Home Investasi Keuntungan Investasi Logam Mulia dan Cara Memulainya

Keuntungan Investasi Logam Mulia dan Cara Memulainya

by Lara Nifa

Memiliki emas adalah idaman semua orang, apalagi emas termasuk salah satu logam mulia yang nilainya terbilang stabil dan harganya juga masih dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Bahkan saat ini banyak juga yang melakukan investasi logam mulia, karena dianggap akan menjadi tabungan masa depan yang menjanjikan. Suatu hal yang wajar jika banyak orang memilih untuk berinvestasi pada emas, apalagi nilai tiap tahunnya terus meningkat adapun jika turus harganya tidak terlalu anjlok.

Tidak hanya perhiasan yang menjadi pilihan dalam berinvestasi emas, belakangan banyak orang yang memilih untuk membeli emas batangan. Namun berinvestasi pada emas batangan tidaklah cocok bagi anda ingin keuntungan secara cepat, karena berinvestasi pada emas ini termasuk investasi jangka panjang. Jadi, sangat bagi anda yang ingin mulai berinvestasi pada emas disarankan untuk mencari tahu apa saja jenis dan bagaimana caranya memulai berinvestasi pada emas dan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan.

Keuntungan dalam investasi logam mulia

Berinvestasi pada logam mulia, yaitu emas memang pilihan yang tepat. Karena dalam berinvestasi emas cenderung memiliki resiko yang rendah dan emas dapat menahan kenaikan pada inflasi, lalu apa saja keuntungan yang didapat jika anda memutuskan untuk mulai berinvestasi pada emas :

  1. Emas memiliki nilai yang relatif stabil, berbeda dengan jenis investasi lainnya. 
  2. Emas sangat mudah dicairkan sesuai kebutuhan, apabila anda membutuhkan uang tunai sudah pasti bank atau tempat penjualan emas akan menukar emas yang anda miliki sesuai dengan harga dan berat dari emas tersebut.
  3. Pada beberapa instansi, seperti bank syariah. Anda dapat membeli emas yang diinginkan dengan cara mencicil, tapi tetap dengan syarat yang berlaku.
  4. Apabila anda dalam kebutuhan mendesak dan memiliki simpanan berupa emas, anda dapat dengan mudah menggunakan emas tersebut sebagai alat jaminan dan biasanya emas akan jauh lebih mudah digadaikan daripada barang lainnya.
  5. Tidak perlu disimpan dalam bentuk fisik.

Tips untuk pemula yang ingin memulai berinvestasi emas

 

Jika anda menyimak penjelasan tentang keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa didapat dari berinvestasi emas dan mulai ingin mewujudkannya demi masa depan, namun anda masih bingung apa saja yang harus dilakukan sebelum memulainya. Berikut adalah tips bagi anda yang ingin memulai berinvestasi emas.

  1. Pastikan anda memiliki tujuan dan rencana yang jelas kenapa memilih emas sebagai tabungan masa depan. Jangan sampai anda berpikir membeli hanya untuk dijual saat harga sedang tinggi atau untuk anda gadaikan. Rencanakan dengan pasti, misal anda memilih untuk berinvestasi karena 5 tahun kedepan anda sudah berencana untuk menikah atau anda ingin memulai usaha suatu hari nanti, bisa juga bila anda memiliki rencana berangkat haji dan lain sebagainya.

Dengan anda memiliki tujuan yang pasti seperti itu, berarti anda dapat mulai merencanakan seberapa banyak emas yang akan anda jadikan tabungan agar nantinya emas-emas benar-benar dapat membantu anda merealisasikan semua tujuan yang sudah anda impikan tersebut.

  1. Pastikan Anda selalu memantau tren pergerakan emas dipasaran, ini bertujuan agar saat anda akan menjual atau membeli emas pada waktu yang tepat. Belilah emas disaat harganya sedang turun dan jualah saat harga emas sedang melonjak. Dengan memperhatikan hal tersebut, dipastikan anda akan mendapatkan keuntungan yang optimal. Perlu diperhatikan juga agar anda tetap menyimpan emas tersebut dalam jangka menengah atau jangka panjang, untuk dapat menikmati hasil yang optimal.
  2. Perhatikan kemampuan finansial anda, jangan sampai menggunakan seluruh penghasilan anda atau sampai berhutang hanya demi dapat membeli emas. Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya memiliki dana lebih agar apabila terjadi sesuatu yang darurat anda masih memiliki dana untuk menutupi hal tersebut. Setidaknya anda harus memiliki dana cadangan untuk 6 sampai 12 bulan ke depan.
  3. Bagi pemula, sangat disarankan untuk menginvestasikannya pada emas berbentuk logam mulia, kenapa harus logam mulia? Karena jenis emas yang satu ini nilai jualnya lebih stabil dan lebih mudah untuk dijual. Apabila dalam bentuk perhiasan, saat akan dijual kembali akan ada perhitungan tersendiri yang mengakibatkan penurunan harga. Lagipula berinvestasi pada logam mulia lebih cocok bagi anda yang ingin memiliki tabungan jangka panjang dan memiliki rencana di masa depan.
  4. Pastikan tempat penyimpanannya aman, apabila ceroboh dalam melakukan penyimpanan jelas akan berakibat emas bisa menghilang dan tentu semua yang sudah direncanakan menjadi gagal. Anda bisa menyimpan emas yang dimiliki ke dalam brankas di rumah atau menyimpannya di bank, biasanya bank memiliki layanan yang bernama safe deposit box (SDB) yang bertujuan agar nasabah dapat menyimpan harta atau barang berharganya dengan aman.

Bagaimana apakah anada sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk memulai investasi logam mulia, jangan lupa untuk selalu memastikan pergerakan pasar emas. Agar tidak salah dalam mengambil keputusan apakah akan dijual atau tetap tersimpan dalam brankas atau SDB.

Related Posts