Home Investasi Keuntungan Investasi Dollar dan Cara Memulainya

Keuntungan Investasi Dollar dan Cara Memulainya

by Lara Nifa
investasi dollar

Pada saat ini sendiri, investasi mata uang dollar sedang banyak diincar oleh masyarakat. Di mana memang mata uang yang satu ini berada di angka yang stabil bahkan cenderung naik. Namun, sebelum berinvestasi dollar, Anda harus memahami terlebih dahulu segi keuntungan lalu bagaimana cara yang tepat untuk memulai investasi dollar ini. 

Keuntungan Investasi Dollar 

Setiap investasi pasti akan mendatangkan keuntungan, termasuk ketika Anda ingin berinvestasi dalam bentuk dollar. Di bawah ini sendiri adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mulai berinvestasi dollar. Berikut ini keuntungannya: 

  • Stabil dan tidak begitu terpengaruh fluktuasi 

Keuntungan saat Anda memulai berinvestasi dollar adalah dari daya belinya yang stabil. Di mana mana memang mata uang yang satu ini adalah yang paling stabil di dunia. Maka tidak heran jika dollar menjadi mata uang yang paling banyak dijadikan pertukaran. 

Ketika Anda memiliki tabungan dollar, maka nilai tukar rupiah yang turun tidak akan berpengaruh banyak. tapi, perlu di ingat bahwa investasi dalam mata uang ini sendiri memiliki efek yang cukup besar. Di mana saat Anda melakukan penukaran dari dollar ke rupiah saat nilai rupiah sedang turun, maka nilai dari mata uang Indonesia tersebut juga akan semakin lemah. 

  • Investasi berjangka pendek 

Berinvestasi dalam uang dollar sendiri akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek. Hal ini sendiri karena investasi yang satu ini termasuk memiliki resiko yang cukup tinggi akan fluktuasi, walaupun tidak begitu terlihat. Namun, tetap saja akan tetap terpengaruh. 

  • Bunga 

Saat Anda menabung dalam bentuk dollar, akan ada bunga yang didapatkan. Namun, tentu saja besaran presentasenya tidaklah besar. akan tetapi jika Anda menabung dalam jumlah yang banyak maka keuntungan besar dari bunga ini akan dapat Anda peroleh. 

  • Selisihnya 

Ketika Anda menabung dollar, maka nilai tukarnya sendiri akan memberikan keuntungan. Semisalnya pada saat ini 1 dollar sekitar 14 ribu rupiah. Di mana pada minggu depan bisa saja, harganya menjadi Rp. 14.150,- per 1 dollar. Maka dapat dikatakan Anda akan menerima keuntungan sebesar 150 rupiah. Apabila Anda menginvestasikan $1000, maka keuntungan total yang didapatkan Rp. 150.000,-. 

dollar investasi

Dari keuntungan tersebut, maka tidak heran jika dollar bisa menjadi investasi yang cukup stabil dan juga menguntungkan. Terlebih jika Anda dapat membaca situasi dengan sangat tepat, maka bisa saja nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. 

Cara Memulai Investasi Dollar 

Setelah melihat keuntungan yang didapatkan, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk memulai berinvestasi dalam mata uang yang satu ini. Berikut ini adalah caranya: 

  • Belajar 

Cara pertama yang perlu Anda lakukan ketika Anda ingin berinvestasi dalam dollar adalah dengan mempelajarinya terlebih dahulu. Dalam berinvestasi dengan menggunakan mata uang asing ini, terdapat resiko yang cukup tinggi. Di mana tentu saja ini akan menimbulkan kerugian besar jika Anda tidak mengerti akan resiko yang dihadapi. 

Belajarlah dari investor dollar yang sudah dikenal sukses ataupun mengikuti kelas khusus agar bisa lebih mengerti akan resiko dari investasi ini. Karena dalam dunia investasi mata uang ini, Anda harus pandai menganalisa keadaan yang mana hal tersebut bisa didapatkan dengan cara terus belajar. 

  • Perhatikan biaya 

Dalam berinvestasi dollar ini, ada harga atau biaya yang ditetapkan. Di mana harga jual dan beli tentu saja berbeda. Untuk harga jual sendiri adalah harga yang diberikan dari bank untuk Anda yang ingin membeli dollar. Sedangkan harga beli adalah harga yang diberikan bank ketika Anda ingin menjual dollar. Setiap bank sendiri akan menuliskan berapa harga beli dan jual dollar yang mereka tetapkan, di mana pada setiap minggunya bisa terjadi kenaikan atau penurunan. 

  • Jual beli di tempat yang telah terpercaya 

Apabila Anda ingin melakukan investasi dalam mata uang ini, maka hal paling penting adalah melakukan jual beli di tempat yang telah terpercaya. Ini sangat penting sekali untuk Anda perhatikan, karena banyak sekali pemalsuan mata uang asing yang beredar di mana-mana. Maka daripada itu, ada baiknya Anda memulai investasi dalam bentuk dollar ini di bank atau money changer yang memang sudah memiliki sertifikat atau diakui negara. 

  • Ketahui waktu membeli dan menjual 

Seperti yang sudah disinggung, bahwa investasi yang satu ini sendiri harus bisa melakukan analisa secara mendalam. Di mana dengan analisa tersebut, maka Anda akan bisa mengetahui kapan waktu membeli dan menjual dollar. Hal ini sangatlah penting, karena tidak mungkin Anda menjual dollar ketika harganya anjlok. Maka daripada itu, Anda harus benar-benar mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian dan penjualan mata uang yang satu ini. 

Itulah beberapa keuntungan dari investasi dollar beserta dengan cara memulainya. Investasi untuk mata uang yang satu ini memang terlihat mudah, tapi banyak sekali hal yang harus Anda pahami. Maka daripada itu, jangan gegabah. Anda harus belajar terlebih dahulu agar bisa berinvestasi dollar.

Related Posts