Pada zaman yang sudah serba digitalisasi seperti sampai hari ini, memang tidak bisa dipungkiri bahwa digitalisasi juga sudah merambah ke berbagai sektor. Khususnya sektor bisnis, yang tentu saja di zaman sekarang bisnis akan susah jika tidak memanfaatkan digitalisasi yang ada.
Salah satunya adalah bisnis digital marketing yang cenderung lebih banyak bisa meraup keuntungan daripada bisnis offline atau tidak memanfaatkan digital marketing. Setiap langkah yang dilakukan dalam membangun bisnis tentu saja tidak akan lepas dari yang namanya kesalahan.
Kesalahan yang Bisa Terjadi Pada Bisnis Digital Marketing yang Wajib Diperhatikan
Dalam segala aspek yang sudah direncanakan dengan sempurna dan dari berbagai kemungkinan yang ada, tidaklah lepas juga dari yang namanya kesalahan. Agar kamu bisa lebih memperhatikan dengan baik dan waspada, berikut ini adalah kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis digital marketing. Simak yuk!
Platform yang Digunakan Tidak Cocok
Memang menggunakan internet dan platform digital, tidak bisa sembarangan begitu saja, kamu juga harus memperhatikan apakah jenis platform yang kamu gunakan sudah sesuai apa belum. Namun, jika sampai salah maka itu bisa jadi kesalahan yang sangat fatal.
Mungkin kamu sudah memperhitungkan bahwa kamu memilih menggunakan platform yang memang banyak penggunanya dan platform yang sedang populer. Kendati demikian, belum tentu bisa menjamin barang/jasa yang kamu tawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan para calon pelanggan atau tidak.
Maka dari itu, usahakan kamu harus mengetahui apa saja yang memang dibutuhkan oleh para calon pelanggan di suatu platform. Karena, pada setiap platform, meskipun memiliki marketplace-ya sendiri, di setiap marketplace ada ciri khasnya masing-masing yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.
Namun, kamu tidak perlu khawatir karena solusinya bisa dilakukan dengan cara mempromosikan produk/jasa di berbagai platform yang ada. Setidaknya kamu sudah bisa menjangkau para calon pelanggan.
Target Audiens Kurang Tepat
Salah satu hal penting dan utama dalam hal bisnis adalah target yang harus sesuai dan tepat sasaran. Namun, sebelum memulai bisnis, ketahui terlebih dahulu target agar tepat sasaran (audiens) dan harus yakin tanpa keraguan.
Jika sampai salah sasaran, maka kamu bisa saja mendapatkan kerugian. Penting untuk diketahui sebelum memulai bisnis apapun kamu juga harus memilih target audiens yang tepat. Bisa juga dengan mengerti dengan benar terhadap produk/jasa yang kamu jual kemudian kamu juga bisa memikat calon pembeli.
Kurang Memberikan Pelayanan yang Baik Kepada Pelanggan
Selanjutnya, meskipun tidak disengaja, bisa saja tanpa disadari kamu sudah membuat kesalahan berupa memberikan pelayanan yang kurang baik kepada pelanggan. Memang pelanggan memiliki banyak kriteria, namun alangkah lebih baik jika kamu tetap memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan.
Apalagi saat pelanggan sedang memberikan komplain, pertanyaan seputar produk/jasa yang kamu tawarkan, dan berbagai macam hal lain, kamu wajib memberikan pelayanan yang ramah dan nyaman. Harus menggunakan kalimat yang sopan dan nada bicara yang seperti sedang tersenyum maka pelanggan akan nyaman.
Tidak Melengkapi Gambar Serta Deskripsi Pada Jasa/Produk yang Ditawarkan
Jika dalam bisnis digital marketing, maka kamu akan mempromosikan produk/jasa di internet atau platform digital lain. Hal itu yang membuat kamu tidak bisa berinteraksi secara langsung untuk pertama kali dengan calon pembeli.
Maka dari itu, salah satu solusinya adalah dengan memberikan gambar dan deskripsi yang lengkap dan jelas terperinci. Gambar digunakan untuk memberikan gambaran yang bisa membantu calon pembeli tahu produk apa yang sedang ditawarkan, selain itu usahakan kamu memasang gambar yang mengenai berbagai sudut agar calon pembeli bisa dengan jelas memahaminya.
Selain itu, bisa juga tambahkan berbagai macam warna jika ada. Kemudian pada kolom deskripsi, usahakan kamu menuliskan semua deskripsi dengan jelas dan rinci. Mulai dari warna, ukuran, jenis, bahan, garansi jika ada, nutrisinya ada apa saja (jika produk makanan), serta informasi tambahan yang sangat penting untuk produk/jasa.
Usahakan untuk menulisnya secara lengkap dan sangat rinci. Hal itu bisa bantu calon pembeli agar mudah mengetahui produk dan tidak membuat mereka berharap terlalu tinggi.
Tidak Menggunakan Media Sosial dengan Rutin
Dalam dunia yang sudah digitalisasi seperti sekarang ini, dalam dunia bisnis tentu saja tidak akan lepas dari pengaruh media sosial. Kamu juga harus cermat dalam hal bisnis dan mempromosikan produk, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial yang ada.
Kesalahan terbanyak yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis digital marketing adalah tidak rutin menggunakan media sosial sebagai lahan promosi. Ada banyak media sosial yang masih populer dan banyak penggunanya yang bisa kamu manfaatkan dengan bijaksana.
Dengan menggunakan media sosial, maka kamu sudah berupaya dalam melebarkan sayap mengenalkan produk dan toko kepada para calon pembeli.