Home Bisnis dan Usaha Keuntungan Bisnis Properti

Keuntungan Bisnis Properti

by Lara Nifa

Bisnis properti dapat dikatakan sebagai usaha yang berkaitan oleh aktivitas sewa menyewa serta jual beli produk properti. Jenis produk properti yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis menjanjikan, seperti tanah, rumah atau hunian, apartemen, gudang, ruko, kios kecil, pusat hiburan dan pusat perbelanjaan, pabrik dan masih banyak lagi.

Banyak pelaku usaha memilih terjun ke bisnis properti karena jenis bisnis satu ini memang sangat menggiurkan. Apalagi berbicara soal keuntungan, dimana nilai jual sebuah properti selalu mengalami kenaikan yang cukup pesat setiap tahunnya. Dengan begitu, banyak orang yang memiliki cukup modal mencoba melakukan investasi jangka panjang lewat bisnis properti tersebut.

Keuntungan yang didapat dari bisnis properti sebetulnya sangat banyak, akan tetapi masih saja banyak masyarakat yang ragu oleh bisnis tersebut. Alasannya tiada lain yaitu menyangkut modal yang harus disiapkan tergolong besar bila dibanding oleh jenis bisnis lain. Akan tetapi bila Anda pandai untuk memanfaatkan peluang, bukan tidak mungkin bisnis properti dapat dilakukan sampai menghasilkan banyak keuntungan.  Nah, jika Anda masih ragu dengan yang namanya bisnis properti, di bawah ini terdapat beberapa keuntungan yang dapat membuat Anda lebih yakin.

1.       Keuntungan Relatif Tinggi

Modal yang diperlukan untuk dapat memulai serta menjalankan usaha properti memang tidak kecil, namun keuntungan yang dapat diperoleh justru relatif lebih tinggi. Hal tersebut karena nilai jual properti yang selalu mengalami kenaikan setiap tahun.

Bayangkan bila saat ini lahan yang ada sudah semakin sempit, namun jumlah populasi manusia selalu mengalami peningkatan. Pada akhirnya populasi yang semakin padat membuat permintaan akan sebuah rumah selalu ada. Karena permintaan yang sangat tinggi tersebut, secara otomatis akan turut meningkatkan harga jual properti. Kesimpulannya, bukan hanya balik modal saja bahkan keuntungan berlipat-lipat bisa Anda nikmati.

2.       Risiko Tergolong Rendah

Setiap jenis investasi mempunyai tingkat risiko yang berbeda. Ada yang tinggi risiko , dan ada juga yang tingkat risiko rendah. Lalu bagaimana tentang berbisnis properti? Ternyata bila dibandingkan oleh jenis instrumen investasi lain. Bisnis properti justru memiliki risiko yang tergolong rendah.

Memang, modal yang harus disiapkan untuk dapat memulai dan menjalankan bisnis properti ini tidaklah sedikit, namun risiko yang mengancam pun tergolong kecil. Hal ini disebabkan oleh pergerakan bisnis bidang properti sendiri termasuk stabil dibandingkan jenis usaha lain.

3.       Mempunyai Prospek Bagus

Keuntungan dari berbisnis properti lainnya yaitu terletak di prospek. Semua orang mungkin tahu bahwa bisnis properti memang mempunyai prospek yang bagus untuk kedepannya, namun tidak semua orang bisa melakukan atau menjalankan bisnis ini, karena keterbatasan modal dan aspek lainnya.

Bila mengingat bahwa sebuah hunian selalu menjadi kebutuhan primer masyarakat khususnya Indonesia, maka tak heran bila bisnis properti ini mempunyai prospek yang bagus atau memberikan persentase keuntungan yang begitu tinggi.

Fakta tersebut menyebabkan tingginya permintaan akan properti, entah itu ruko, tanah, rumah, apartemen dan lain sebagainya. Dengan dipicu oleh permintaan yang selalu ada ini, maka harganya pun akan selalu stabil. Bahkan, nilai jual sebuah properti diprediksi tidak akan mengalami penurunan, bahkan akan terus meningkat.

Hal ini karena luas lahan semakin sempit namun populasi manusia semakin hari semakin bertambah, dan kebutuhan akan rumah juga ikut meningkat. Maka wajar saja, jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk dapat membeli sebuah rumah tinggal atau sejenisnya.

4.       Pengelolaannya Tidak Begitu Rumit

Menjadi salah satu masalah yang menyebabkan seseorang selalu gagal dalam berbisnis adalah karena pengelolaan atau manajemennya tidak tepat. Biasanya sebuah bisnis memang memerlukan biaya manajemen supaya dapat terus berjalan sebagaimana mestinya, dan umumnya jumlah akan biaya tersebut tidaklah sedikit. Akan tetapi Anda tak perlu merisaukan hal tersebut ketika akan memilih dan menjalankan bisnis properti.

Inilah salah satu keuntungan dari bisnis properti yang dapat langsung dirasakan oleh pelakunya, dimana pengelolaan tidak begitu susah dan memakan biaya. Contohnya, Anda mempunyai properti sebuah rumah, bila tidak kunjung terjual maka hunian ini dapat Anda sewakan ke pihak lain. Selama hunian tersebut disewa, Anda sudah tak perlu memikirkan soal perawatan dan pengelolaannya sebab semua itu sudah dilakukan pihak yang menyewa rumah milik Anda.

5.       Dapat Menjadi Aset

Keuntungan berikut ini yang bisa langsung Anda rasakan. Untuk Anda yang ingin mempunyai usaha sendiri, sebuah kepemilikan akan properti dapat masuk ke dalam kategori aset usaha. Terlebih bila properti yang dimiliki oleh Anda bisa menghasilkan pendapatan setiap bulan.

Dengan menaikkan jumlah aset, hal ini juga akan mempengaruhi agar Anda bisa lebih mudah mewujudkan kondisi keuangan yang baik dimana depan. Tentu, hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan bila ingin memulai menjalankan bisnis properti saat ini.

Related Posts