Home Tips Keuntungan Menggelar Pernikahan di Rumah

Keuntungan Menggelar Pernikahan di Rumah

by Lara Nifa
pernikahan di rumah

Menikah adalah dambaan bagi setiap orang. Menikah dan membangun keluarga yang bahagia pasti menjadi harapan. Hanya saja tidak semua orang cukup beruntung untuk bisa menikah seperti yang mereka harapkan. Banyak hal yang menjadi pertimbangan sehingga orang urung untuk melakukan pernikahan seperti biaya pernikahan, restu dari orang tua bahkan banyak orang yang kesusahan untuk mencari pasangan hidupnya.  

Banyak orang yang merasa berat untuk menikah karena memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelenggarakan pernikahan. Bayangan tentang pos-pos pengeluaran yang harus dipenuhi untuk menggelar pernikahan pasti akan sangat memusingkan terutama bagi mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Salah satu pos biaya yang akan menyedot dana cukup besar adalah biaya sewa gedung untuk acara resepsi pernikahan. 

Ada cara untuk menyiasati biaya pernikahan yang cukup tinggi salah satunya adalah dengan menggelar pernikahan di rumah. Dengan menggelar pernikahan di rumah, otomatis kita bisa mengeliminasi pengeluaran dari biaya sewa gedung untuk menggelar resepsi pernikahan. Dengan menggelar pernikahan di rumah, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan selain memangkas biaya gedung. Apa saja keuntungan yang bisa kita dapat apabila kita menggelar pernikahan di rumah?  Mari kita simak keuntungan dari menggelar pernikahan di rumah.

Keuntungan Menggelar Pernikahan di Rumah

  • Lebih hemat biaya 

Dengan menggelar pernikahan di rumah, kita bisa jauh lebih berhemat karena kita bisa memangkas biaya dari sewa gedung untuk resepsi pernikahan. Yang kita perlukan hanyalah menyewa tenda dan dekorasi pernikahan yang biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan harus menyewa gedung untuk resepsi pernikahan. 

Selain menghemat biaya gedung, kita juga bisa memilih apakah harus menggunakan catering untuk konsumsi pada saat resepsi pernikahan ataukah kita bisa memasak sendiri dengan bantuan keluarga ataupun tetangga dan kerabat yang tentunya bisa lebih memangkas biaya menjadi lebih hemat.

Dengan menggelar pernikahan di rumah kita bisa memaksimalkan peran keluarga, tetangga dan kerabat untuk membantu pada acara pernikahan yang kita gelar. Dengan peran serta keluarga, tetangga dan kerabat yang lebih maksimal, kita tidak perlu harus menyewa jasa wedding organizer untuk membantu proses acara pernikahan yang akan kita gelar.  

  • Jam lebih bebas

Keuntungan berikutnya dari menggelar pernikahan di rumah adalah jam yang lebih bebas dan longgar dalam pelaksanaan. Apabila resepsi pernikahan di gedung, kita hanya bisa menggelar acara pernikahan sesuai dengan perjanjian waktu sewa. Sedangkan apabila kita menggelar pernikahan di rumah, kita bisa bebas menentukan berapa jam dan dimulai dari jam berapa resepsi dilakukan. 

Selain kita bebas menentukan seberapa lama waktu untuk menggelar resepsi, kita juga lebih bebas dalam menentukan kapan tanggal kita akan melangsungkan acara pernikahan tersebut. Berbeda dengan menyewa gedung yang harus mempertimbangkan jadwal waktu yang ada di gedung yang akan disewa. Apabila kita sudah menentukan tanggal yang akan dipakai untuk menggelar pernikahan, kita harus memastikan dulu jadwal gedung untuk hari itu kosong. Apabila ternyata jadwal pada tanggal tersebut sudah terisi, mau tidak mau kita harus mencari gedung lain yang jadwalnya masih bisa kita pakai.

  • Persiapan lebih maksimal

Dengan menggelar pernikahan di rumah, persiapan untuk acara pernikahan kita bisa jauh lebih maksimal dibandingkan dengan menggelar pernikahan di gedung yang waktunya lebih singkat dan terbatas. Dengan semua pertimbangan yang juga harus dipikirkan ketika akan menggelar pernikahan di rumah seperti tentang daya tampung tamu, ruang parkir, jalannya acara, dekorasi dan semua hal pendukung ketika menggelar pernikahan, kita bisa lebih maksimal dalam mempersiapkan semuanya. Tentu saja peran serta keluarga dan tetangga sekitar akan jauh lebih memaksimalkan dalam mempersiapkan semuanya.

  • Suasana akan lebih hangat

Dengan menggelar pernikahan di rumah tentu saja suasana pernikahan akan lebih hangat karena tamu bisa lebih santai karena jam kunjungnya jadi lebih longgar sehingga bisa lebih lama untuk singgah dan juga bercengkerama. Selain itu dengan mempertimbangkan daya tampung tamu yang lebih terbatas, kita jadi bisa lebih membatasi jumlah tamu yang diundang. Dengan mengundang orang-orang terdekat bisa membuat suasana pernikahan yang diselenggarakan akan jauh lebih akrab dan juga hangat. Selain itu hubungan keluarga dengan tetangga sekitar bisa menjadi lebih erat karena saling membantu dalam proses untuk kesuksesan acara pernikahan yang kita gelar di rumah. 

  • Menciptakan memori indah

Menggelar pernikahan di rumah akan menciptakan memori indah tentang sakralnya pernikahan yang kita gelar di rumah. Selain itu kisah-kisah hangatnya momen-momen kebersamaan yang hadir ketika kita menggelar pernikahan di rumah akan menjadi kenangan manis yang akan selalu diingat oleh seluruh keluarga terutama kita yang menggelar dan menjalani pernikahan tersebut. 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan bila menggelar pernikahan di rumah. Bukan hanya lebih hemat tapi juga momen pernikahan yang kita gelar jadi lebih hangat dan juga membawa kenangan  indah untuk mempelai dan juga keluarga.

Related Posts