Home Tips Kenali perbedaan emas asli dan emas palsu

Kenali perbedaan emas asli dan emas palsu

by Lara Nifa

Siapa yang tidak tahu dengan emas? pada era jaman old hingga era milenial seperti saat ini semua pasti tahu logam mulia yang dimiliki oleh hampir semua orang di dunia ini. emas juga memiliki nilai jual yang tinggi ketika mempunyai kadar tertentu dan juga emas juga bisa digunakan untuk jual beli atau bisa dicairkan untuk mendapatkan uang segar.

 

Emas juga salah satu logam yang banyak dimanfaatkan untuk bahan utama perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, anting dan sebagainya. selain itu emas juga bisa menjadi nilai investasi untuk masa depan, sangat jarang nilai emas menurun drastis, malahan semakin tahun nilai meningkat dan tidak akan merugi jika menanam investasi jangka panjang dengan salah satu logam mulia ini. Semakin tinggi kadar emas akan semakin memiliki nilai yang mahal, namun era sekarang ini banyak juga emas dengan campuran logam lain akan membuat kadar emas tersebut rendah dan harga dari emas campuran ini juga lebih murah daripada emas murni.

 

Banyak pemilik emas perhiasan dan emas batangan yang dimiliki masyarakat dianggap aset yang paling menarik perhatian, karena emas tidak akan terpengaruh oleh inflasi suatu negara.

Ciri-Ciri Emas Palsu pada umumnya

Ketika Anda ingin membeli emas perhiasan maupun emas batangan wajib hati-hati dan lebih disarankan untuk membelinya di toko atau lembaga yang sudah terkenal dengan keasliannya, lalu biasanya toko atau lembaga ini memiliki surat ijin penjualan emas langsung dari pemerintah, lalu apa saja ciri emas palsu tersebut?

 

  • Memiliki berat yang tidak sesuai dengan di sertifikat
    Emas merupakan benda yang sangat padat, walaupun terlihat kecil emas memiliki skala berat yang tidak seperti bentuknya, sedangkan pada emas batangan biasanya akan tertera kadar emas dan beratnya pada sertifikatnya dan dicap pada bagian atas emas batangan.

  • Ukuran emas dan berat tidak sesuai dengan di sertifikat
    Wujud emas seharusnya lebih kecil daripada dengan beratnya, jika beratnya berbeda bisa dikatakan emas tersebut palsu dan juga memiliki campuran logam lain seperti kuningan atau perak.

  • Sertifikat tidak terdaftar CertiEye
    Jika emas yang Anda beli tidak terdaftar pada CertiEye bisa jadi emas tersebut palsu atau tidak resmi dikeluarkan perusahaan yang terdaftar oleh pemerintah, perusahaan tersebut seperti antam, logam mulia merupakan perusahaan yang banyak dibeli emasnya oleh masyarakat.

  • Warna emas kusam
    Sebagai logam mulia yang padat, emas tidak akan berubah warna maupun berkarat, jika tidak digunakan berubah warna atau berkarat, bisa dikatakan emas yang Anda beli tersebut palsu atau tidak murni. Oksidasi pada emas tidak akan berlangsung cepat, membutuhkan waktu bertahun-tahun.

  • Bereaksi Jika Didekatkan Magnet
    Ciri emas palsu selanjutnya adalah jika didekatkan dengan magnet akan bereaksi tarik menarik, hal ini berarti emas tersebut palsu dan seperti mengandung besi yang di cat dengan warna keemasan.

Cara Mengecek Emas Asli

Emas batangan dan emas perhiasan pada dasarnya hampir sama, berbeda hanya wujud dan pemakaiannya saja. pada era teknologi yang maju seperti saat ini banyak kekhawatiran masyarakat akan emas palsu meningkat karena penipu emas palsu sangat lihai dalam membuat warna emas yang hampir mirip dengan aslinya. lalu cara apa saja untuk mengecek keaslian emas?

 

  • Menguji dengan asam nitrat
    pengujian keaslian emas menggunakan asam nitrat adalah yang paling banyak dilakukan oleh penjual emas, karena untuk menghindari emas palsu yang banyak beredar dalam masyarakat, akan tetapi cara ini sedikit berbahaya jika dilakukan oleh orang awam karena sifat asam nitrat akan membuat mata perih dan iritasi kulit.

  • Memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan lembaga logam mulia atau toko emas recomended
    Jika tidak ingin mendapatkan emas palsu, alangkah baiknya untuk membeli di tempat terpercaya, di tempat tersebut sudah jelas keaslian dan lengkap surat menyuratnya, jika membeli di perorangan biasanya akan sulit untuk mengecek apakah emas tersebut asli atau palsu dan sertifikatnya juga bisa diragukan keasliannya.

  • Menguji Densitas emas
    Densitas atau menguji kepadatan emas memang cara paling ampuh untuk mengetahui keaslian emas. kepadatan emas murni 24 karat biasanya memiliki kepadatan 19,3 g/ml dan semakin tinggi kepadatan emas tersebut maka bisa dipastikan keaslian emasnya. lembaga pengujian emas di Indonesia yang banyak orang tahu adalah perusahaan Antam logam mulia.

  • Menggunakan Aplikasi CertiEye
    Aplikasi yang dapat diunduh di App store dan Playstore ini dapat membantu Anda untuk mengecek keaslian emas yang dibeli, dengan cara scan barcode yang ada di sertifikat emas, lalu akan muncul hasil dari scan tersebut, jika terdaftar makan bisa dipastikan emas yang Anda beli asli dan juga sebaliknya.

Gosok Emas pada Benda Halus
langkah selanjutnya Anda bisa menggosok emas pada benda halus atau pada telapak tangan, jika warna emas tidak memudar maka bisa dipastikan emas tersebut asli.

Related Posts