Home Featured Keunggulan Sering Membaca Berita Ekonomi bagi Pebisnis

Keunggulan Sering Membaca Berita Ekonomi bagi Pebisnis

by Lara Nifa

Membaca berita, terlebih berita soal ekonomi terdengar sangat membosankan. Apalagi untuk kamu kamu millenial dan gen-z, membaca berita ekonomi itu sudah seperti vonis hukuman. Padahal membaca berita ekonomi bisa memberi banyak manfaat apalagi kamu yang ingin menjadi seorang pebisnis.

Terlebih, di tengah pandemi seperti ini dan di tengah ketidakstabilan ekonomi dunia. Berita ekonomi sudah seharusnya wajib kamu baca, agar kamu bisa selalu terupdate dengan kondisi ekonomi saat ini.

Topik keuangan dan investasi banyak dibahas dalam situs-situs entertainment sebagai tambahan, karena segala yang mencakup aspek perekonomian pasti memberikan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan kita sehari-hari.

Sayangnya, buat kebanyakan orang membaca berita ekonomi adalah sesuatu yang tidak menarik untuk dilakukan. Salah satu alasannya adalah banyak istilah yang sulit dimengerti  kita sebagai orang awam.

Jika pun ada yang menarik di berita ekonomi biasanya lebih karena kehebohannya. Misalnya mata uang crypto luna  yang melonjak turun drastis dan mengakibatkan panik massal di dunia.

Membosankan Tapi Penting

Padahal sebenarnya, kamu wajib dan perlu untuk selalu membaca berita ekonomi. Setidaknya beberapa topik ekonomi tertentu untuk menambah wawasan kamu. Apalagi jika kamu seorang pebisnis atau sedang mendalami dunia bisnis.

Terlebih lagi para entrepreneur muda, wajib mengetahui soal berita ekonomi terkini karena akan mempengaruhi kehidupan dan terutama bisnis kamu.

Kaum milenial dan gen-z harusnya menjadi yang paling peduli dengan situasi dan kondisi perekonomian saat ini. Mengapa? Karena kaum millenial dan gen-Z adalah mayoritas kaum dengan usia produktif yang bisa menjadi penentu perkembangan ekonomi di masa depan.

Luangkan Waktu Setiap Hari

Kamu pasti pernah menyaksikan film hollywood tentang seorang pebisnis. Biasanya seorang pebisnis di film digambarkan dalam sosok yang senang membaca koran atau menyaksikan berita di televisi sambil menyantap sarapan atau melakukan aktivitas lainnya. Mungkin itu hanya terjadi di film, tapi jika melihat di kehidupan nyata ternyata penggambaran tersebut benar adanya.

Semua pebisnis sukses jika kamu sempatkan melihat kehidupannya, selalu menyempatkan harinya untuk membaca berita khususnya berita ekonomi dan hal-hal yang berkaitan dengan finansial dan investasi. Kebiasaan membaca ini merupakan salah satu tolak ukur seorang pebisnis sukses atau tidak. 

Elon Musk, seorang pebisnis dunia yang merupakan CEO dari dua perusahaan besar dunia, Tesla dan SpaceX, menghabiskan waktu 5 jam setiap hari untuk membaca. Bill gates, CEO dari Microsoft, membaca satu buku baru setiap minggunya. Masih banyak contoh pebisnis dunia lainnya yang menjadi sukses karena mempunyai kebiasaan membaca berita.

Dampak Berita Ekonomi Terhadap Dunia

Setiap berita ekonomi dibuat dengan suatu tujuan tertentu, satu berita tertentu dapat menimbulkan pengaruh terhadap perekonomian suatu negara. contoh nya bagaimana laporan bank sentral Amerika yang diliput oleh media massa dapat mempengaruhi situasi pasar terkini dan ekonomi Amerika.

Contoh lainnya adalah ketika gubernur The Fed, bank sentral Amerika memberikan pidato atau pernyataan, biasanya itu akan mempengaruhi pergerakan bursa saham bukan saja bursa saham Amerika, tapi juga pasar bursa saham dunia.

Manfaat membaca Berita Ekonomi

Jika kamu bukan seorang pebisnis, membaca berita ekonomi paling tidak akan membantu kamu melihat bagaimana keadaan ekonomi di masa datang.

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik misal keadaan ekonomi memburuk atau adanya tren investasi baru yang menguntungkan. Berikut beberapa manfaat membaca berita ekonomi bagi kamu:

1. Menambah Wawasan

Dengan rutin membaca berita ekonomi, selain mendapat informasi terbaru seputar dunia ekonomi, kamu juga akan menambah pengetahuan dan memperkaya wawasan kamu seputar dunia ekonomi.

Setidaknya kamu gak akan jadi kaum kudet karena jarang update berita terbaru. Kapan lagi dipuji teman kamu karena terlihat pintar, padahal kamu hanya  selalu update hal terbaru dengan rajin membaca.

2. Menambah Kosakata

Rutin membaca berita ekonomi juga akan menambah kosakata kamu terhadap istilah-istilah asing yang terlihat rumit diartikan dan sulit diucapkan. Perbendaharaan kata kamu yang semakin bertambah akan membantu kamu nantinya, semisal mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan dan bisnis kamu.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli neurologi di universitas Stanford, orang yang rutin membaca berita 15-20 menit setiap hari ternyata lebih produktif selama menjalani harinya. Karena ternyata, membaca berita dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk berkonsentrasi dan melatih otak kita untuk berfokus kepada satu hal.

Kesimpulan

Jadi mulai sekarang, mulai bangun kebiasaan kamu untuk membaca berita ekonomi selain berita gosip selebritis ternama.  Kamu bisa membaca berita ekonomi secara online lewat smartphone kamu. Apalagi saat ini akses menuju informasi sudah semakin mudah. Percayalah, kebiasaan kamu ini suatu saat akan sangat bermanfaat dan membantu kamu.

Related Posts