Home Perencanaan Keuntungan Memiliki Dana Darurat Sekarang Juga

Keuntungan Memiliki Dana Darurat Sekarang Juga

by Lara Nifa

Kamu pasti berharap mempunyai kondisi finansial yang sehat serta mencapai kondisi keuangan yang sejahtera. Begitu banyak cara agar dapat mencapai tujuan keuangan ini, mulai dari membuat perencanaan finansial, menabung, investasi hingga dana pensiun dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, bagaimana bila terjadi hal atau sesuatu yang diluar perkiraan? Seperti tiba kamu terkena PHK oleh perusahaan atau mengalami musibah misalnya kebakaran dan sejenisnya. Kejadian-kejadian tak terduga seperti ini pasti memerlukan dana yang tidak sedikit.

Maka dari itu kamu harus memahami bahwa begitu pentingnya dalam mengalokasikan sebuah dana khusus untuk mengisi pos dana darurat dengan berbagai manfaat yang bisa dirasakan di kemudian hari.

Apa itu Dana Darurat?

Dana darurat merupakan dana simpanan yang bisa dipakai disaat kamu merasakan kesulitan finansial. Dimana tujuan dari dana daurat yakni untuk dapat meningkatkan keamanan keuangan dengan menciptakan pengamanan yang bisa digunakan dalam memenuhi berbagai pengeluaran yang tidak diduga-duga.

Aset pada dana darurat ini cenderung berbentuk dana tunai atau aset lainnya yang bersifat mudah dicairkan alias likuid. Dengan mempunyai dana daurat ini, kamu tidak akan mudah tergoda untuk berhutang ketika memerlukan dana tunai untuk waktu yang cepat.

Keuntungan Mempunyai Dana Darurat

Memiliki dana darurat tentu sangat penting bagi semua orang, khususnya pribadi yang telah memiliki keluarga sera mempunyai buah hati. Terdapat beberapa fungsi dari dana darurat yang perlu bunda ketahui.

1.       Fokus dengan pekerjaan

Mempunyai dana darurat akan berdampak baik terhadap efektivitas dan produktivitas  kamu dalam bekerja. Kamu sudah tidak khawatir dengan kemungkinan adanya pengeluaran mendadak yang bisa saja terjadi diluar dugaan. Dana darurat yang telah terkumpul dapat dipakai untuk membayar biaya ini. Kamu juga tetap dapat bekerja dengan lebih nyaman, dan tak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut.

Dengan kamu yang tetap produktif dalam pekerjaan, tentu ini akan membawa banyak dampak positif. Jika kamu fokus bekerja maka atasan pun akan puas dengan kinerja yang kamu lakukan.

2.       Selalu siap bila hal buruk terjadi

Menjadi Salah satu contoh paling nyata yakni saat masa pandemic virus korona yang berlangsung sekitar 2 tahun. Terdapat banyak sekali orang atau masyarakat yang terkena dampak dari sisi ekonomi dikarenakan pandemi tersebut.

Tidak sedikit masyarakat yang bisnisnya tutup, nilai saham turun drastis, dan bahkan kehilangan pekerjaan dalam masa pandemi berlangsung.

Salah satu manfaat dari dana darurat yaitu memberikan perlindungan kepada sumber pendapatan kamu. Dana darurat bisa dipakai untuk menghidupi kamu dan keluarga untuk beberapa bulan hingga beberapa tahun kedepan sampai kamu akhirnya bisa kembali bekerja atau mendapatkan penghasilan. Ha ini juga bentuk jaminan hidup yang paling nyaman untuk menghadapi berbagai macam kondisi yang menimpamu.

3.       Terhindar dari hutang

Begitu banyaknya pengeluaran tidak terduga yang dapat terjadi di dalam kehidupan. Beberapa contoh umumnya seperti alat-alat rumah tangga yang mengalami kerusakan, biaya sekolah anak, hingga salah satu anggota keluarga yang sakit. Akan tetapi, sebagian orang mungkin saja sedang terlilit utang sebab ketidakmampuan mereka dalam mengelola keuangannya.

Apabila kamu tidak mempunyai dana untuk menghadapi kondisi darurat, besar kemungkinan kamu akan memakai layanan kartu kredit atau melakukan hutang ke orang lain. Mempersiapkan dana darurat adalah salah satu cara agar mencegah kamu meminjam uang kepada teman, saudara, pasangan atau keluarga kamu.

4.       Tak perlu khawatir ketika sedang sakit

Walaupun kamu mempunyai asuransi kesehatan, akan tetapi tetap ada kemungkinan terdapat beberapa biaya pengobatan tidak ditanggung oleh pihak asuransi terkait. Apabila kondisi ini kamu alami, maka dana darurat bisa digunakan manfaatnya untuk pemenuhan kebutuhan medis yang ada, entah itu membayar biaya pengobatan, membeli obat di apotek dan berbagai keperluan medis lainnya.

Apabila kamu tidak menyiapkan dana darurat, kamu pun akan terus timbul rasa khawatir ketika sedang sakit, karena mengingat beban biaya kesehatan saat ini tidak murah, maka dari itu dana darurat sangat amat dibutuhkan, agar terhindar dari kekhawatiran yang dapat merusak konsentrasi kamu untuk terus bekerja dan menata kehidupan.

5.       Bertahan saat terkena PHK

Mempunyai dana darurat tentu memungkinkan kamu untuk terus melunasi tagihan serta seluruh kebutuhan saat kamu tidak mempunyai pendapatan. Dana darurat bisa memberi bantuansementara saat kamu sedang berupaya untuk mencari pekerjaan baru setelah terkena PHK dari kantor atau perusahaan sebelumnya.

Demikianlah beberapa keuntungan mempunyai dana darurat. Apakah kamu sudah mempunyai dana darurat? Bila belum, cobalah untuk memulainya dari sekarang agar menyisihkan tabungan yang dialokasikan ke dana darurat. Lebih baiknya lagi bila tabungan biasa dan dana darurat di taruh ditempat yang berbeda atau terpisah.

 

Related Posts