Home Karir Keuntungan Mencoba Jadi Dropshiper

Keuntungan Mencoba Jadi Dropshiper

by Lara Nifa

Berjualan online tanpa perlu stok barang bukan hal yang mengherankan lagi di zaman modern seperti sekarang ini. Berbagai inovasi serta alternatif di sektor usaha terus bermunculan untuk memudahkan masyarakat yang ingin menjalankan usaha namun terkendala modal. Salah satu inovasi tersebut adalah sistem dropshipper.

Berbeda dengan sistem reseller, kamu tidak harus membeli produk dahulu dari produsen atau supplier jika menjadi dropshipper. Dengan kata lain, kamu hanya tinggal memasarkan produk tanpa harus memiliki stok barangnya. Kehadiran sistem ini sangat menguntungkan, terutama bagi para pemula.

Cara Kerja Sistem Dropship

Antara reseller dan dropshipper, pada prinsipnya sama yakni menjual kembali produk milik orang lain ke konsumen. Bedanya, untuk menjadi reseller kamu harus memenuhi beberapa ketentuan dan syarat yang diberlakukan supplier. Contohnya, kamu baru bisa mendapatkan komisi atau potongan setelah melakukan pembelian barang dengan nominal tertentu. Dan statusmu sebagai reseller bisa dicabut jika dalam kurun waktu tertentu tidak ada orderan.

Nah, lain halnya dengan cara kerja sistem dropship. Kamu bisa langsung mempromosikan produk orang lain untuk dijual kembali tanpa syarat apapun. Jika ada order dari konsumen, maka kamu tinggal meneruskannya ke supplier. Mulai dari packaging hingga pengiriman akan diproses oleh pihak supplier. Mudah, bukan ?

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan sistem dropship ini, lho. Apa saja itu ? Yuk, intip kelebihan menjadi dropshipper di bawah ini !

7 Keuntungan Menjadi Dropshipper

1. Tidak Butuh Modal Besar

Sistem dropship sangat cocok untuk siapa saja yang ingin memiliki penghasilan tambahan, namun tidak ada modal. Bahkan jika dibutuhkan modal pun, nominalnya sangat kecil dan kemungkinan hanya untuk biaya promosi.

Tidak seperti sistem reseller yang mewajibkan kamu untuk mengeluarkan sejumlah uang di awal. Dengan menjadi seorang dropshipper, kamu bisa mendatangkan cuan meskipun tidak mengeluarkan modal sama sekali.

2. Efisien 

Tidak adanya ketentuan serta syarat yang diberlakukan untuk menjadi seorang dropshipper, tentu akan memudahkanmu dalam menjalankan bisnis ini. Kamu tidak perlu mengecek stok dagangan satu persatu atau memikirkan packaging hingga pengiriman barang. 

Dengan adanya sistem ini, maka kamu bisa menghemat tenaga dan waktu seefisien mungkin. Selain itu, dari segi operasional juga tidak akan mengeluarkan banyak biaya, misalnya biaya sewa toko, insentif karyawan dan lainnya. 

3. Produknya Bervariasi

Kamu bisa menjual berbagai macam produk dari beberapa supplier sekaligus. Sehingga kamu tidak terpaku pada satu bidang usaha saja dan bisa terus menjual produk yang sedang tren di masyarakat. 

Namun untuk memulainya, lebih baik kamu fokus terlebih dahulu pada 2-3 jenis barang saja. Dan usahakan barang tersebut kamu ambil dari supplier yang sama. Nah, ketika kamu sudah paham cara kerjanya dan mulai terbiasa, kamu bisa mencari supplier lagi.

4. Lebih Fleksibel

Keuntungan berikutnya ketika kamu menjadi seorang dropshipper yaitu kamu tidak terikat waktu dan tempat. Artinya menjalankan bisnis dengan sistem dropship ini akan lebih fleksibel dibandingkan sistem lainnya. Kamu hanya perlu fokus untuk memasarkan produk yang dijual sampai mendapatkan orderan dari konsumen. Setelah itu, kamu tinggal memastikan bahwa orderan tersebut sudah diproses oleh supplier dan benar-benar sampai ke tangan konsumen.

Kegiatan tersebut pastinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun kamu mau. Hanya bermodalkan smartphone yang selalu aktif, kamu bisa menjalankan bisnismu dengan bebas. 

5. Jangkauan Pasar yang Luas

Dengan menggunakan sistem dropship yang dilakukan secara online, maka kamu bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Manfaatkan situs belanja online untuk menjalankan usaha dengan sistem ini. Karena produkmu tidak hanya bisa dijangkau oleh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, namun bisa sampai luar negeri.

Untuk mengoptimalkannya, strategi pemasaran yang memang benar-benar harus kamu perhatikan ketika menjadi dropshipper. Gunakan ads atau iklan untuk membuat produkmu bisa terlihat lebih banyak orang dibandingkan produk sejenis milik pesaing. 

6. Menjual dengan Harga Lebih Tinggi

Keuntungan lainnya menjadi seorang dropshipper adalah kamu bisa menjual produk orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Dengan begitu, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan keuntungan yang besar melalui sistem dropship. 

7. Bebas dari Resiko Kerugian

Modal yang kamu keluarkan untuk menjalankan usaha dengan sistem dropship tidaklah besar bahkan tanpa modal sama sekali. Itu artinya, apabila konsumen tidak tertarik dengan produk yang kamu jual, kamu tidak akan mengalami kerugian. 

Untuk menjadi seorang dropshipper bukan hal yang sulit dilakukan. Saat ini sudah banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan supplier. Dari rangkuman di atas, bisa disimpulkan bahwa ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menjadi dropshipper. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ! 

Related Posts