Home Tabungan Kesalahan Paling Umum yang Terjadi Saat Kelola Keuangan Usaha

Kesalahan Paling Umum yang Terjadi Saat Kelola Keuangan Usaha

by Lara Nifa

Membangun usaha adalah mimpi dari banyak orang. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang ingin memiliki usaha sendiri. Tapi, ketika kamu ingin membangun usaha, lebih baik mengetahui dengan jelas akan masalah keuangan. Karena nyatanya banyak sekali kesalahan yang tidak disadari ketika mengelola keuangan usaha. Maka daripada itu, kamu harus tahu apa saja kesalahan umum yang sering terjadi saat mengelola keuangan usaha ini. 

Kesalahan Paling Umum Saat Mengelola Keuangan Usaha 

Memahami kesalahan yang paling umum terjadi saat mengelola keuangan usaha sangatlah penting sekali. Dengan begini, maka kamu bisa menghindari masalah keuangan tersebut. Sehingga mengelola keuangan dalam usaha bisa jauh lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa kesalahan paling umum saat mengelola keuangan usaha: 

Uang Pribadi dan Uang Bisnis Tercampur 

Kesalahan pertama yang banyak sekali dilakukan adalah uang pribadi dan uang bisnis tercampur. Dimana hal ini penting sekali untuk kamu memisahkan keduanya. Jangan sampai menggunakan rekening yang sama untuk urusan bisnis. Karena bisa jadi, uang yang seharusnya buat operasional bisnis akan terpakai untuk urusan pribadi. 

Jika hal tersebut terjadi, maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah. Dimana kamu tidak mengetahui mana yang jadi uang pribadi dan mana yang uang bisnis. Keuangan akan jadi berantakan dan kamu pun akan mendapatkan banyak masalah kedepannya. Bisa jadi malah usaha akan bangkrut. 

Tidak Mempelajari Ilmu Akutansi 

Sebenarnya kamu tidak perlu jadi ahli akutansi, tapi setidaknya memahami dengan baik akan ilmu akutansi dasar. Misalnya cara menghitung laba dan rugi, perhitungan pajak dan lain sebagainya. Hal ini sendiri sangatlah penting agar nantinya kamu bisa mengelola uang dengan baik. Mengingat bahwa semua yang berkaitan dengan usaha, sudah pasti memerlukan pengetahuan akan hal tersebut. Sehingga Anda pun nantinya bisa menjalankan usaha dengan lebih mudah. 

Tidak Mengetahui Arus Kas 

Cash Flow atau arus kas adalah salah satu hal yang sangat penting sekali untuk kamu perhatikan. Dimana dalam sebuah usaha, arus kas adalah biaya operasional yang harus dikeluarkan. Ketika kamu tidak menjaga arus kas ini, sudah pasti akan jadi masalah di masa depan. Salah satunya adalah pengeluaran bisa melebihi batas dan bisa membuat usaha tidak berjalan dengan baik. 

Tidak Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan 

Kesalahan selanjutnya yang banyak dilakukan oleh pengusaha adalah tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran. Kesalahan ini sangatlah fatal sekali dan tentu saja akan mendapatkan banyak kesulitan kedepannya. Pencatatan pengeluaran dan pemasukkan sangatlah penting sekali untuk mengetahui bagaimana pergerakan uang dalam sebuah usaha. 

Apabila kamu mengabaikan hal ini, maka usaha yang terjadi sudah pasti akan mendapatkan banyak masalah. Maka daripada itu, sangatlah penting sekali untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam perusahaan. Walaupun sangatlah pengeluaran dan pemasukan yang ada tidak banyak, tetap harus dicatat dengan baik. 

Tidak Membuat Rencana Keuangan 

Kesalahan yang juga paling umum terjadi adalah tidak membuat rencana keuangan yang sudah pasti tidak boleh kamu abaikan. Rencana keuangan yang dimaksud adalah harus mengeluarkan uang untuk apa, berapa banyak yang diperlukan dan lain sebagainya. Apabila ini terus kamu abaikan, maka keuangan bisa mendapatkan banyak masalah. 

Setiap bulan dalam usaha sudah pasti akan ada perencanaan keuangan yang pasti. Misalnya pembelian bahan baku, membayar karyawan dan lain sebagainya. Jika ini tidak kamu hitung dan rencanakan, maka keuangan bisa morat-marit. Hasilnya pun kamu akan kesulitan melacak uang dari hasil usaha. 

Tidak Menyadari Pentingnya Pengelolaan Uang 

Kesalahan terakhir yang juga tidak boleh kamu lakukan adalah tidak menyadari pentingnya pengelolaan uang dari awal membangun usaha. Perlu kamu tahu, bahwa mengelola uang dalam usaha akan membantu kamu untuk membangun usaha. Dengan pengelolaan uang yang baik, maka kamu bisa mengembangkan usaha lebih maju. 

Karena dari hasil usaha, bisa menambah modal yang akan membuat usaha lebih maju. Termasuk ketika kamu membutuhkan investor yang sudah pasti akan ingin mendapatkan perusahaan yang memiliki pengelolaan uang yang sangat baik. Maka daripada itu, penting sekali menyadari bahwa masalah pengelolaan uang dalam usaha sangatlah berguna untuk kemajuan perusahaan. 

Demikianlah penjelasan akan kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh pengusaha pemula dalam masalah keuangan. Hal ini tentu saja sangat perlu sekali untuk diperhatikan. Mengingat dengan pengelolaan uang yang baik akan berkaitan erat dengan kemajuan perusahaan. 

Jangan sampai masalah keuangan ini menghancurkan usaha yang tengah kamu bangun. Jadi, pastikan dengan benar bahwa semua masalah keuangan termasuk dalam hal mengelolanya terus berjalan dengan baik. Apalagi banyak sekali perusahaan yang memiliki masalah keuangan yang berujung kebangkrutan. Sehingga jangan sampai hal ini terjadi. 

Related Posts