Home Uncategorized Kiat Jitu Membangun Kedai Kopi yang Tahan Resesi

Kiat Jitu Membangun Kedai Kopi yang Tahan Resesi

by Lara Nifa

Usaha kedai kopi yang ada di tanah air semakin hari kian tumbuh dengan subur. Fenomena ini juga dapat kita lihat dan ditandai dengan kemunculan dari berbagai merek-merek kopi baru, seperti contohnya Kopi Kenangan, Kopi Kenceng, Fore Coffee, Janji Kopi, dan lainnya. 

Seolah dengan tidak inginnya untuk membuang waktu, para pemain baru ini akhirnya  berlomba-lomba untuk melebarkan sayapnya dengan cara menambah jumlah gerai cabang untuk bisnis mereka. Kopi Kenangan misalnya, mereka tengah dengan giat menambah gerai baru. 

Merek kopi yang diidentikan dengan simbol hati ini nyatanya baru dibuka sekitar 2 tahun lalu. Dan sampai sekarang manajemennya telah dapat mengoperasikan lebih dari 30 (Tiga Puluh) gerai yang telah tersebar di Jabodetabek. 

Tidak ingin kalah dari Kopi Kenangan, Fore Coffee yang baru saja didirikan hampir setahun yang lalu telah menargetkan 100 gerai baru yang akan tersebar di ibu kota. Saat ini sudah ada 16 gerai yang telah beroperasi.

Aksi ekspansi dari para pemain baru ini telah  menandakan bahwa bisnis kopi masih sangat menjanjikan. Djoko Kurniawan selaku Konsultan Usaha telah menilai bahwa usaha kopi tergolong bisnis yang sangat potensial. Salah satu alasannya adalah karena minum kopi telah menjadi sebuah lifestyle masyarakat yang dapat kita lihat mulai dari anak muda hingga sampai orang tua.

Tips Membangun Usaha Kedai Kopi

Ditengah cuan yang sangat menjanjikan, para pemilik bisnis usaha kedai kopi ini seolah dihantui oleh persaingan usaha yang semakin ketat. Maklum saja, karena bisnis ini semakin menguntungkan sektor bidang usaha maka semakin banyak diserbu oleh pemain baru.

Berikut ini beberapa kiat jitu untuk membangun kedai kopi yang tahan resesi :

  • Jaga selalu identitas merek usaha  

Bila kamu ingin bisnis usaha kedai kopimu bertahan dan selalu tumbuh di tengah ketatnya persaingan, setiap pemilik bisnis usaha ini sangat wajib menjaga identitas dari merek usahanya.

  • Rajin inovasi

Setiap usaha apapun itu dari kuliner makanan atau minuman sangat wajib untuk terus melakukan sebuah inovasi. Tujuannya tentu saja agar konsumen tidak cepat bosan serta memiliki pilihan berbagai menu baru pada saat data berkunjung.

Ryo dari Anomali mengaku bahwa Anomali Coffee sangat rajin dalam mengeluarkan menu baru untuk dapat membuat konsumen tetap setia kepada mereka. Sehingga mereka juga tetap mempertahankan identitasnya sebagai kedai kopi dari Indonesia, inovasi menu baru pun telah dibuat kedaerahan seperti contohnya kopi pisang hijau serta kopi kolak. 

Jeffrey Satria Rahadian selaku Pemilik dari KopiKohLie juga telah menyebutkan bahwa inovasi menjadi hal yang wajib dan harus dilakukan jika ingin usahanya langgeng.

Ada 2 inovasi yang bisa dilakukan :

  1. pertama dengan menciptakannya menu baru. Menghadirkan menu-menu baru bisa membuat konsumen menjadi sangat loyal dan tidak akan bosan berkunjung. 
  2. inovasi dengan cara penyajian produknya yang bisa mengikat konsumen.
  • Manjakan konsumen 

Strategi lainnya yang harus wajib dilakukan jika ingin bisnis usaha kedai kopi tetap berjalan baik yaitu dengan memanjakan konsumen. Pemilik usaha kedai kopi dapat membuat berbagai aktivitas yang mampu melibatkan konsumen seperti contoh menyeduh kopi ataupun mengenalkan biji kopi yang didapat asli Indonesia. 

  • Rajin promosi

Sudah memiliki banyak sekali pelanggan loyal pun tentunya promosi menjadi hal yang wajib dan harus terus dilakukan. Tujuannya tentu saja untuk menarik dari perhatian para konsumen baru. 

Promosi tidak selalu memasang sebuah iklan di media sosial, namun juga bisa dengan memberikan sebuah potongan harga yang dikhususkan untuk pelanggan baru. Atau, dapat dilakukan dengan sistem poin yaitu akan mendapatkan satu poin setiap satu kali transaksi. Jika telah mencapai 10 poin, poin tersebut tentu dapat ditukarkan dengan menu segelas kopi gratis. 

Seperti yang dilakukan KopiKohLie dimana mereka masih sangat rajin dalam melakukan promosi. Jefry mengakui ini adalah sebuah gimik untuk dapat menarik datangnya akan konsumen baru dan sekaligus dapat mengikat konsumen lama.

  • Perbanyak jumlah gerai offline 

Seperti yang kita semua tahu bahwa sekarang jamannya adalah online, jualan kopi juga dapat menggunakan sistem dengan pembelian secara online. Namun, bagi setiap pemilik usaha kopi tentunya wajib mempunyai gerai offline.  

Hal ini juga sangat berlaku untuk para pemain lama dan bahkan untuk para  pendatang baru. Karena dengan mempunyai gerai offline bisa membuat merek bisnis usaha kedai kopinya dilihat oleh masyarakat. 

Selain itu juga, gerai offline bisa menarik lebih banyak akan minat dari konsumen untuk mampir serta sekedar mencoba menu yang telah disediakan. Lewat gerai ini pula para  pemilik usaha bisa menjalin hubungan yang sangat baik dengan para pelanggannya. 

Sebagai seorang pemain lama, Anomali Coffee nyatanya juga telah melakukan strategi ini. 

Related Posts