Home Karir Kerja Sampingan Online Untuk Mahasiswa yang Patut Kamu Coba

Kerja Sampingan Online Untuk Mahasiswa yang Patut Kamu Coba

by Greg Pascal
kerja sampingan online

Bekerja merupakan impian semua orang. Hanya saja seringkali untuk yang masih bersekolah atau masih kuliah, bekerja masih memiliki banyak halangan seperti syarat pekerjaan. Nah untuk kamu yang ingin bekerja, berikut ini ada beberapa pilihan kerja sampingan online yang bisa dipilih.

Jenis pekerjaan sampingan ini tidak akan mengganggu kewajiban kamu sekolah ataupun kuliah. Pasalnya kamu bisa melakukannya bersamaan ketika mengerjakan tugas dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukan pekerjaannya. Karena memang kuliah masih menjadi hal utama.

Langsungs aja kita lihat apa sajakah kerja sampingan yang cocok untuk dilakukan oleh pelajar maupun juga oleh kita yang masih mahasiswa atau masih kuliah. 

1. Guru Bimbingan Belajar Online

Jangan salah, meski hanya mengajari adik-adik kita mata pelajaran yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya bisa menjadi kerja sampingan mahasiswa yang bisa menambah uang jajan atau menabung. Pasalnya untuk kerja bimbingan belajar ini bisa kita lakukan di sore atau malam hari.

Untuk modalnya juga tidaklah sulit. Kita bisa meminjam terlebih dahulu buku pelajarannya dan mempelajarinya sebelum memberikan bimbingan belajar. Modal lainnya tentu adalah kesabaran dalam memberikan materi kepada murid bimbingan belajar serta perangkat untuk bimbingan online.

Apabila kamu mematok angka 50 ribu per pertemuan, dan dalam satu minggu ada dua kali pertemuan maka kamu akan mendapatkan hingga empat ratus ribu rupiah dalam satu bulannya. Jika menginginkan jumlah yang lebih besar, kamu bisa menambah jumlah murid bimbinganmu.

2. Design Grafis

Peluang kerja sampingan online lainnya yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang desainer grafis. Kamu bisa menawarkan jasa untuk pembuatan undangan, MMT, flyer, poster dan lain sebagainya. Dengan biaya jasa mulai dari 50 hingga 100 ribu rupiah per desainnya.

Untuk modalnya, kamu hanya membutuhkan perangkat seperti komputer atau juga laptop. Selain itu kamu juga wajib memiliki program untuk desainer itu. Yang tak kalah penting, kamu juga harus memiliki keahlian untuk mendesainnya.

Jangan khawatir, apabila kamu belum paham betul mengenai desain, kamu bisa belajar secara gratis di internet atau melalui YouTube. Jangan bosan untuk terus mengembangkan diri dengan bantuan internet.

3. Content Writer

Selain dua hal diatas, kerja sampingan lainnya yang bisa kamu lakukan dengan modal yang minim adalah dengan menjadi seorang Content Writer. Ya, dengan menjadi penulis konten kamu bisa mendapatkan uang saku tambahan tanpa modal.

Modalnya sudah pasti hanyalah mesin untuk mengetik dokumen serta perangkat internet untuk mengirimkan hasil ketikanmu. Modal lainnya adalah kamu tentu harus memiliki kemampuan untuk menulis untuk berbagai tujuan, seperti promosi dan lainnya.

Akan menjadi hal yang positif apabila kamu mengetahui tentang penulisan artikel yang terkait dengan SEO atau Search Engine Optimization. Tulisan kamu akan memiliki nilai lebih apabila memahami hal tersebut.

kerja sampingan online

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Penerjemah

Untuk kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing ataupun memang kuliah di program bahasa asing, maka pilihan pekerjaan sampingan ini sangat tepat untuk kamu. Dengan menjadi penerjemah, kamu membuka peluang untuk karir yang menjanjikan.

Pasalnya harga untuk penerjemahan suatu dokumen bisa sangat tinggi harganya. Memang sebagai mahasiswa yang masih menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan, namun ini bisa menjadi pengalaman yang dipandang baik di Curriculum Vitae mu saat melamar pekerjaan besok.

Untuk peluangnya, kamu pun bisa dengan mudah mencarinya di situs freelance. Modalnya hanya jaringan internet untuk mengirim naskah dan mencari pekerjaannya serta laptop untuk mengetik hasil naskahnya.

5. Jasa Joki Game

Apakah kamu suka game dan punya kemampuan game yang baik? Jika iya kamu bisa menawarkan untuk menjadi joki game. Pekerjaannya memang mudah, modalnya juga hampir sangat mudah yakni hanya jaringan internet dan juga perangkat untuk bermain game.

Untuk jasanya sendiri kamu tawarkan ke mereka yang mungkin terlalu sibuk untuk bermain game seperti mereka yang sudah bekerja atau yang lainnya. Jangan khawatir, meskipun mungkin pendapatannya tidak begitu besar namun pekerjaannya menyenangkan.

6. Mencari Part Time di Situs Freelance

Untuk mencari pandangan lain untuk pekerjaan part time yang bisa dilakukan secara online lainnya, kamu bisa mencarinya di situs pencarian freelance. Bahkan melalui situs tersebut kamu bisa mencari pekerjaan dari luar negeri sekalipun. Tertarik?

Itulah beberapa pilihan untuk kamu mahasiswa yang sedang mencari kerja sampingan, jangan khawatir dengan pendapatan yang mungkin masih belum seberapa. Karena tujuan kamu mencari part time tidak hanya untuk mencari tambahan dana namun juga pengalaman.

Semoga artikel tentang kerja sampingan online ini bisa bermanfaat untuk kamu. Manfaatkan dengan baik kesempatan yang kamu dapatkan dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen kamu. Selamat bekerja, semoga dapat memberi manfaat.

Related Posts