Home Bisnis dan Usaha Keuntungan Membangun Bisnis Tanaman Bonsai 

Keuntungan Membangun Bisnis Tanaman Bonsai 

by Lara Nifa

 

Tanaman hias seperti bonsai jadi ladang bisnis yang menguntungkan. Harga yang tidak main-main dengan konsumen yang tidak main-main pula. 

Untuk menghasilkan tanaman bonsai yang ciamik dan cantik perlu proses yang panjang. Pros itu yang mahal dan menjadi nilai tinggi bagi sebuah tanaman hias seperti bonsai.  

Tanaman bonsai masih banyak diburu oleh para peminat, pasalnya ada beberapa manfaat yang mereka dapatkan. 

Bonsai adalah salah satu tanaman hias yang mampu membersihkan udara. Tanaman hias ini akan membantu kita menghirup udara segar. Kesehatan kita akan lebih terjaga dari gangguan pernapasan dan udara-udara kotor. 

Selain itu bonsai juga memberikan ketenangan dan kedamaian dalam diri pemiliknya. Mungkin ada yang membantah bahwa tanaman lainnya pun begitu, tetapi sepertinya bonsai berada di peringkat pertama.

Bonsai yang hadir di rumah juga akan mampu meningkatkan kesehatan pemiliknya. Hal itu sudah dibuktikan dengan penelitian. Bonsai juga akan membantumu lebih rileks dan tenang menjalani hidup. 

Manfaat dari tanaman hias bisa jadi satu modal penting bagi kamu yang ingin berbisnis tanaman bonsai. Harganya yang mahal adalah sebuah harga yang sesuai dengan apa yang didapatkan. 

Modal

Bisnis tanaman bonsai tidak begitu besar modal yang dibutuhkan. Harga bonsai bervariasi dari Rp 20 ribu sampai Rp 250 ribu. Kamu juga harus menyiapkan pot dengan harga yang tidak mahal-mahal amat. Beberapa peralatan seperti gunting, kawat, batu kerikil bisa kamu siapkan juga. Itu sebagai modal awal yang harus kamu siapkan. 

Kamu juga menyiapkan modal tetap, yaitu modal yang akan dikeluarkan setiap bulannya. Hitungan ini termasuk biaya perawatan sehari-hari. 

Merawat bonsai memerlukan ketekunan. Jika kita sendiri tidak giat dalam merawatnya, modal yang dikeluarkan bisa jadi lebih besar, atau malah merugi. 

Harga di atas terbilang menguntungkan bagi kamu. Jika hasil tanaman bonsai sesuai rencana, maka harga jualnya bisa melebihi biaya pengeluaran. 

Modal ini harus kamu catat sebagai laporan pengeluaran tiap bulannya. Dari situ kamu bisa mempertimbangkan berapa harga bonsai. 

Banyak Peminat

Pada masa pandemi, orang-orang terkurung di rumah. Kesuntukan yang dihadapi membuat mereka mencari aktivitas yang bisa dilakukan dari dalam rumah. Salah satunya adalah merawat tanaman. Pebisnis tanaman hias tentu sangat senang dengan keadaan ini, terlebih bisnis bonsai menjadi pilihan.

Terlebih lagi dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, bonsai memiliki manfaat yang luar biasa. Keberadaan bonsai di dalam rumah menghadirkan aura ketenangan dan kedamaian bagi pemilik. Begitu juga secara psikologis, mental pemilik rumah akan terjaga dengan baik. Hal ini sangat perlu dimiliki oleh setiap orang. Dengan tanaman bonsai, hal tersebut dapat diatasi. Ketekunan merawat bonsai akan menjaga kualitasnya tetap menjadi nomor wahid.

Kamu dari sini juga bisa menentukan bonsai jenis apa yang akan kamu jadikan bisnis. Perlu kamu cari tahu di pasaran jenis bonsai yang laku. Ada beberapa bonsai yang banyak peminatnya, seperti bonsai mirten. Bentuk bonsai ini permukaan daun yang mengkilap, bunganya muncul secara tunggal, permukaan daun bergerigi tajam, dan rantingnya tipis. Ada juga bonsai murbei, bonsai asal china ini dibudidayakan sebagai pakan ulat sutra. Kamu juga bisa memilih bonsai nam-nam. Bonsai ini unik karena pada daunnya berwarna putih atau merah. Namun, saat tua berubah menjadi hijau

Perawatan yang Mudah

Harus diakui merawat bonsai tidaklah susah. Pebisnis hanya melindunginya dari sinar matahari, memangkasnya sesekali, memberikan asupan air dari waktu ke waktu. 

Kamu bisa menyiram bonsai di pagi dan sore hari. Pekerjaan ini hanya membutuhkan sedikit tenaga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain dan sore hari ketika aktivitas sudah selesai. Air yang digunakan merupakan air bersih dan jernih. Yang harus diperhatikan adalah ketika air disiram pada bonsai, pastikan airnya keluar melalui lubang dasar pot. Agar dapat kita pastikan tidak ada sumbatan di dalam pot tersebut. Seperti biasanya, air yang disiram berfungsi memberikan asupan air pada bonsai. Jangan sampai bonsai kekeringan. 

Aktivitas yang dapat membantu bonsai tetap terlihat indah adalah dengan memangkas daunnya setiap tiga bulan sekali. Karena kita tidak ingin ada tumbuhan lain yang bersarang di bonsai. Bisa jadi harganya turun hanya karena ketidakrapihan kita dalam memelihara bonsai. Kamu bisa memangkas batang, ranting, tangkai, atau daun bonsai agar kualitas bonsai tetap terjadi. 

Bonsai juga harus diganti pot tanamannya. Hal ini karena bonsai akan terus tumbuh. Ketika di awal pembibitan menggunakan pot yang kecil sepertinya saat sudah tumbuh tidak bisa lagi mengandalkan pot yang ada. Kita bisa membeli pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan besar bonsai. Tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa lama pot bonsai harus ditukar.

 

Related Posts