Home Bisnis dan Usaha Kesulitan yang Paling Banyak Dialami Pebisnis Pemula

Kesulitan yang Paling Banyak Dialami Pebisnis Pemula

by Lara Nifa

Dalam setiap pekerjaan yang dilakukan oleh setiap orang, pasti menemukan berbagai kesulitan yang dihadapi. Tidak terkecuali jika kamu menjalankan sebuah bisnis yang baru saja di tekuni. Nah ini dia beberapa kesulitan yang paling banyak dialami pebisnis pemula. 

Tidak  Percaya Diri

Dalam menjalankan sebuah bisnis, apalagi yang dijalani ini adalah sebuah hal yang baru. Kebanyakan orang mengalami kesulitan justru dari diri sendiri yang merasa tidak terlalu percaya diri atas kemampuan yang dimiliki, sehingga membuat semua hal yang dilakukan terasa serba salah, merasa gagal, merasa tidak baik, merasa tidak pantas dan akhirnya menjadi sugesti yang benar terjadi. 

Dalam sebuah bisnis, bila melakukan sesuatu dengan tidak percaya diri, tidak penuh tekad dan keseriusan maka akan membuat berantakan semuanya. Karena bisnis yang dijalani adalah kamu yang pegang sendiri, maka kendalinya ada di kamu. Ketidak percayaan diri adalah kesulitan yang sulit dihindari dan banyak dialami oleh pebisnis pemula di bidang bisnis apapun. 

Tetapi ini akan terlewati seiring dengan berjalannya waktu, kelamaan kamu akan mengerti kondisi dan solusi yang tepat untuk mengatasi ketidak percayaan terhadap diri kamu. Pastikan bahwa hal ini hanya terjadi di awal bisnis mu saja, tidak sampai berlarut-larut. 

Merasa Bisa Semuanya Sendirian

Menjalankan bisnis adalah sesuatu yang sangat menantang dan menyenangkan untuk sebagian orang. Beberapa orang dengan otak pebisnis mungkin akan sangat senang dengan berbagai rintangan dan kesulitan yang terjadi, sehingga menganggap dengan mudah untuk mengatasinya sendirian. Padahal dalam bisnis, semua elemen bisnis bukan berasal dari satu sumber saja. Bisnis memerlukan banyak orang sesuai dengan keahlian bidang yang dimiliki. 

Nah biasanya kesulitan yang muncul bagi para pebisnis pemula adalah selalu merasa bisa melakukan semuanya sendirian. Tidak peduli dengan siapa pun yang membantu, yang penting merasa bahwa dia bisa lakukan hal yang baik dan benar sendiri tanpa bantuan orang lain. Masalahnya, sifat seperti ini akan menyulitkan diri sendiri dan orang-orang yang terkait di dalamnya. 

Maka, belajarlah untuk rendah hati menerima berbagai bantuan yang memang seharusnya dikerjakan oleh ahlinya. Misalnya, kamu pebisnis yang hanya memiliki modal, berikanlah pekerjaan untuk manajemen barang pada orang yang ahli manajemen. Karena sesuatu yang tidak ditangani oleh ahlinya, kemungkinan besar gagal. 

Mudah di Tipu

Ketidaktahuan seorang pemula dalam bisnis akan menimbulkan masalah serius, dalam hal ini kesulitan para pemula yaitu rentan untuk di tipu. Baik itu rekan bisnis, saingan, konsumen atau bahkan orang-orang yang terkait dengan bisnis mu. Penipuan ini bisa dapat berupa kerugian uang, barang, bahkan strategi bisnis yang dapat di manipulatif. 

Kamu harus mengantisipasi penipuan dengan cara belajar terlebih dulu sebelum menjalankan sebuah bisnis. Mengetahui bagaimana dunia bisnis, untung, rugi, modal, strategi dan apapun yang berkaitan dengan dunia bisnis. Agar di kemudian hari tidak mudah di tipu atau di bodoh bodohi. 

Kurang Dukungan untuk Bisnis

Sebagai pemula yang memiliki ide bisnis yang mungkin tidak dimengerti oleh sebagian orang adalah sebuah kesulitan yang sering dialami. Pengaruh dari tidak di mengerti ini membuat dukungan untuk bisnis yang kamu ingin jalankan akan terhambat. Padahal kamu memerlukan dukungan penuh atas ide bisnis yang kamu rencanakan. 

Masalah ini sering terjadi karena semua orang melihat bahwa kamu adalah seorang pemula yang hanya akan merugikan mereka jika diberikan dukungan berupa uang atau akses bisnis lainnya yang kamu butuhkan dalam bisnis.

Masalahnya, bukan hanya dukungan berupa materi yang sebenarnya dibutuhkan, tetap dukungan berupa kepercayaan bisnis dari orang terdekat juga akan mempengaruhi berjalannya bisnis dan mematahkan semangat kamu menjadi sulit. 

Belum Terbiasa Menerima Kerugian

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa sebagai pemula dalam bisnis pasti ada untung dan rugi. Terlebih dengan kerugian yang pasti akan dialami oleh semua pebisnis baik itu pemula atau sudah menjalankan bisnis lam. Tetapi masalahnya adalah bahwa mental pemula untuk menghadapi kerugian masih lemah yang akan membuat kamu mundur dari bisnis. 

Belum Terbiasa Menerima Masalah

Terkena penipuan dan kerugian adalah sebuah masalah yang tidak dapat diprediksi, tetapi untuk pebisnis yang sudah mengerti akan menerimanya dengan mencari solusi agar masalah yang ada tidak berdampak terlalu besar pada bisnis. Namun, bagi pemula menerima masalah dalam sebuah kesulitan yang besar, dan akan membuat semakin lebah dah terpuruk. 

Itu dia beberapa kesulitan yang paling banyak dialami oleh para pebisnis pemula. Kesulitan ini bisa kamu jadikan contoh untuk selalu siap dalam segala hal kesulitan yang akan terjadi sebelum menjalankan bisnis. Sehingga mentak kamu kuat dan sudah bisa mencari solusinya sendiri. 

Related Posts