Home Tips Keuntungan Mengetahui Jam Perdagangan Saham dan Ini Waktunya

Keuntungan Mengetahui Jam Perdagangan Saham dan Ini Waktunya

by Lara Nifa

Saat ini perkembangan untuk berinvestasi mulai meluas dengan begitu cepat, proses jual beli saham menjadi sebuah sarana perdagangan yang digemari oleh banyak orang mulai dari kaum milenial sebagai junior dan para senior di bidang investasi. Tidak heran jika masyarakat terus berkontribusi dalam perluasan perdagangan saham. Karena saat ini saham bukan lagi sekedar kegiatan seperti hobi yang menghasilkan uang. Tetapi sudah banyak dijadikan pekerjaan sampingan yang menguntungkan atau bahkan sebagai pekerjaan utama yang diprioritaskan oleh para pelaku jual beli  saham untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Maka semakin banyaknya orang yang mengikuti proses jual beli saham ini, memungkinkan terlalu banyak investasi yang akan salah menetapkan waktu mereka untuk menjual atau membeli saham. Setiap orang yang terlibat dalam perdagangan saham akan keliru dalam memperhitungkan keuntungan saat mencoba berinvestasi karena saling tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mereka mulai berinvestasi. Dari permasalahan inilah, kamu harus paham tentang keuntungan mengetahui jam perdagangan saham, adapun waktu yang tepat untuk melakukan perdagangan saham yaitu sebagai berikut:

1. Waktu Perdagangan Pasar Reguler

Di Indonesia sendiri, waktu yang tepat untuk memulai transaksi perdagangan saham yaitu dapat dimulai dari jam 9.00-11.30 waktu Indonesia Barat dan bisa dilanjutkan kembali pada jam 13.30-14.49 sesuai jam di Indonesia. Di waktu perdagangan pasar reguler ini, biasanya memiliki beberapa sesi yang aktif yaitu pertama sesi pra pembukaan, dilanjutkan pada sesi pra penutupan dan diakhiri sesi pasca penutupan. Nah, beberapa sesi tersebut jika dijelaskan akan sebagai berikut:

Pra Pembukaan, maksudnya adalah sesi dimana para investor untuk menawar harga saham yang dibuka hanya sekitar 14 sampai 15 menit yang diagendakan oleh anggota BEI. Lalu setelah itu pada jam 08:59 sampai 08:59:59 akan dilakukan pembukaan jual beli saham dengan mempertemukan kedua pihak yaitu antara penjual dan pembeli saham dalam satu waktu. Harga yang dijual akan dibuka pada awal proses perdagangan berdasarkan prioritas waktu yang ditetapkan. 

Pra Penutupan, maksudnya adalah sesi dimana pihak BEI akan memasukan penawaran jual dan penawaran beli yang sudah disampaikan pada sesi sebelumnya. Sesi ini akan berlangsung pada jam 14.50 sampai jam 14.58 yang setelah ini nantinya akan dilakukan penutupan secara acak pada jam 14:14:58:01 sampai 15:00:00. Di dalam sesi ini pihak JATS akan mulai memproses masukan harga jual dan harga beli yang ditawarkan sebelumnya. Proses ini berlangsung bisa sekitar pada jam 15:00:01 sampai 15:00:59.

Pasca Penutupan, maksudnya adalah sesi dimana JATS yang sebelumnya sudah memproses harga jual dan harga beli saham tinggal mempertemukan harga yang pas dan memberitahu keuntungan atau efek yang ada dari pertemuan harga tersebut. Pada sesi ini dilakukan pada jam 15:00:0 sampai 15:00:59.

2. Waktu Perdagangan Pasar Tunai

Berbeda dengan waktu perdagangan pasar reguler, di waktu perdagangan pasar tunai ini hanya diberlakukan satu sesi saja, yaitu dimulai pada jam 09.00 hingga  jam 11.30 yang berlaku pada hari senin sampai hari jumat. Dengan begitu kamu tidak akan menemukan sesi lainnya selain jam tersebut. 

3. Waktu Perdagangan Pasar negosiasi

Pada waktu perdagangan pasar negosiasi sesi diberlakukan dengan dua sesi yaitu pada jam 9 sampai jam 11.30. Lalu dilanjutkan sesi kedua dimulai jam 13.30 sampai 15.30. Seperti namanya bahwa kedua sesi ini berfungsi untuk sarana negosiasi antara penjual dan pembeli saham dalam sebuah penawaran. 

4. Waktu Perdagangan Pasar Derivatif – Kontrak Berjangka

Pada waktu ini berlaku dua sesi, yang pertama pada jam 08.45 hingga 11.30 selanjutnya pada sesi kedua dilakukan jam 13.30 hingga jam 15.15.

5. Waktu Perdagangan Derivatif – Kontrak Opsi

Kontrak opsi ini akan berlangsung dengan sesi yaitu pada jam d 09.30 jam 1.30 sebagai sesi pertama lalu selanjutnya pada sesi kedua yang dimulai kembali pada jam 13.30 sampai 15.30 waktu JOTS. 

6. Waktu Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui FITS

Pada waktu ini diberlakukan dalam dua sesi yang pertama pada jam 09.00 sampai 11.30 sebagai sesi pertama dan sesi duanya dimulai pada jam 13.30 sampai jam 15.00 waktu FITS.

7. Waktu Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA)

Pada waktu ini bisa dilakukan pada jam 09.00 sampai jam 15.00 waktu SPPA. Yang bisa dilakukan pada setiap hari senin hingga hari jumat. 

Setelah mengetahui berbagai jam perdagangan saham yang ternyata banyak sekali, mulai dari waktu perdagangan pasar reguler sampai waktu perdagangan efek bersifat utang dan SPPA ini kamu jadi pasti akan lebih paham tentang bagaimana keuntungan mengetahui jam perdagangan saham. Nah jika kamu tertarik mulailah menata cara berinvestasi dengan baik dengan merujuk pada waktu yang tepat. Dengan begitu kamu jadi tidak salah untuk menjual atau membeli saham. Semoga informasi dalam tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mulai masuk dalam dunia perdagangan saham.

Related Posts