Home Administrasi Ketahui Cara Pembuatan Visa Korea Selatan Agar Berlibur Lebih Nyaman

Ketahui Cara Pembuatan Visa Korea Selatan Agar Berlibur Lebih Nyaman

by Greg Pascal
visa korea

Bagi beberapa orang membuat visa Korea Adalah salah satu cara untuk membuat liburan lebih menyenangkan. Apabila anda memiliki visa maka perjalanan luar negeri dapat dilakukan secara legal. Visa memang wajib dimiliki oleh orang yang hendak berkunjung pada suatu negara tertentu.

Cara Pembuatan Visa Paling Mudah Dilakukan

Apabila anda berminat untuk membuat visa maka harus mendatangi kedutaan besar negara bersangkutan. Dengan memiliki visa maka seseorang dapat mengunjungi negara secara legal. Berikut ini adalah cara membuat visa Korea yang dapat anda ikuti agar prosesnya bisa lebih mudah dilakukan.

1. Kunjungan Pertama Ke Kantor Kedutaan

Tahap pertama adalah kunjungan ke kantor kedutaan negara terkait untuk membuat janji pembuatan visa. Pada proses ini anda hanya perlu datang dan mengisi formulir perjanjian untuk datang kembali ke kantor. Jadi tentukan tanggal anda dapat melakukan kedatangan kedua di kantor kedutaan.

2. Kunjungan Kedua

Kunjungan Kedua anda akan mengisi formulir pendaftaran visa dan mengambil persyaratan tambahan yang dibutuhkan. Setelah proses pengisian formulir maka anda bisa pulang. Jangan lupa untuk mengisi perjanjian kunjungan ketiga untuk melakukan wawancara dan kelengkapan berkas.

3. Persyaratan yang Dibutuhkan

Setidaknya anda harus membawa dua lembar slip gaji 3 bulan terakhir, SPT 1721 A1/A2 atau SPT 1720, penggunaan kartu kredit selama 3 bulan terakhir, surat BPKB mobil, akte sertifikat rumah, pas foto berwarna terbaru, ukuran 4×6 cm, background putih.

Kemudian pemohon harus membawa setidaknya satu lembar surat Keterangan Kerja dan surat sponsor dari perusahaan tempat pemohon bekerja. Surat keterangan mahasiswa/pelajar dan fotokopi kartu tanda mahasiswa/pelajar. Dua surat tersebut diketik menggunakan bahasa Inggris dan berkop surat.

visa korea

Baca Artikel Selanjutnya :

Pemohon juga perlu mempersiapkan surat izin usaha perdagangan, fotokopi surat pajak tahunan (jika ada). Kartu keluarga, akta perkawinan atau buku nikah, akta kelahiran, KTP, ID Card kantor dan kartu nama.

Persyaratan tersebut harus anda bawa pada saat kunjungan ke kantor yang ketiga kali. Memang persyaratan visa Korea Selatan memerlukan banyak persyaratan demi menjaga keamanan pada saat kunjungan. Setelah semua persyaratan tersebut disiapkan maka anda bisa melakukan kunjungan ketiga.

4. Kunjungan Ketiga

Pada kunjungan ketiga ini anda akan melakukan wawancara dengan pihak yang bertugas di kantor kedutaan Korea Selatan. Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan dasar seputar keperluan berkunjung ke negara lain. Kemudian anda juga melengkapi persyaratan yang telah anda siapkan.

5. Proses Pengiriman Visa

Setelah proses keempat tadi selesai maka anda tinggal menunggu persetujuan dari pihak kantor kedutaan. Apabila visa telah selesai maka anda akan mendapatkannya melalui kantor pos. Atau anda bisa mengambil sendiri di kantor kedutaan pada saat petugas memberi tahu melalui telepon.

6. Pemberkasan Ulang

Apabila pihak kedutaan menemukan dokumen yang tidak sesuai atau kurang dari persyaratan maka pihak kedutaan akan melakukan panggilan. Anda wajib mengirimkan dokumen pelengkap, atau datang langsung ke kantor untuk melakukan penyerahan dokumen tersebut.

Apabila semua proses telah selesai dan lengkap maka Setidaknya dalam 14 hari pemohon akan mendapatkan pemberitahuan. Diterima atau tidaknya pengajuan visa anda tetap tergantung pada kebijakan pihak kedutaan. Apabila pengajuan visa ditolak maka anda perlu datang lagi untuk meminta pengajuan ulang.

Cara Agar Pengajuan Visa Lebih Mudah Diterima

Seringkali para pemohon gagal dalam pengajuan visa. Hal ini bisa terjadi karena ada hal yang tidak lengkap pada saat pengajuan, atau ketika proses wawancara alasan untuk berkunjung kurang kuat. Apabila anda tidak ingin repot melakukan pengajuan visa ulang maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Salah satunya adalah dengan mendaftar visa secara kolektif dari paket wisata. Ini jika anda memiliki tujuan wisata ketika mengunjungi negara bersangkutan. Cara ini bisa memberikan anda peluang mendapatkan visa lebih tinggi. Jadi anda tidak perlu berkali-kali datang ke kantor kedutaan untuk melakukan pengajuan.

Apabila tujuan untuk berkunjung pada sebuah negara adalah kebutuhan perjalanan bisnis maka pengajuan dapat dilengkapi dengan surat rekomendasi dari perusahaan. Dengan cara tersebut anda bisa memperoleh visa secara lebih mudah. Memang dibutuhkan kejelasan pada setiap kunjungan ke negara lain.

Apabila seseorang tidak memiliki motif kuat untuk melakukan kunjungan pada sebuah negara maka pihak kedutaan berhak untuk menganulir pengajuan tersebut. Jadi seseorang baru bisa melakukan kunjungan ke negara asing apabila ada alasan kuat seperti misalnya wisata atau kunjungan keluarga.

Saat ini kunjungan wisata juga memiliki prosedur yang ketat untuk menghindari adanya pelaku overstay. Memang overstay banyak dilakukan oleh beberapa orang yang sengaja memperpanjang masa tinggalnya pada negara asing. Jadi hal tersebut adalah ilegal dan dapat membuat anda ditahan di kantor imigrasi negara terkait.

Untuk bisa melakukan kunjungan negara lain secara aman dan nyaman anda harus memiliki visa dan mematuhi aturan negara yang bersangkutan. Jangan sampai anda melakukan overstay karena hal itu ilegal. Jadi siapkan visa Korea anda dan berlibur dengan aman dan bertanggung jawab.

Related Posts