siapkan pas foto hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi mengemudi

Ketentuan Pengajuan Perpanjangan SIM

Selain syarat-syarat di atas, terdapat panduan ketentuan perpanjangan SIM yang harus juga diperhatikan.

  1. Ketentuan perpanjangan dilakukan oleh pemohon pada waktu sebelum masa berakhirnya SIM. Pemohon bebas menentukan tanggal perpanjangan asalkan, tidak melewati waktu masa berlakunya SIM
  2. Seandainya perpanjangan dilakukan oleh pemohon melebihi masa berlakunya SIM, maka akan diproses pada pembuatan SIM Baru sesuai dengan jenis SIM yang dimiliki dan menyiapkan beberapa dokumen.
  3. Langkah pengajuan dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi Digital Korlantas Polri hanya untuk pengajuan SIM A dan SIM C.
  4. Pemohon hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada aplikasi tersebut dan menyiapkan beberapa dokumen yang diminta.
  5. Pemohon juga harus menyiapkan besaran biaya untuk perpanjangan SIM.

perpanjang sim

Baca Artikel Selanjutnya :

Biaya yang dikeluarkan perpanjangan SIM

Setelah mengetahui syarat-syaratnya dan ketentuan pengajuan, pemohon diharuskan mengeluarkan sejumlah biaya perpanjang SIM  berikut berdasarkan jenis-jenisnya.

Adapun biaya yang ditentukan dalam proses perpanjangan ini telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

  1. SIM A dan A umum Rp 80 ribu
  2. SIM B1 dan B1 umum Rp 80 ribu
  3. SIM B2 dan B2 umum Rp 80 ribu
  4. SIM C Rp 75 ribu
  5. SIM C1 Rp 75 ribu
  6. SIM C2 Rp 75 ribu
  7. SIM D Rp 30 ribu
  8. SIM D khusus D1 Rp 30 ribu
  9. SIM Internasional Rp 225 ribu

Perlu diperhatikan, jika besaran biaya diatas belum termasuk biaya untuk tes kesehatan, psikologi atau asuransi kecelakaan bagi pemohon.

Cara Mudah Perpanjangan SIM

Berdasarkan informasi, berlakunya masa SIM sekarang bukan menurut tanggal lahir pemilik akan tetapi, berdasarkan tanggal penerbitannya dan tetap memiliki masa berlaku selama 5 tahun.

Informasi tersebut berdasarkan surat telegram dari Korlantas nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019 berupa masa kadaluarsa SIM yang bergantung tanggal pencetakan.

Pemohon yang mengajukan perpanjangan SIM pun tidak perlu untuk melakukan tes lagi, kecuali bagi pemohon yang ingin naik golongan. Lantas, berikut cara perpanjang SIM yang harus diketahui dan dipersiapkan.

  1. Lakukan pengunduhan melalui aplikasi Digital Korlantas Polri yang bisa ditemukan pada Playstore untuk handphone android atau App Store pada iPhone.
  2. Setelah selesai melakukan pengunduhan aplikasi, masukkan nomor telepon dan alamat email sebagai langkah verifikasi identitas diri.
  3. Langkah verifikasi selanjutnya, pemohon akan mendapatkan nomor OTP.
  4. Masukkan NIK, nama lengkap yang sesuai dengan KTP yang akan diunggah untuk verifikasi dengan face recognition.
  5. Setelah dinyatakan valid dan memiliki akun pada aplikasi tersebut, layanan perpanjangan SIM online bisa digunakan.
  6. Usai melakukan proses di atas, buka kembali aplikasi Digital Korlantas Polri.
  7. Pilihlah ikon Sinar dan pilih perpanjangan SIM.
  8. Pilihlah golongan SIM yang akan diperpanjang.
  9. Pemohon diharuskan mengunggah foto KTP, foto SIM, dan foto tanda tangan yang sesuai dengan KTP.
  10. Selain itu, unggah juga pas foto yang dilengkapi dengan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi pengemudi.
  11. Selanjutnya, pemohon akan mendapatkan keterangan berupa metode pengiriman SIM. Pemohon bisa menentukan pada pengambilan SIM, bisa untuk diambil sendiri atau diwakilkan kepada seseorang lewat surat kuasa atau bisa menggunakan jasa pengiriman.
  12. Pemohon yang sudah menentukan jenis perpanjang SIM selanjutnya melakukan proses pembayaran pada virtual account BNI dengan biaya yang sudah ditetapkan.
  13. SIM selanjutnya akan dicetak dan dikirim ke pemohon sesuai metode pengiriman yang telah dipilih.
  14.  Langkah terakhir setelah menerima SIM, pemohon harus melakukan konfirmasi SIM yang diterima dan dapat digitalisasi SIM.

Melalui handphone pemohon perpanjang SIM bisa melakukan perpanjangan melalui aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) tanpa perlu mengantri, simak syarat-syarat dan cara daftarnya  yang telah dijelaskan pada artikel diatas. semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi terkait perpanjangan SIM kendaraan anda.

Related Posts