Home Bisnis dan Usaha Kiat Merintis Usaha ala Sandiaga Uno

Kiat Merintis Usaha ala Sandiaga Uno

by Lara Nifa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno juga dikenal sebagai seorang entrepreneur sukses. Ia mengawali bisnisnya sejak tahun 1997 di sektor jasa konsultan keuangan saat berusia 28 tahun. Berbagai pengalaman pahit pernah ia rasakan sebagai seorang pengusaha muda.

Namanya pernah masuk dalam jajaran 30 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes pada tahun 2013 dengan total kekayaan 400 juta dollar. Dan hingga kini Sandiaga Uno berhasil mendirikan 5 perusahaan yakni Saratoga Investama Sedaya, Rumah 123, Inotek Foundation, Bloomberg Indonesia, dan Recapital Group. Bahkan saham yang dimilikinya  sudah tersebar di berbagai perusahaan besar. 

Sebelum memutuskan untuk merintis usaha, ia pernah bekerja dengan gaji fantastis. Namun sayangnya, Sandiaga Uno tak luput menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. 

Sandiaga Uno merintis usahanya dengan modal yang kecil. Meski begitu, ia tak pernah menyerah untuk membesarkan usaha-usahanya. Pengusaha yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, akhirnya memberikan beberapa kiat sukses untuk merintis usaha. Simaklah 5 tips ala Sandiaga Uno berikut ini !

1. Carilah Mentor yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum merintis usaha yaitu mencari mentor yang sesuai dengan bidang usaha kita. Karena terkadang kita hanya fokus melihat dari satu sisi yang dikuasai saja. Padahal, banyak sisi lainnya yang seharusnya kita perhatikan untuk meminimalisir terjadinya black swan atau kejadian tak terduga yang mungkin saja akan dialami oleh usaha kita, salah satunya adalah kegagalan.

Hal tersebut pernah dialaminya sekitar tahun 2007-2008, jumlah hutang yang dimiliki Sandiaga Uno pada saat itu jauh lebih besar ketimbang total asetnya. Dari kondisi inilah ia mencari mentor untuk membimbingnya melakukan perbaikan pada perusahaan. Dalam hal ini mentor yang ia maksud tidak hanya orang-orang kompeten yang kita undang sebagai advisor maupun komisaris. Siapa saja bisa menjadi mentor kita seperti teman diskusi yang biasa bertukar pikiran dengan kita.

2. “It’s The People”

Menurut Sandiaga Uno dibalik kesuksesan maupun kegagalan dalam sebuah bisnis, semua itu kembali lagi ke orang yang menjalankannya. Jika sebelumnya kita pernah berbisnis dan ingin memulainya lagi, maka kita memiliki kesempatan untuk melakukan riset. Salah satunya yaitu dengan mencari sumber daya manusia terbaik, yang memiliki visi dan passion yang sama dengan kita. 

Orang-orang terbaik yang dimaksud Sandiaga Uno yaitu yang memiliki integritas, intelektual keep ability dan juga motivasi untuk sama-sama membangun usaha dari nol. 

3. Pahami Tren

Untuk memulai merintis suatu usaha, setiap pengusaha harus selalu memperhatikan tren. Namun yang dimaksud Sandiaga Uno bukanlah tren yang sedang berlangsung saat ini. Menurutnya para pengusaha harus lebih pintar dalam membaca tren dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan atau yang biasa disebut unstoppable global trend. 

Tren-tren yang tidak terhentikan dalam beberapa waktu ke depan. Untuk mengetahuinya, kita diharuskan jeli membuat mapping usaha apa saja yang akan terus eksis di 5-10 tahun kemudian. 

Sandiaga Uno memaparkan bahwa untuk saat ini terdapat tiga jenis usaha yang termasuk unstoppable global trends. Pertama yaitu digital disruption, semua bisnis yang yang ada dalam ekosistem digital. Kedua yaitu data revolution, yang kita tahu bahwa semuanya akan terhubung dengan kemampuan kita dalam mengelola serta menganalisa data. Sehingga bisnis ke depannya pasti bergantung pada data. Terakhir adalah semua yang berkaitan dengan kesehatan.

4. Perbanyak Networking

Semakin luas koneksi yang kita miliki, bisnis yang dijalankan akan semakin mudah berkembang. Networking tersebut bisa didapatkan dari mana saja, misalnya dengan mengikuti komunitas maupun himpunan. 

Bisnis akan cepat runtuh jika kita tidak memiliki banyak koneksi yang kemungkinan bisa menjadi support system utama. Ditambah lagi, saat ini sudah jamannya menggunakan sistem reseller dan dropshipper . Kita harus memiliki kemampuan dalam membangun jejaring tersebut. 

5. “Invest in Yourself”

Cara yang kelima dalam membangun usaha dari nol yaitu memperbanyak investasi untuk diri sendiri. Jangan pernah malas untuk selalu belajar dan upgrade ilmu dengan membaca buku atau mengikuti berbagai seminar. 

Hal tersebut harus dilakukan setiap pengusaha karena ilmu akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga alangkah lebih baiknya jika kita terus refresh kembali ilmu yang sudah kita dapatkan. Karena menurutnya ilmu yang kita peroleh sebelumnya, kecil kemungkinan tidak akan relevan lagi untuk beberapa waktu ke depan. 

Demikian kiat-kiat sukses ala Sandiaga Uno untuk memulai usaha dari nol. Pengusaha yang sekaligus menjabat sebagai seorang menteri ini memang tak diragukan lagi kapasitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian para generasi muda yang ingin mengikuti jejak Sandiaga Uno menjadi seorang pengusaha.   

 

Related Posts