Home Investasi Keuntungan Investasi di Usia 20an Untuk Masa Depan

Keuntungan Investasi di Usia 20an Untuk Masa Depan

by Lara Nifa

Usia 30-an biasanya menjadi tolak ukur titik balik seseorang. Di usia ini biasanya kamu sudah memulai fase baru dalam kehidupan kamu seperti menikah dan membangun sebuah keluarga.

Waktu yang kamu miliki pun sudah pasti tidak akan seperti saat kamu berada di umur 20-an. Karena itu, jalanilah dan pergunakanlah dengan bijak saat-saat muda kamu agar tidak menyesal di kemudian hari.

Usia Paling Penting

Banyak yang mengatakan usia 20-an adalah salah satu fase penting dalam hidup sebelum mencapai umur 30-an. Bagaimana tidak, dimasa ini sebagian kamu mengalami masa peralihan hidup yang akan menentukan arah masa depan kamu. Boleh dibilang masa 20-an adalah masa dimulainya fase kedewasaan kamu.

Secara psikologis, ketika kamu menginjak usia 20-an, kamu sudah dianggap sebagai seorang pribadi dewasa. Kamu dianggap sudah mampu untuk merencanakan hidup, mengambil keputusan dan belajar mengalami konsekuensi dari setiap tindakan kita.

Di usia ini, kamu biasanya sudah ada yang mulai menghasilkan uang sendiri, mulai meniti karir dan menemukan prinsip hidup kamu.

Jenis Investasi Usia 20-an Yang Menguntungkan di Masa Depan

Jadi sudah sepantasnya kamu belajar berinvestasi sedari dini untuk mempersiapkan masa depan kamu nantinya. Ada berbagai banyak bentuk investasi yang bisa kamu lakukan di usia muda ini untuk membantumu.

Investasi tidak selalu melulu bicara soal keuangan dan finansial, tapi juga bisa berbagai aspek kehidupan. Ketika kamu memperhatikan beberapa hal ini di usia 20-an, Kamu akan merasakan hasilnya ketika kamu mencapai umur 30-an. Berikut beberapa bentuk investasi di usia 20-an yang bisa memberikan kamu keuntungan di masa depan:

1. Kesehatan

Pernahkah kamu mendengar kutipan  “health is the new wealth” ? yes, semakin kita bertambah usia maka tubuh fisik kita pun akan berubah. Metabolisme tubuh kita akan semakin menurun jika kita tidak sedari dini mungkin berinvestasi dengan melatih tubuh fisik kita.

Berinvestasilah di kesehatan kamu. Mulailah dengan menjalani pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

Perhatikan pola tidur kamu. Biasanya di usia muda, kamu kurang memperhatikan pola tidur kamu akibat mengejar karir, sehingga tanpa kamu sadari, efeknya akan dapat kamu rasakan seiring bertambahnya usia  kamu. Jadi ucapkan selamat tinggal kepada kebiasaan kamu begadang demi mengerjakan suatu proyek atau pekerjaan.

Makanlah makanan dengan komposisi sayur dan buah. Sayur-sayuran dan buah-buahan mempunyai banyak vitamin dan serat yang baik untuk tubuh kamu, serta zat antioksidan yang baik dalam mencegah efek penuaan. Kurangi makanan berlemak seperti gorengan, minumlah air putih dan kurangi minuman bersoda atau yang diberi zat pewarna.

Jangan lupa untuk rutin bergerak alias berolahraga. Lakukan olahraga ringan setiap pagi atau kamu bisa pergi ke gym untuk melatih kebugaran kamu. Rutin berolahraga akan membuat tubuh menghasilkan hormon baik yang membuat kamu lebih semangat serta memperbaiki mood kamu menjadi lebih baik dan meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu. 

2. Wawasan dan Keterampilan

Ketika kamu berumur 20-an, perbanyaklah wawasan dan pengetahuan kamu dengan membuka diri untuk belajar banyak hal. Jangan cuma berpuas diri dengan ilmu yang sudah kamu dapatkan lewat pendidikan formal. Semakin banyak pengetahuan kamu, maka semakin besar peluang kamu dalam mencapai kesuksesan karir kamu.

Begitupun dengan skill kamu. Jika pengetahuan lebih bersifat informatif, maka skill adalah keahlian yang kamu kuasai untuk melakukan aktivitas tertentu. Semakin terasa skill kamu, maka semakin value kamu akan bertambah.

Bangunlah networking yang luas, rajinlah mengikuti workshop dan seminar untuk belajar dari orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya untuk menambah wawasan kamu.

Gunakan kecanggihan teknologi untuk mengupgrade diri kamu. Lewat smartphone kamu, ada banyak akses menuju beragam disiplin ilmu yang bisa kamu pelajari dan bahkan beberapa diantaranya bersifat open source alias gratis.

3. Finansial

Poin akhir paling penting yang perlu kamu lakukan sejak dini, investasi di bidang keuangan. Semakin cepat kamu sadar berinvestasi, semakin besar peluang kamu membangun masa depan yang lebih baik. 

Banyak cara untuk berinvestasi, salah satunya adalah dengan menabung. Mulai sisihkan sebagian dari penghasilan kamu untuk ditabung. Salah satu cara lainnya yang banyak diminati saat ini adalah dengan berinvestasi di instrumen investasi rendah resiko seperti logam mulia atau emas, reksa dana, dan saham.

Belajarlah mengelola keuangan kamu dengan baik. Hiduplah dengan sederhana dan jangan berlebihan apalagi menghabiskan semua penghasilan kamu untuk sekedar berfoya-foya seperti kebanyakan anak muda jaman sekarang.

Lebih cermat dalam mengatur anggaran keuangan kamu sehingga kedepannya kamu sudah mempunyai persiapan yang cukup untuk menjalani kehidupan kamu dengan nyaman.

Kesimpulan

Boleh dibilang masa 20-an adalah masa emas dan produktif. Masa dimana kamu punya begitu banyak waktu dan energi. Namun kamu juga harus ingat kalau waktu tidak dapat diulang kembali. Jadi, jalani hidup kamu dengan bijak supaya jangan sampai kamu menyesal di hari tua nanti.

Related Posts