Apabila sebuah perusahaan mempunyai karyawan yang loyal maka besar kemungkinan perusahaan tersebut dapat meraih kesuksesan. Tapi untuk bisa memiliki pegawai yang loyal terhadap pekerjaan atau perusahaan tempat dia bekerja tentu terdapat cara tersendiri yang harus dilakukan oleh pemilik perusahaan atau pihak manajemen perusahaan terkait.
Karena dapat dikatakan loyalitas pegawai adalah aset berharga yang dapat mempengaruhi kemajuan suatu perusahaan. Terlebih bila pegawai tersebut merupakan orang yang mempunyai keahlian yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. Akan tetapi, memupuk loyalitas pegawai bukan perkara yang mudah. Maka dari itu dibutuhkan cara dan tips yang tepat supaya efektif
Tips dan Cara Meningkatkan Loyalitas Pegawai
Tidak mudah itu bukan berarti pihak perusahaan tidak dapat meningkatkatkan loyalitas pegawainya. Jika Anda merupakan pemilik sebuah perusahaan, sebaiknya terapkan beberapa tips berikut ini agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas pegawai di perusahaan milik Anda.
1. Berikan serta Penuhi Hak Pegawai
Tak dapat dipungkiri fakta dimana seorang pegawai perusahaan menjadi tidak loyal dikarenakan hak karyawan tersebut tidak terpenuhi. Sebab, bagaimanapun mereka yang kerja supaya memperoleh pendapatan dan hal itulah yang muncul di benak pegawai Anda. Jika ingin pegawai Anda loyal maka Anda wajib memenuhi apa yang sekiranya menjadi kebutuhannya, tapi hal ini juga harus sesuai kesepakatan di awal.
Ada beberapa hak pegawai yang seharusnya diwujudkan oleh pihak perusahaan seperti uang lembur, bonus, gaji THR, jaminan kesehatan dan lain-lain. Setidaknya yang sudah tertulis pada kontrak kerja harus dapat dipenuhi oleh pihak perusahaan
2. Melakukan Penilaian Kerja secara Tepat
Pada setiap perusahaan tentu ada pegawai yang lebih rajin serta kompeten dari pegawai lainnya. Tapi kesalahan yang kerap dilakukan pihak perusahaan, yang mana membuat pegawai tidak loyal yakni menyamaratakan semua karyawan.
Bagi pegawai yang telah bekerja secara optimal di sebuah perusahaan tentu akan merasa kecewa jika pencapaian mereka dianggap sama oleh pegawai yang malas. Situasi seperti ini membuat pegawai cenderung tidak loyal sebab merasa perjuangannya tidak dihargai.
Lantas bagaimana solusinya? Melakukan penilaian kinerja setiap pegawai berdasarkan yang semestinya. Buat indikator penilaian dan pengukuran kinerja secara benar supaya prestasi baik kelebihan dan keunggulan pegawai dapat dilihat.
3. Menerapkan Jenjang Karir untuk Pegawai
Anda harus menetapkan jenjang karir supaya loyalitas pegawai meningkat. Lantas, bagaimana sebuah perusahaan berharap pegawai akan bertahan pada perusahaan bila tidak ada kemajuan terhadap diri mereka? Terutama jika pegawai yang telah lama bekerja malah kalah posisi dengan pegawai baru sementara kualifikasinya sama. Jika Anda menginginkan pegawai loyal serta betah untuk bekerja maka disarankan untuk memberikan jenjang kerja.
Buat skema terkait jenjang karir pada perusahaan yang berlaku untuk seluruh pegawai asal sudah memenuhi kualifikasi dan kriteria tertentu yang sudah ditetapkan. Kenapa jenjang karir tersebut perlu diterapkan? Selain pegawai akan merasa dirinya dihargai dengan adanya skema jenjang karir akan membuat karyawan mempunyai motivasi lebih.
DI sisi lain pegawai juga akan mencoba untuk meningkatkan keahlian dan kemampuannya supaya dapat mencapai jenjang karir sesuai keinginannya.
4. Memberikan Promosi
Tentunya jenjang karir dapat dicapai pegawai salah satunya yakni dengan promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Maka dari itu, berikan kesempatan pada pegawai yang berprestasi agar menduduki posisi yang lebih tinggi. Secara otomatis para karyawan tersebut akan lebih loyal terhadap perusahaan dan lebih semangat dalam bekerja
5. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pegawai
Pegawai yang tidak betah berada di perusahan bukan selalu diakibatkan perlakuan buruk pihak perusahaan terhadap dirinya. Rasa kurang percaya diri yang mereka rasakan juga dapat membuat karyawan menjadi tidak betah. Khususnya kondisi seperti itu kerap terjadi pada karyawan yang baru masuk kerja.
Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa memberikan feedback terkait kinerja mereka secara teratur, memberikan apresiasi terhadap hasil kerja pegawai, jika mereka melakukan kesalah cobalah untuk menegur secara baik serta pahami bila kesalahan dalam bekerja merupakan hal yang kadang tidak bisa dihindarkan dan sampaikan kritik serta masukkan secara baik dan sopan.
6. Menerapkan Manajemen yang Baik
Merupakan tugas direksi untuk dapat menerapkan skema manajemen yang baik supaya pegawai dapat betah dalam bekerja. Bila seluruh hak pegawai telah terpenuhi itu berarti sistem yang diterapkan sudah dapat dikatakan berhasil. Semakin lebih bagus bila perusahaan tersebut secara berkala memberi pelatihan ke pegawai sesuai bidang mereka.
Intensitas keluar masuknya pegawai di perusahaan bila terlalu sering adalah salah satu indikator kurang baik. TIngkatan turn over yang tinggi sebagai tanda bahwa loyalitas pegawai rendah. Dalam meningkatkan loyalitas pada diri pegawai tidak secara langsung akan membuat roda bisnis perusahaan menjadi efektif dan efisien.