Home Perencanaan Kementrian PUPR akan Membangun lebih Banyak Bendungan Hingga 2025

Kementrian PUPR akan Membangun lebih Banyak Bendungan Hingga 2025

by Lara Nifa

Menteri PUPR bernama Basuki Hadimuljono mengatakan pentingnya membangun banyak bendungan. Maka dari itu, dari tahun 2015 pemerintah pusat terus melancarkan pembangunan bendungan yang target awalnya sekitar 65 bendungan.

Selain itu Basuki menjelaskan salah satu tujuan dari pembangunan bendungan ini agar dapat mendukung kinerja pertanian. Dimana bendungan dapat berguna sebagai penyedia aliran irigasi supaya tepat waktu ketika tanam.

Basuki mencontohkan ketika akan mulai menanam padi sampai keluar bulirnya, keperluan air akan berbeda. Maka dari itu harus dapat diukur.”Tidak adanya prasarana bendungan, aliran irigasi, maka air irigasi pun tidak dapat diukur dan diatur, itulah adalah irigasi teknis,”Pungkas Basuki.

Dari 61 bendungan yang ditargetkan selesai tahun 2024, ternyata ada tambahan lagi menjadi 71 bendungan yang target waktu penyelesaiannya di tahun 2025. BEberapa bendungan sudah masuk ke tahap konstruksi dan ada yang sudah rampung sekitar 20 bendungan dan sebagian lagi masih dalam pengerjaan.

Nah, berbicara soal bendungan yang masuk dalam rencana pembangunan pemerintah. Tentu banyak masyarakat yang mulai timbul asumsi berbeda-beda mengenai pembangunan bendungan tersebut. Supaya tidak berpikir kemana-mana. Silahkan simak pentingnya serta manfaat dari dibangunnya bendungan di suatu daerah berikut ini.

Manfaat Bendungan

Sejatinya, dibangunnya sebuah bendungan pastinya bukan tanpa alasan, namun untuk bisa dimanfaatkan oleh orang sekitaran bendungan untuk banyak hal. Bukan hanya sekedar menampung air yang banyak saja, akan tetapi juga mempunyai manfaat atau fungsi yang begitu luar biasa, manfaat tersebut antara lain:

1.       Menampung Air dengan Jumlah yang Besar

Tujuan awal dibangunnya sebuah bendungan yaitu agar dapat membendungan asir sungai sampai tertampung dengan kapasitas yang tinggi. Penampungan ini dengan kapasitas yang besar bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan warga sekitaran bendungan. Dengan begitu, warga bisa menggunakannya untuk berbagai macam hal, pastinya untuk keperluan air setiap hari.

2.       Kebutuhan Air Bersih

Biasanya air sungai mempunyai aliran air yang keruh, apalagi saat masuk musim hujan. Dimana air sungai akan mengalirkan air yang keruh, karena dengan air selalu mengalir, akan susah mengendap. Nyatanya air yang keruh susah untuk dimanfaatkan ke berbagai aktivitas, salah satunya kebutuhan memasak dan juga minum.

Hadirnya bendungan tersebut, aliran air yang keruh tersebut bisa tertampung dahulu supaya kotoran air mengendap. Ketika air dibendung kemudian tertampung, disitulah air akan menjadi tenang, maka proses pengendapan pun dapat maksimal. Jika sudah begitu, air akan lebih jernih dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga warga sekitar.

3.       Pengendalian Banjir

Saat musim hujan, debit air di aliran sungai menjadi naik. Peningkatan volume air bisa menimbulkan banjir bila sungai sudah tak bisa lagi menampung debit air yang melewati sungai. Agar mengatasi banjir tersebut, bendungan merupakan salah satu opsi yang bisa diterapkan untuk mengatasinya. Dengan hadirnya bendungan ini, volume air yang tinggi pada sungai bisa tertampung dahulu sehingga volume air bisa diatur.

4.       Sumber Irigasi

Saat aliran sungai tak melewati seluruh jalur pertanian, sebuah bendungan bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif agar tetap menyediakan keperluan air ke wilayah pertanian. Adanya bendungan ini, kemudian bisa dibangun berupa sungai kecil agar dapat menyalurkan air ke kawasan persawahan yang lokasinya jauh dari sungai.  Selain itu, aliran air pun bisa diatur sedemikian rupa, sehingga air pun bisa dikontrol dengan baik, namun bisa ditampung serta dimanfaatkan seperlunya saja.

Ketika irigasi ini berjalan dengan baik, maka warga yang bergerak di sektor pertanian akan sangat terbantu terkait kebutuhan air untuk menyuburkan tanaman dan membuat hasil pertanian menjadi semakin melimpah.

5.       Menjadi Kawasan Budidaya Perikanan

Pastinya air sungai akan terus mengalir sesuai arus sungai. Dimana aliran sungai ini tida bisa digunakan sebagai wadah menyimpan ikan karena akan terus mengalir. Dengan dibangunnya bendungan, maka aliran air bisa menjadi tenang, dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Bendungan bisa menyediakan lokasi pemasangan jaring pembatas untuk dilakukannya ternak ikan. Setelah itu, ikan pun tidak bisa pergi dan sangat mudah diawasi pada saat proses peternakan dilakukan.

6.       Sebagai PLTA

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok manusia yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia modern. Sebagian besar energi listrik yang digunakan oleh orang-orang saat ini asalnya dari tenaga batu bara. Namun, batubara sebetulnya bisa habis sebab termasuk bahan tampan tidak bisa diperbaharui.

Maka dari itu, butuh solusi supaya kebutuhan akan listrik bisa selalu terpenuhi, dan salah satu opsinya yakni dengan menggunakan PLTA atau pembangkit listrik tenaga air. Lewat bantuan bendungan ini, maka pembangunan PLTA akan lebih mudah, sebab adanya bendungan tersebut bisa memasang turbin listrik yang bergerak dan menghasilkan aliran listrik.

Related Posts